Memperindah ruang dalam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kebanyakan orang memperindah rumahnya dengan memadupadankan furnitur, ada juga yang memilih aneka warna cat dan pelapis dinding, tapi tahukah Anda bahwa ada satu hal yang sangat mempengaruhi suasana ruangan secara keseluruhan? Hal itu adalah pencahayaan ruangan.

Kebanyakan dari kita mungkin memahami bahwa pencahayaan ruangan cukup dilakukan dengan memasang lampu pada langit-langit atau lampu ornamental seperti di sisi tempat tidur. Apabila Anda ingin membuat suasana ruang yang berbeda dengan pencahayaan yang lebih menarik, artikel ini akan membahas beberapa tips bagaimana Anda dapat merancang pencahayaan ruang Anda!

Merancang Drop Ceiling

Langit-langit ruangan atau ceiling dapat dirancang agar memiliki ketinggian yang berbeda. Nah, selisih dari ketinggian langit-langit atau yang disebut sebagai drop ceiling ini dapat dimanfaatkan untuk menempatkan lampu Anda.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur atria apartment

Foto: Atria Apartment ©PT Ergonomi Cipta Karya

Menyembunyikan lampu dalam drop ceiling berguna agar cahaya tidak memancar langsung ke ruangan. Rancangan seperti ini cocok bagi Anda yang menginginkan ruang tamu yang agak tenang ataupun untuk pencahayaan kamar tidur.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur 11A Residence

Foto: 11A Residence ©Sontani+Partners

Menempatkan Pencahayaan pada Furnitur

Furnitur Anda dapat dirancang agar memiliki fungsi tambahan untuk menempatkan sumber cahaya. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan merancang headboard tempat tidur Anda menjadi sumber cahaya redup untuk menemani Anda sebelum tidur.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur Margonda Residence

Foto: Margonda Residence ©Studio Ranah

Begitu pula dengan kabinet dapur Anda. Kabinet dapur dapat dirancang sebagai tempat perletakan lampu. Selain menambah keindahan ruangan, sumber cahaya ini dapat membantu Anda dalam kegiatan memasak dan mempersiapkan makanan!

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada furnitur G Vienna Residence

Foto: G-Vienna Residence ©Acasa Studio

Menempatkan Pencahayaan pada Dinding

Dinding rumah Anda pun dapat menjadi tempat sumber cahaya berada. Jika Anda bosan dengan dinding yang datar, Anda dapat mencoba merancangnya dengan trik yang sama seperti merancang langit-langit: membuat kedalaman yang berbeda pada dinding Anda dan memanfaatkan perbedaan kedalaman itu untuk meletakkan sumber cahaya.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada dinding Verde Apartment

Foto: Verde Apartment ©L Space Interior

Pada ruang tidur, penempatan cahaya tidak langsung pada dinding seperti ini memberikan cahaya temaram untuk menerangi kamar and sebelum tidur. Selain itu, penempatan pencahayaan seperti ini juga bisa menjadi opsi untuk mempercantik ruangan Anda.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada dinding Permata Mediterania Residence

Foto: Permata Mediterania Residence ©Fine Team Studio

Berikut beberapa contoh tip dan trik bagaimana Anda dapat membuat variasi dalam perancangan sumber cahaya di ruangan Anda. Anda dapat mencobanya sendiri atau membuat rancangan yang lebih harmonis dengan para perancang interior dan lighting yang ada di website ini! 

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Berikut 4 Pertimbangan Dalam Memilih Karpet

Karpet alias permadani merupakan salah satu aksesori rumah yang kini banyak digunakan. Awalnya, karpet yang diletakkan di atas lantai untuk memberi kenyamanan saat duduk agar pakaian tidak kotor terkena debu lantai. Selain itu, karpet juga digunakan sebagai alas kaki agar tidak langsung merasakan dinginnya lantai rumah.

19 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Berbagai Tips Menyimpan Barang Dalam Rumah Kecil

Dengan harga properti yang melambung selangit, kemungkinan besar banyak dari pembaca sekalian yang tinggal di apartemen ataupun hunian berukuran mungil. Terkadang orang-orang menganggap tinggal di hunian kecil sebagai kendala karena sulitnya menyimpan berbagai barang yang diperlukan untuk sehari-hari. Artikel ini akan membahas beberapa tip dan trik menyimpan barang dalam rumah berukuran kecil.

17 October 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tips Menggabungkan Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Banyak cara mengakali hunian mungil agar terasa nyaman. Salah satunya adalah menggabungkan dua fungsi dalam satu ruang. Misalnya menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Karena terbatasnya luas lahan, Anda bisa menggabungkan fungsi keduanya menjadi satu ruang. Agar sanak keluarga yang datang bisa berkumpul dengan santai, ruang ini pun harus didesain senyaman mungkin.

12 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Ruang Makan Masa Kini

Ruang makan adalah bagai jantung suatu rumah. Kegiatan menyantap makanan tidak hanya dilakukan untuk mengisi perut, tapi juga menjadi momen di mana seluruh keluarga berkumpul dan mengobrol bersama. Selain itu, ruang makan yang nyaman tidak hanya bermanfaat untuk memanjakan penghuni rumah, tapi juga menjadi tempat yang indah untuk menjamu tamu yang datang. Berikut beberapa tips untuk menyulap ruang makan Anda menjadi lebih menarik!

3 October 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista