Pada tanggal 14 Desember 2017, Yayasan Sayap Ibu (YSI) Cabang Provinsi Banten bersama Architects’ Life Ren+Riri mengadakan charity gathering untuk memaparkan program pembangunan rumah pendidikan anak penyandang disabilitas. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2013, jumlah penduduk disabilitas usia di atas 15 tahun di Indonesia adalah sebanyak 11%. Dari jumlah tersebut serta belum adanya fasilitas yang dapat menampung mereka menjadi latar belakang YSI Cabang Banten untuk mendirikan rumah bagi mereka.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Ibu Renowati Hardjosubroto selaku Ketua Umum Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten menjelaskan tentang latar belakang program ekspansi bangunan rumah pendidikan yang akan dikerjakan.

Saat ini, YSI Cabang Banten yang berlokasi di Tangerang Selatan dapat menampung 35 anak penyandang disabilitas majemuk. Namun, yang menjadi permasalahan adalah belum adanya standar keamanan dan kenyamanan serta ruang yang cukup untuk menampung jumlah penyandang disabilitas di daerah tersebut. Maka itu, YSI berencana untuk melakukan ekspansi pada lahan yang sama dan memperhatikan keamanan dan kenyamanan bagi anak-anak penyandang disabilitas tersebut.

Untuk memenuhi keamanan dan kenyamanan penyandang disabilitas majemuk yang belum memiliki standar, Ren Katili dan Riri Yakub secara sukarela merancang ekspansi yang menjadi program YSI. Ren dan Riri kemudian merujuk pada beberapa standar rumah sakit, standar aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, serta merancang beberapa detail desain yang dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi mereka.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Ren Katili menceritakan latar belakang tentang bagaimana mereka memutuskan untuk membantu merancang rumah pendidikan ramah anak penyandang disabilitas untuk YSI Cabang Banten.

Rumah pendidikan dirancang secara modular sehingga dapat dibangun dan terus dikembangkan sesuai dengan kesediaan dana dan lahan. Rumah ini juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan tinggal anak-anak penyandang disabilitas sekaligus menjadi tempat pembinaan bagi mereka agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Riri Yakub menjelaskan konsep desain rumah pendidikan yang dirancang untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak-anak penyandang disabilitas majemuk.

Rancangan ini diharapkan dapat terus dikembangkan dengan adanya kolaborasi dari profesi yang bersinggungan dengan kondisi penyandang disabilitas majemuk seperti dokter, psikolog, dan lainnya. Pengembangan rancangan, bila selesai nantinya, juga diharapkan menjadi pilot dan percontohan untuk rumah-rumah yang menampung anak-anak penyandang disabilitas majemuk di daerah lain di Indonesia. Bahkan, bila memungkinkan dapat menjadi acuan atau kajian lanjutan untuk penyusunan standar keamanan dan kenyamanan bangunan bagi penyandang disabilitas majemuk.

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like