Seiring dengan meningkatnya gaya hidup kaum urban, bisnis kedai kopi kian menjamur di berbagai sudut perkotaan. Sebagai daya tarik konsumen, kedai kopi biasanya didesain semenarik mungkin agar konsumen yang datang betah berlama-lama di kedai kopinya. Dari desain interiornya yang khas dan memberikan rasa nyaman, ditambah alunan musik yang semakin menambah kenyamanan kedai kopi.

Bila Anda merupakan pecinta kopi dan ingin menyulap hunian Anda layaknya sebuah coffee shop, simak tips berikut ini.

1. Dominasi Vintage

Siapkan sebuah ruangan yang akan Anda sulap dengan suasana kedai kopi, bisa ruang makan atau ruang baca. Anda juga bisa menyiapkan salah satu sudut ruangan di rumah Anda yang ingin disulap layaknya kedai kopi.

Domiansi- Vintaga untuk Menciptakan Suasana Kedai Kopi pada Hunian

Foto: ©pinimg

Biasanya, kedai kopi identik dengan dominasi barang-barang vintage. Bla Anda  memiliki barang-barang bekas yang tak terpakai, jangan buang begitu saja. Manfaatkanlah kembali. Misalnya, tong bekas, kayu bekas, atau barang lainnya. Barang bekas tersebut bisa menjadi dekroasi yang menambah nuansa kedai kopi di rumah Anda.

Artikel lainnya: Mendekorasi Rumah Berdasarkan Zodiak

Dekorasi Vintage untuk Ciptakan Kesan Kedai Kopi pada Hunian

Foto: ©k-img

2. Pilih Cat

Gunakan Cat Monokrom pada Dinding Rumah untuk Suasana pada Kedai Kopi

Foto: ©pinimg

Bila ruangan sudah terpilih, cat ruangan tersebut dengan warna yang identik dengan coffee shop.  Misalnya, warna krem pada dinding atau warna-warna monokrom yang membuat Anda betah berlama-lama di ruangan ini.

Pilih Warna Monokrom untuk Dinding Rumah agar Hunian Terasa Seperti Kedai Kopi

Foto: ©pinimg

3. Pemilihan Furnitur

Penggunaan Furnitur dengan Gaya Futuristik untuk Ciptakan Suasana Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©dhgate

Kedai kopi biasanya identik dengan furnitur yang unik dan futuristik. Anda bisa mengganti lampu biasa menjadi lampu gantung yang didesain futuristik berbentuk prisma. Untuk furniur, gunakan furnitur yang berkaki ramping namun tetap nyaman saat diduduki. Gunakan pencahayaan yang remang dan tidak terlalu terang agar menambah kesan homey

Artikel lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

Lampu Gantung dengan Desain Futuristik Cocok untuk Menghidupkan Suasana Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©alicdn

Furnitur dengan Warna Netral dan Alami Memperkuat Kesan Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©californiahomedesign

4. Perbanyak Ambalan

Perbanyak Furnitur seperti Rak untuk Menyimpan Gelas seperti pada Kedai Kopi

Foto: ©homensdacasa

Di kedai kopi yang sesungguhnya, biasanya banyak terdapat rak atau ambalan yang digunakan sebagai tempat botol-botol atau gelas. Manfaatkan dinding di rumah Anda untuk ditempel ambalan yang berfungsi sebagi penyimpanan gelas-gelas. Agar tak monoton, hias pajangan mug dengan ejaan C-O-F-F-E-E.

Artikel lainnya: Rumus Cepat Terapkan Fengshui pada Hunian

Penggunaan Rak untuk Penyimpanan Gelas pada Hunian

Foto: ©pinimg

5.  Tambahkan Mural

Salah satu yang bisa menjadi identitas setiap coffee shop adalah desain pada dinding yang dibuat unik, misalnya dengan mural atau gravity. Hias dinding pada rumah Anda dengan mural, namun jangan terlalu besar agar ruangan tidak terkesan sempit.

Mural pada Dinding Khas Kedai Kopi dapat diterapkan pada Hunian untuk Menciptakan Suasana Kedai Kopi

Foto: ©freshome

Dengan mengikuti kelima tips di atas, salah satu ruang di rumah Anda pun tampak homey seperti kedai kopi pada umumnya. Selamat mencoba!

Cover Foto: ©californiahomedesign

Artikel lainnya: MINT Design Studio – Arsitektur yang Berkarakter

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Pentingnya Skylight pada Hunian

Salah satu solusi terbaik untuk memasukkan cahaya alami serta udara ke dalam rumah selain menggunakan jendela adalah dengan membuat bukaan pada atap atau biasa disebut skylight. Sebenarnya, skylight hampir serupa dengan jendela, yakni elemen bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara. Bedanya, skylight terletak di langit-langit sehingga aplikasinya lebih efektif untuk menerangi ruangan. Anda pun bisa menghemat biaya tagihan listrik tiap bulannya.

22 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

Rancangan desainer dan arsitek Jepang terkenal dengan prinsip minimalismenya. Mereka menerapkan kesederhanaan Zen, yang juga menjadi tren di negara-negara Barat saat ini. Kesederhanaan desain ala Jepang yang memberikan pengalaman damai ini tentunya bisa kita terapkan apalagi lebih lagi bagi kita yang ingin memiliki tempat istirahat di kota yang sibuk dan padat.

20 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Perkirakan Biaya Membangun Interior Impian Anda, Ini Caranya!

Bangunan berfungsi baik apabila ruang di dalamnya dapat efektif dan nyaman digunakan oleh penggunanya. Tidak dapat dipungkiri, selain ketersediaan ruang, konsep dan suasana ruang dalam menjadi kebutuhan penghuni untuk menciptakan kenyamanan. Hal ini membuat desain interior menjadi kebutuhan banyak orang. Sebelum menentukan desainer interior pilihan, Anda dapat memperkirakan biaya jasa desainer interior dari kebutuhan ruang yang akan dirancang.

17 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri