Tangga sering kali menjadi kebutuhan untuk desain rumah pada masa sekarang, terlebih bila rumah dibangun secara bertingkat. Penghubung antar ruangan atau antar lantai tersebut merupakan elemen fungsional dalam rumah. Namun, kini tangga tidak hanya fungsional. Mempercantik interior juga bisa dengan desain tangga yang tidak biasa.


Foto: S House ©Simple Projects Architecture


Konstruksi yang kuat

Desain tangga melayang memang cocok jika dikombinasikan dengan interior rumah minimalis sederhana. Hal yang harus Anda perhatikan adalah struktur atau rangka yang akan digunakan. Soal rangka, tangga melayang menggunakan konstruksi kantilever dari beton. Selain kuat, rangka ini memungkinkan pijakan anak tangga tak disangga tiang. la hanya tertanam pada dinding. Tentu saja di dalam tembok ada tulangan besi yang saling mengikat erat.


Foto: Common House ©Ellyana Tse

Saat menapaki anak tangga, mungkin akan timbul rasa ragu dan sempat khawatir jika tangga itu tidak kuat menahan beban tubuh. Memang, tangga ini sedikit bergetar saat setiap kaki melangkah ke setiap pijakan. Namun, rasa khawatir itu sirna, saat tangan bertumpu pada handrail besi.

Artikel Lainnnya: Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis


Foto: Ampera Six Building ©Chrystalline Architect

Terkadang, orang tetap merasa khawatir bila tidak ada railing, karena itu rasa aman bisa tetap dihadirkan dengan penggunaan railing berbahan kaca atau transparan di kedua sisi tangga. Dengan begitu, kesan “melayang" tetap dapat dipertahankan. Namun, apa pun desainnya, pastikan struktur pemasangan tangga kuat untuk menahan beban.


Foto: Graha Persada Cafe ©Hepta Desain

Material tangga melayang

Sementara untuk material, kayu merupakan bahan yang sering digunakan. Selain itu, ada kaca dan plastik yang memang dibuat khusus untuk tangga. Tidak perlu khawatir, masih banyak material lain yang bisa dipilih, seperti baja. Lalu, percantik tampilan tangga dengan menambahkan lighting, misalnya indirect lighting. Tangga akan tampil lebih menawan, bercahaya, dan dramatis.


Foto: Sixpax Hq ©RDMA

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk membuat tangga melayang di rumah? Pastikan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dari tangga ini ya, supaya pengguna tangga tidak merasa cemas nantinya. Sedikit tips yang berguna, Anda bisa menggunakan bagian bawah tangga yang kosong menjadi tempat penyimpanan atau rak display karya seni Anda. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda!


Foto: ADMO House ©STUDIOKAS+

Artikel Lainnnya: Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista