Foto: TORRINA PROJECTS ©studio by TITE HOME

Bosan dengan suasana rumah yang begitu-begitu saja selama setahun ini? Yuk, sambut tahun baru yang sebentar lagi akan tiba dengan melakukan beberapa perbaikan pada tampilan rumah. Ini menjadi momen yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan mengubah warna pada ruang.

Jangan membayangkan bahwa ini hal yang sulit. Mengubah warna tidak melulu persoalan pada cat dinding. Anda juga bisa melakukan perubahan warna pada furnitur, misalnya cushion dan sofa. Namun, sebelum Anda melakukan perubahan besar pada rumah, perhatikan terlebih dahulu tips di bawah ini.

Cek tren warna tahun 2018

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Foto: Perpaduan warna hijau mint dan putih pada sudut ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam memberikan warna ke hunian. Above ©SPASIUM

Biar tidak ketinggalan zaman, cek dulu tren warna yang akan terjadi di tahun 2018. Anda bisa berselancar di internet untuk mencari informasi terbaru seputar warna. Setelah menemukannya, barulah Anda mulai terapkan ke dalam hunian. Namun, perlu diperhatikan pula pendapat dari seluruh anggota keluarga. Pemilihan warna hasil kesepakatan bersama dapat memuaskan banyak orang tidak hanya Anda seorang.

Baca Juga: Tren Warna: Warna Lembut dengan Aksen Kontras Mendominasi

Pertimbangkan lokasi tempat tinggal

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Foto:  Mengetahui akan mendapatkan banyak sinar matahari, dapur warna-warni ini berada bersebelahan dengan taman yang tak memiliki atap. Urban Pop House ©Vindo Design

Lokasi Anda tinggal juga menentukan warna apa yang cocok untuk hunian Anda. Warna-warna yang cerah dapat memancarkan hasil yang baik di lokasi tempat tinggal yang banyak mendapatkan sinar matahari. Tapi warna cerah ini tidak terlihat bagus di hunian yang jarang mendapatkan sinar matahari.

Manfaatkan barang yang ada

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Foto: Warna biru dan ungu yang terdapat pada lukisan digunakan pula sebagai warna pada ruangan ini. Candyland Runner ©SPASIUM

Pertimbangan lain yang bisa Anda lakukan ketika memilih warna adalah dengan mengambil satu rona warna dari benda yang sudah Anda miliki sebelumnya, misalnya lukisan atau karpet. Jika Anda menyukai benda tersebut, biasanya Anda pun akan menyukai pula warna dari benda tersebut.

Gunakan warna netral

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Foto: Penggunaan warna putih dan biru muda menjadi perpaduan yang pas untuk “memaniskan” suasana ruang. Casa Grande ©SVE Interior

Jika Anda lebih suka bermain aman, gunakan saja warna netral . Warna-warna netral ini tidak digunakan sebagai pernyataan dalam sebuah ruangan. Namun, hanya menjadi tambahan pemanis. Dan Anda pun bisa memasukkan warna ini ke dalam bentuk aksesoris dengan sangat mudah serta tidak harus ke seluruh ruangan.

Terapkan cara sederhana

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Foto: Warna biru ini diterapkan ke sofa dan gorden. Ini cara termudah untuk memberikan warna ke sebuah ruang. Kemang Residence ©Vindo Design

Untuk cara yang sederhana, Anda bisa berikan warna pada sarung bantal dan gorden. Kedua elemen ini mudah sekali diubah jika Anda ingin mendekorasi ulang. Tak perlu ribet dan tak memakan banyak waktu.

Baca Juga: Kiat Memberi Suasana Baru pada Rumah Dengan Hemat

Satu warna sebagai focal point

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Foto: Warna merah pada sofa ini berhasil menjadi focal point ditengah-tengah warna alam yang mendominasi ruang. Diminished House ©Wahana Architects

Warna juga dapat digunakan sebagai pusat perhatian. Anda dapat gunakan salah satu warna pada salah satu furnitur. Kemudian, pada furnitur yang lain dan dindingnya gunakan warna putih. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi menggunakan warna lain di mana-mana untuk sebuah focal point.

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Rumah Siap Hadapi Hujan

Hujan datang, bocor pun menyerang. Rumah yang tidak siap menerima datangnya curah air yang tinggi di musim hujan, siap-siap terkena bocor. Sumber masalahnya bisa beragam. Kebanyakan, sumbernya berasal dari 5 area ini, yaitu genting, dak beton, pertemuan antar-dinding, nok, atau jurai.

22 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inilah Kelebihan dari Interior Bergaya Industrial

Ingin hunian Anda layaknya sebuah tempat nongkrong yang asyik? Gaya industrial yang banyak diterapkan di kafe-kafe ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam mendesain rumah. Dinding ekspos, adanya kabel atau pipa yang menjuntai, serta penggunaan material alam kerap menjadi ciri khas yang menandai konsep desain industrial.

19 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Material Untuk Desain Carpot yang Kokoh

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi carport bukan hanya sekadar tempat mobil untuk “beristirahat”. Kini, keberadaannya juga dapat menambah estetika rumah. Selain itu, desain carport yang bagus dapat menunjang keindahan fasad hunian Anda.

17 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Tren Warna: Warna Lembut dengan Aksen Kontras Mendominasi

Kesibukan dan mobilitas yang tinggi, membuat orang cenderung lebih mudah merasa lelah, stres, dan capek. Saat pulang ke rumah, mereka butuh sesuatu yang membuat rileks dan nyaman sebagai penyeimbang dari padat dan beratnya aktivitas yang telah dijalani seharian. Salah satu yang dapat membuat seseorang nyaman tinggal di dalam rumah adalah pemilihan warna yang tepat.

7 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin