Foto: RD Residence Singapore ©Helloembryo

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

Kuningan House oleh Fabelio Design and Build

Foto: Kuningan House ©Fabelio Design and Build

Backsplash

Dinding dapur atau backsplash jadi bagian yang paling sering didekorasi. Soal pilihan material pilihan yang disarankan tetap yang mudah dibersihkan misalnya keramik. Tampilan keramik inilah yang kemudian bisa membuat dapur tampil trendi.

Berbagai motif keramik tersedia di pasaran, untuk backsplash Anda bisa pilih keramik bermotif vintage. Warna-warni dan pola cantik dari keramik ini tentu akan membuat dapur makin semarak. Selain keramik adapula ubin yang terbuat dari semen yakni ubin tegel. Motif ubin tegel juga berwarna-warni dengan ukuran ubin yang lebih kecil daripada keramik bermotif.

CER 26 & 27 oleh Rupakara Akarsana Kalyan

Foto: CER 26 & 27 ©Rupakara Akarsana Kalyan

Kalau tak suka dengan warna yang terlalu ramai, Anda bisa pilih keramik polos berukuran 10x20. Keramik berukuran mungil ini biasa disebut subway tile dan sudah sering dipakai sebagai backsplash sejak lama. Menariknya, keramik ini kembali digemari dan jadi salah satu material pilihan untuk dapur trendi. Ada dua pilihan warna subway tile, yakni hitam dan putih.

Artikel lainnya: Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Table top

Pemilihan material table top juga perlu untuk dapur yang kekinian. Banyak bahan bisa digunakan untuk table top, yaitu granit, solid surface, dan homogeneous tile. Untuk memilihnya, semua tergantung selera, kebutuhan dan tentunya bujet yang Anda miliki. Granit dan solid surface misalnya, bahan ini tampilannya cantik dan awet tapi harganya terbilang tinggi dibanding homogeneous tile.

Capitol Park oleh DIAGRAM STUDIO

Foto: Capitol Park ©DIAGRAM STUDIO

Cahaya

Pencahayaan di dapur juga berperan penting untuk membuat dapur tampil kekinian. Apalagi dengan banyaknya pernik dekorasi yang hadir di dapur, lampu akan membuat tampilan pernik jadi makin “wah”. Anda bisa menggunakan lampu sorot di beberapa titik untuk menyinari

pajangan dapur. Lampu tersebunyi atau hidden lamp juga bisa jadi pilihan untuk diaplikasikan disela-sela kabinet. Permainan cahaya lampu ini akan menghadirkan kesan elegan dari dapur Anda.

D'gracias Kitchen Show oleh Dtarchitekt

Foto: D'gracias Kitchen Show ©Dtarchitekt

Artikel lainnya: Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Aksesori

Mesti kecil, aksesori juga berperan penting membuat dapur tampil trendi. Pasang ambalan sederhana pada dapur untuk meletakkan bumbu maupun pernik dekorasi. Aksesori lainnya seperti gantungan untuk meletakkan peralatan memasak dan handle berbagai bentuk patut Anda coba untuk membuat dapur jadi kekinian.

HQQ house oleh Amarta Studio

Foto: HQQ house ©Amarta Studio

Dekorasi

Sentuhan akhir dalam menciptakan dapur trendi tentu dekorasi. Ada beberapa unsur dekorasi yang bisa Anda coba, yakni hiasan berupa kata-kata yang tertulis di dinding dapur atau yang disebut tipografi. Kemudian Anda juga bisa menambahkan tanaman sebagai penghias baik tanaman asli maupun artifisial.

Modern Pantry oleh Vindo Design

Foto: Modern Pantry ©Vindo Design

Yang terakhir adalah warna dan bahan finishing dapur. Saat ini warna lembut dan warna netral misalnya putih banyak diminati untuk dapur. Tapi Anda jangan takut mengeksplorasi pilihan warna dan bahan lainnya, karena sentuhan selera pribadi juga perlu untuk membuat dapur tampil trendi. Jadi, selamat mencoba!

Artikel lainnya: Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista