Foto: Tambahkan beberapa artwork pada dinding agar ruang tampak tak monoton. Lavande Residence ©Vindo Design

Banyak cara mengakali hunian mungil agar terasa nyaman. Salah satunya adalah menggabungkan dua fungsi dalam satu ruang. Misalnya menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Karena terbatasnya luas lahan, Anda bisa menggabungkan fungsi keduanya menjadi satu ruang. Agar sanak keluarga yang datang bisa berkumpul dengan santai, ruang ini pun harus didesain senyaman mungkin.

Tambahkan banyak cushion agar kenyamanan di ruang keluarga bertambah

Foto: Tambahkan banyak cushion agar kenyamanan di ruang keluarga bertambah. Puri Media Residence ©Diagram Studio

Menggabungkan dua ruang seperti ini, bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi ruang keluarga sendiri biasanya menampung beragam kegiatan. Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan untuk menggabungkan dua ruang ini?

Tambahkan TV agar kegiatan mengobrol dengan keluarga terasa menyenangkan

Foto: Tambahkan TV agar kegiatan mengobrol dengan keluarga terasa menyenangkan. Industrial Pop ©Vindo Design

Cermati Kebutuhan

Pertama, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kita benar-benar membutuhkan ruang tamu? Jika jawabannya "ya", ingat-ingat berapa banyak tamu yang biasa datang dan siapa mereka. Hal ini penting dilakukan sebelum membuat ruang keluarga dan ruang tamu sekaligus.

Anda juga bisa menambahkan karpet di bawahnya dengan warna yang senada dengan warna sofanya

Foto: Anda juga bisa menambahkan karpet di bawahnya dengan warna yang senada dengan warna sofanya. Kuningan House ©Fabelio Design and Build

Pasalnya banyak orang terjebak dengan anggapan bahwa rumah harus memiliki ruang tamu, padahal si empunya rumah jarang sekali menerima tamu di rumah. Kalau memang tidak diperlukan, mengapa harus repot membuatnya?

Pakai Single Chair

Banyak sedikitnya tamu yang biasa datang akan memengaruhi penempatan furnitur, terutama tempat duduk. Kalau memang tak banyak tamu yang biasanya datang, tak perlu menempatkan sofa berukuran besar. Cukup tempatkan sofa dua dudukan, lalu tambahkan dua buah single chair di sana. Cara ini lebih praktis dan hemat tempat, karena single chair bisa dipindahkan ke ruang lain jika memang sedang tidak digunakan.

Tambahkan beberapa single chair untuk menampung tamu yang datang

Foto: Tambahkan beberapa single chair untuk menampung tamu yang datang. Scandinavian House ©La.casa Interior

Furnitur Multifungsi

Poin berikutnya yang perlu jadi perhatian ialah tempatkan furnitur-furnitur multifungsi. Mengingat lahan yang dimiliki tidak luas, cara ini membantu ruang tetap fungsional dan rapi. Misalnya, daripada menempatkan sofa berukuran besar, ganti saja dengan bench panjang yang dirancang sekaligus sebagai "peti" penyimpanan. Jadi, bagian atasnya bisa dibuka-tutup.

Bila ruangan mungil, buatlah ruang penyimpanan yang banyak untuk menampung benda-benda koleksi. Ruang pun terlihat rapi

Foto: Bila ruangan mungil, buatlah ruang penyimpanan yang banyak untuk menampung benda-benda koleksi. Ruang pun terlihat rapi. Living Room Mrs. Ninu ©iCAD Interior

Tempatkan meja dengan laci di sisi kanan dan kirinya. Anda bisa menyimpan tumpukan koran dan majalah di sana. Bisa juga menyimpan taplak meja dan sarung bantal. Hindari menempatkan buffet sebagai tempat televisi, ganti saja dengan rak-rak ambalan. Selain sebagai tempat televisi, rancang agar rak ambalan bisa juga untuk meletakkan beberapa buku dan benda koleksi. Dengan demikian, tidak akan benda berceceran, karena semua ada tempatnya. Tamu pun merasa nyaman saat berkunjung.

Karena digunakan juga sebagai ruang keluarga, gunakan furnitur yang nyaman untuk anggota keluarga Anda

Foto: Karena digunakan juga sebagai ruang keluarga, gunakan furnitur yang nyaman untuk anggota keluarga Anda. Trillium Apartment ©BW Design Consultant 

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Berikut 4 Pertimbangan Dalam Memilih Karpet

Karpet alias permadani merupakan salah satu aksesori rumah yang kini banyak digunakan. Awalnya, karpet yang diletakkan di atas lantai untuk memberi kenyamanan saat duduk agar pakaian tidak kotor terkena debu lantai. Selain itu, karpet juga digunakan sebagai alas kaki agar tidak langsung merasakan dinginnya lantai rumah.

19 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Berbagai Tips Menyimpan Barang Dalam Rumah Kecil

Dengan harga properti yang melambung selangit, kemungkinan besar banyak dari pembaca sekalian yang tinggal di apartemen ataupun hunian berukuran mungil. Terkadang orang-orang menganggap tinggal di hunian kecil sebagai kendala karena sulitnya menyimpan berbagai barang yang diperlukan untuk sehari-hari. Artikel ini akan membahas beberapa tip dan trik menyimpan barang dalam rumah berukuran kecil.

17 October 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tips dan Trik Merancang Pencahayaan Ruang

Memperindah ruang dalam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kebanyakan orang memperindah rumahnya dengan memadupadankan furnitur, ada juga yang memilih aneka warna cat dan pelapis dinding, tapi tahukah Anda bahwa ada satu hal yang sangat mempengaruhi suasana ruangan secara keseluruhan? Hal itu adalah pencahayaan ruangan.

10 October 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Inspirasi Ruang Makan Masa Kini

Ruang makan adalah bagai jantung suatu rumah. Kegiatan menyantap makanan tidak hanya dilakukan untuk mengisi perut, tapi juga menjadi momen di mana seluruh keluarga berkumpul dan mengobrol bersama. Selain itu, ruang makan yang nyaman tidak hanya bermanfaat untuk memanjakan penghuni rumah, tapi juga menjadi tempat yang indah untuk menjamu tamu yang datang. Berikut beberapa tips untuk menyulap ruang makan Anda menjadi lebih menarik!

3 October 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista