Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di dunia. Berbagai cara dilakukan untuk menyemarakkan bulan yang suci ini. Salah satu cara efektif dan menyenangkan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah dengan melakukan dekorasi ulang rumah. Yuk, Ikuti beberapa tips berikut ini yang dapat Anda coba dalam mendekorasi rumah untuk Bulan Ramadhan:

1. Dekorasi warna satu tema

Desain Ruang Keluarga Minimalis

(Foto: howtodecorate)

Mendekorasi rumah dengan mengaplikasikan tema warna tertentu adalah hal yang menyenangkan. Penggunaan satu tema warna saja akan lebih mudah, namun dapat memberikan perubahan suasana yang sangat terasa. Jangan khawatir untuk menggunakan warna-warna dasar yang lebih mencolok, seperti warna hijau misalnya.

Desain Ruang Keluarga Minimalis

(Foto: ebay)

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bantal hias dengan corak khas timur tengah. Hal ini akan membantu menghidupkan nuansa ramadhan di rumah.

2. Mural atau Sticker sebagai hiasan dinding

Desain Ruang Keluarga Minimalis

(Foto:ebay)

Desain Ruang Keluarga Minimalis

(Foto: etsy)

Sticker atau mural adalah salah satu pilihan yang menarik untuk menghiasi dinding rumah Anda. Bertepatan dengan masuknya bulan ramadhan ini, maka sticker bertema idul fitri dapat menjadi ide untuk Anda pertimbangkan. Akan lebih baik jika Anda menempatkan sticker atau mural ini di dinding yang kosong agar menjadi fokus utama pada dinding. Hindari penggabungan sticker atau mural dengan hiasan lain bertema lain agar tidak menimbulkan kesan terlalu ramai.

3. Hiasan aksesoris Khas Bulan Ramadhan

Desain Ruang Keluarga Minimalis

(Foto: homemydesign)

 

Lampu hias pada meja ruang keluarga dapat menambah cantik suasana ruangan. Ukuran lampu hias beragam dan harganya pun relatif terjangkau. Sebagai tips, Anda bisa menempatkan 2 atau 3 lampu hias berbeda ukuran di satu meja untuk menghasilkan komposisi yang lebih cantik.

Desain Ruang Keluarga Minimalis

(Foto: fabelio)

Anda dapat juga menggunakan kerajinan tangan sebagai hiasan sehingga suasana ramadhan di rumah semakin kental. Hiasan-hiasan seperti miniatur masjid atau kaligrafi yang dapat Anda pesan atau membuatnya sendiri di rumah. Cukup banyak tutorial pembuatan kerajinan tangan seperti ini di dunia maya. Luangkan waktu untuk membuatnya bersama buah hati Anda. Selain menghasilkan kerajinan tangan, maka Anda bisa menghabiskan waktu bersama si kecil dengan hal yang positif.

4. Percantik Mushola Rumah

Desain Ruang Keluarga Minimalis

(Foto: berlinhappens)

Memang tidak semua rumah memiliki mushola kecil, namun pada umumnya tersedia sebuah ruang untuk sholat. Nah, Anda bisa mendekorasi ulang ruangan ini salah satunya dengan mengganti karpet menjadi permadani. Ukuran dapat disesuaikan dengan luas ruangan agar tampak proporsional. Jadi saat ada keluarga atau tamu yang datang, mereka bisa ikut merasakan suasana ramadhan di rumah Anda.

Nah, Seru bukan untuk menghias atau mendekor ulang rumah saat Bulan Ramadhan? Semoga beberapa tips diatas bermanfaat untuk Anda!

You May Also Like

Mengenal Einstein and Associates: Desain dengan ‘Attention to Detail’

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Lemongrass dan Bottega Ristorante yang menjadi restoran dengan desain unik dan berkelas. Adalah Einstein dan Associates yang menjadi desainer di balik semua detail desainnya. Berikut hasil wawancara dengan Einstein dari Einstein and Associates.

10 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

MINT Design Studio - Arsitektur yang Berkarakter

Berangkat dari pengalaman berkarya dalam satu konsultan desain arsitektur, bekerjasama menjadi keseharian bagi Felandro Madjid, Rangga Indrajaya, dan Titis Nurabadi, serta Ellyana Tse sebagai kolaborator desainer interior. Memiliki kesepahaman desain yang sama membuat mereka memutuskan untuk berkarya mandiri lewat konsultan arsitektur Mint Design Studio sejak tahun 2011. MINT sendiri merupakan singkatan nama belakang para pendirinya (Madjid, Indrajaya, Nurabadi, Tse).

20 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Vindo Design - Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Dalam mendesain sebuah ruang, setiap desainer interior tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri agar ruangan dapat terlihat lebih menarik. Bagi Eduardus Tri Aryo, desainer interior sekaligus pendiri Vindo Design, aksen dari warna cerah menjadi ciri khas yang bisa membuat sesisi ruang terasa lebih ceria.

3 February 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Ashari Architect - Desain Kontekstual Sesuai Iklim Indonesia

Desain yang menarik selalu berawal dari konsep yang baik. Melalui proses yang tidak instan, dibutuhkan pemahaman dan pemikiran akan fungsi ruang yang sesuai dengan kebutuhan pemilik. Dalam hal ini, Emir Ashari, pendiri dari Ashari Architect selalu mengedepankan desain sederhana yang fungsional untuk kemudian dituangkan ke dalam bentuk-bentuk estetis yang juga dapat mendeskripsikan kepribadian klien.

6 November 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti