Berlokasi tepatnya di Yen Akat Road Bangkok Krung Thep National Capital Port Thailand, model rumah minimalis ‘YAK01’ merupakan rumah seri Asia yang memiliki desain modern dan trendi. Rumah ini didesain secara spesifik untuk keluarga kecil modern. Berdiri di atas tanah seluas 560 meter persegi, rumah ini terdiri dari 500 meter persegi ruang internal dan sisanya digunakan untuk ruang terbuka. Seperti apakah rumah ‘YAK01’ yang didesain oleh Ayutt and Associates ini? Berikut ulasannya.

Model Rumah Minimalis

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 1

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 2

Foto: ©Piyawut Srisakul

Menyiasati Keterbatasan Tanah

Dengan tanah yang terbilang tidak begitu luas, klien menginginkan ‘YAK01’ menjadi sebuah rumah yang modern dengan area hijau yang besar, namun memiliki naungan dari matahari dan perlindungan dari hujan. Nah untuk itu, arsiteknya yaitu pihak Ayutt and Associates, mengakalinya dengan cantilever system sehingga hampir setengah dari rumah berada di atas lantai dasar. Dengan metode ini, maka akan banyak ruang yang dibebaskan untuk taman. Rumah 'YAK01' dirancang dalam bentuk L untuk meningkatkan usable space dan ruang hijau pada rumah. Kemudian, untuk memaksimalkan ruang hijau, satu sisi dinding dari rumah 'YAK01' ini kemudian didesain berdekatan dengan batas plot tanah.

Model Rumah Minimalis 3

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 4

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 5

Foto: ©Piyawut Srisakul

Cahaya Sinar Matahari dan Ruang Terbuka

Untuk menerima pencahayaan alami, sebagian besar dinding kaca di tempatkan pada di bagian utara rumah. Kenapa utara? Sebab di Thailand, sinar matahari di arah Utara merupakan yang tidak begitu intens dibandingkan dari arah lain. Guna bisa melakukan kegiatan berkebun, maka YAK01 House memberikan 50% lahan sebagai ruang terbuka yang dapat terlihat dari setiap sudut. Guna menarik udara dingin ke dalam rumah, maka sang arsitek memposisikan kolam renang secara paralel dengan bangunan. Namun, yang jadi masalah adalah bagaimana cara menjaga bangunan dingin selama siang hari dan juga menyediakan ventilasi silang untuk setiap kamar. Hal ini disiasati dengan menjadikan kamar mandi, ruang servis, gudang, dan tangga sebagai zona buffer untuk menyerap panas sinar matahari.

Model Rumah Minimalis 6

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 7

Foto: ©Piyawut Srisakul

Jadikan YAK01 House Berkesan Trendi

Pada dinding kamar tidur utama dan kamar mandi master, Ayutt Mahasom, sang arsitek, menerapkan bilah vertikal dengan aluminium silver. Hal ini dimaksudkan untuk membuat YAK01 House jadi berkesan trendi. Selain itu, sang arsitek juga menjadikan rumah terlihat seperti sebuah kotak perak mengambang di selembar granit hitam. Tidak hanya menjadikan rumah berkesan trendi, bilah vertikal ini juga dirancang untuk isolasi penghalang udara guna mendinginkan ruang kamar tidur utama.

Model Rumah Minimalis 8

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 9

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 10

Foto: ©Piyawut Srisakul

Tata Letak YAK01 House

Tata letak YAK01 House ini sendiri diterapkan dengan memodifikasi keinginan klien. Jadi, dari sini sang arsitek kemudian menyediakan ventilasi alami dan daerah lansekap luar. Lantai dasar diatur sedemikian rupa dengan menyesuaikannya pada konsep rumah tradisional Kingdom of Thailand, dimana halaman tengah difungsikan sebagai vestibule penghubung sebelum masuk ke ruang tamu utama. Kehadirkan tangga tertutup dalam sebuah kotak kaca yang mengapung menjadi fitur utama pada bagian pintu masuk. Ruang tamu utama sendiri ditempatkan di tengah sebagai paviliun mengambang sehingga keluarga bisa menikmati taman luar ruangan.

Model Rumah Minimalis 11

Model Rumah Minimalis 12

Sumber Foto: http://archdaily.com/

You May Also Like

I-House - Andy Rahman Architect

Rumah rancangan Andy Rahman Architect yang berlokasi di Gayungsari, Surabaya ini bisa disebut sebagai I-House (baca: Ai-House), dan bisa dimaknai dari berbagai sisi yang berbeda. Pertama, rumah ini adalah rumah yang sangat personal, dan sangat khusus rancangannya diperuntukkan bagi si pemilik rumah, maka dinamakan I-House: Aku yang menyatu dengan Rumah.

13 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

Budisari Residence - Rumah modern tropis yang didesain oleh pemilik sekaligus arsiteknya, Dimaz Aditio dari ARCHID design&build, terlihat sangat menarik karena perbedaan elevasi pada ruang di dalamnya. Variasi eksisting kontur lahan menjadi inspirasi desain dan solusi untuk penataan layout rumah dengan sistem split-level. Memiliki luas tanah 300 meter persegi, rumah ini menghabiskan waktu sekitar 12 bulan dalam pembangunannya.

30 May 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

DeeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

18 March 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, 'Kubu Tropis' memiliki arti 'Tropical House'. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari 'Kubu Tropis' itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

13 March 2017 / ARCHITECTURE / By DDAP Architect