Tangga sering kali menjadi kebutuhan untuk desain rumah pada masa sekarang, terlebih bila rumah dibangun secara bertingkat. Penghubung antar ruangan atau antar lantai tersebut merupakan elemen fungsional dalam rumah. Namun, kini tangga tidak hanya fungsional. Mempercantik interior juga bisa dengan desain tangga yang tidak biasa.


Foto: S House ©Simple Projects Architecture


Konstruksi yang kuat

Desain tangga melayang memang cocok jika dikombinasikan dengan interior rumah minimalis sederhana. Hal yang harus Anda perhatikan adalah struktur atau rangka yang akan digunakan. Soal rangka, tangga melayang menggunakan konstruksi kantilever dari beton. Selain kuat, rangka ini memungkinkan pijakan anak tangga tak disangga tiang. la hanya tertanam pada dinding. Tentu saja di dalam tembok ada tulangan besi yang saling mengikat erat.


Foto: Common House ©Ellyana Tse

Saat menapaki anak tangga, mungkin akan timbul rasa ragu dan sempat khawatir jika tangga itu tidak kuat menahan beban tubuh. Memang, tangga ini sedikit bergetar saat setiap kaki melangkah ke setiap pijakan. Namun, rasa khawatir itu sirna, saat tangan bertumpu pada handrail besi.

Artikel Lainnnya: Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis


Foto: Ampera Six Building ©Chrystalline Architect

Terkadang, orang tetap merasa khawatir bila tidak ada railing, karena itu rasa aman bisa tetap dihadirkan dengan penggunaan railing berbahan kaca atau transparan di kedua sisi tangga. Dengan begitu, kesan “melayang" tetap dapat dipertahankan. Namun, apa pun desainnya, pastikan struktur pemasangan tangga kuat untuk menahan beban.


Foto: Graha Persada Cafe ©Hepta Desain

Material tangga melayang

Sementara untuk material, kayu merupakan bahan yang sering digunakan. Selain itu, ada kaca dan plastik yang memang dibuat khusus untuk tangga. Tidak perlu khawatir, masih banyak material lain yang bisa dipilih, seperti baja. Lalu, percantik tampilan tangga dengan menambahkan lighting, misalnya indirect lighting. Tangga akan tampil lebih menawan, bercahaya, dan dramatis.


Foto: Sixpax Hq ©RDMA

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk membuat tangga melayang di rumah? Pastikan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dari tangga ini ya, supaya pengguna tangga tidak merasa cemas nantinya. Sedikit tips yang berguna, Anda bisa menggunakan bagian bawah tangga yang kosong menjadi tempat penyimpanan atau rak display karya seni Anda. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda!


Foto: ADMO House ©STUDIOKAS+

Artikel Lainnnya: Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin