Keterbatasan lahan tidak hanya terjadi pada ukuran ruang tamu atau kamar tidur, tetapi bisa juga pada ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas. Namun, memiliki kamar mandi mungil bukan berarti Anda tak bisa menikmati kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya. Dengan desain dan penataan yang tepat, kamar mandi mungil bisa tampak lebih lega dan nyaman.

Posisi Perangkat Saniter

Atur posisi saniter dengan baik agar alur ruang menjadi lebih lega. Sebaiknya, jangan menempatkan kloset tepat di depan pintu. Selain alasan keindahan visual, tampilannya membuat ruang terlihat lebih sesak pada saat pintu dibuka. Lebih baik hal pertama yang tampak saat membuka pintu kamar mandi adalah wastafel atau dinding polos. Dengan begitu kamar mandi terkesan lebih luas.

Kamar Mandi Mungil

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 1

Foto: aldeas

Pilih Warna Cerah untuk Dinding

Penerangan yang cukup membantu menampilkan kesan luas pada kamar mandi mungil. Jika tidak memungkinkan menghadirkan bukaan untuk masuknya pencahayaan alami, gunakan lampu berwarna putih untuk menerangi kamar mandi. Berikutnya, pilihlah warna dinding berwarna cerah seperti putih, biru muda, atau krem. Anda juga bisa mengaplikasikan wallpaper bermotif pada setengah bagian dinding namun pilih motif yang simpel agar ruangan tidak terkesan penuh.

Kamar Mandi Mungil 2

Foto: bathroomideasdesignsdecors

Kamar Mandi Mungil 3

Foto: Freshome

Artikel lainnya: Memilih Hunian Idaman – Rumah atau Apartemen?

Gunakan Kaca Cermin

Cermin merupakan salah satu elemen yang paling ampuh menciptakan kesan luas pada ruang sempit. Efek pantul yang dihasilkan membuat ruangan terkesan lebih luas. Oleh sebab itu, gunakan kaca cermin di sudut-sudut tertentu seperti di atas wastafel.

Kamar Mandi Mungil 4

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 5

Foto: sunter_icon ©koerie_design

Gunakan Shower

Selain dapat menghemat pemakaian air, penggunaan shower juga tidak menghabiskan space di kamar mandi karena instalasinya yang ditanam di dinding. Perhatikan jalur pemipaan air bersih yang tersambung ke shower agar air yang mengalir deras dan tidak tersumbat. Selain itu, hindari elemen masif seperti partisi kaca untuk membatasi area shower. Shower curtain dapat menjadi alternatif untuk Anda.

Kamar Mandi Mungil 6

Foto: shoestringstylist

Kamar Mandi Mungil 7

Foto: familyfocushomes

Simpan yang Tidak Terpakai

Tanpa disadari, kamar mandi Anda sebenarnya menjadi sempit karena aksesoris yang tidak perlu. Segera singkirkan barang-barang yang tak terpakai sehingga memungkinkan Anda bergerak bebas di sekitar ruangan.

Kamar Mandi Mungil 8

Foto: decobizz

Kamar Mandi Mungil 9

Foto: tinybathroomideas

Artikel lainnya: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin