Seiring dengan meningkatnya gaya hidup kaum urban, bisnis kedai kopi kian menjamur di berbagai sudut perkotaan. Sebagai daya tarik konsumen, kedai kopi biasanya didesain semenarik mungkin agar konsumen yang datang betah berlama-lama di kedai kopinya. Dari desain interiornya yang khas dan memberikan rasa nyaman, ditambah alunan musik yang semakin menambah kenyamanan kedai kopi.

Bila Anda merupakan pecinta kopi dan ingin menyulap hunian Anda layaknya sebuah coffee shop, simak tips berikut ini.

1. Dominasi Vintage

Siapkan sebuah ruangan yang akan Anda sulap dengan suasana kedai kopi, bisa ruang makan atau ruang baca. Anda juga bisa menyiapkan salah satu sudut ruangan di rumah Anda yang ingin disulap layaknya kedai kopi.

Domiansi- Vintaga untuk Menciptakan Suasana Kedai Kopi pada Hunian

Foto: ©pinimg

Biasanya, kedai kopi identik dengan dominasi barang-barang vintage. Bla Anda  memiliki barang-barang bekas yang tak terpakai, jangan buang begitu saja. Manfaatkanlah kembali. Misalnya, tong bekas, kayu bekas, atau barang lainnya. Barang bekas tersebut bisa menjadi dekroasi yang menambah nuansa kedai kopi di rumah Anda.

Artikel lainnya: Mendekorasi Rumah Berdasarkan Zodiak

Dekorasi Vintage untuk Ciptakan Kesan Kedai Kopi pada Hunian

Foto: ©k-img

2. Pilih Cat

Gunakan Cat Monokrom pada Dinding Rumah untuk Suasana pada Kedai Kopi

Foto: ©pinimg

Bila ruangan sudah terpilih, cat ruangan tersebut dengan warna yang identik dengan coffee shop.  Misalnya, warna krem pada dinding atau warna-warna monokrom yang membuat Anda betah berlama-lama di ruangan ini.

Pilih Warna Monokrom untuk Dinding Rumah agar Hunian Terasa Seperti Kedai Kopi

Foto: ©pinimg

3. Pemilihan Furnitur

Penggunaan Furnitur dengan Gaya Futuristik untuk Ciptakan Suasana Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©dhgate

Kedai kopi biasanya identik dengan furnitur yang unik dan futuristik. Anda bisa mengganti lampu biasa menjadi lampu gantung yang didesain futuristik berbentuk prisma. Untuk furniur, gunakan furnitur yang berkaki ramping namun tetap nyaman saat diduduki. Gunakan pencahayaan yang remang dan tidak terlalu terang agar menambah kesan homey

Artikel lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

Lampu Gantung dengan Desain Futuristik Cocok untuk Menghidupkan Suasana Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©alicdn

Furnitur dengan Warna Netral dan Alami Memperkuat Kesan Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©californiahomedesign

4. Perbanyak Ambalan

Perbanyak Furnitur seperti Rak untuk Menyimpan Gelas seperti pada Kedai Kopi

Foto: ©homensdacasa

Di kedai kopi yang sesungguhnya, biasanya banyak terdapat rak atau ambalan yang digunakan sebagai tempat botol-botol atau gelas. Manfaatkan dinding di rumah Anda untuk ditempel ambalan yang berfungsi sebagi penyimpanan gelas-gelas. Agar tak monoton, hias pajangan mug dengan ejaan C-O-F-F-E-E.

Artikel lainnya: Rumus Cepat Terapkan Fengshui pada Hunian

Penggunaan Rak untuk Penyimpanan Gelas pada Hunian

Foto: ©pinimg

5.  Tambahkan Mural

Salah satu yang bisa menjadi identitas setiap coffee shop adalah desain pada dinding yang dibuat unik, misalnya dengan mural atau gravity. Hias dinding pada rumah Anda dengan mural, namun jangan terlalu besar agar ruangan tidak terkesan sempit.

Mural pada Dinding Khas Kedai Kopi dapat diterapkan pada Hunian untuk Menciptakan Suasana Kedai Kopi

Foto: ©freshome

Dengan mengikuti kelima tips di atas, salah satu ruang di rumah Anda pun tampak homey seperti kedai kopi pada umumnya. Selamat mencoba!

Cover Foto: ©californiahomedesign

Artikel lainnya: MINT Design Studio – Arsitektur yang Berkarakter

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista