Logo Bluprin Blog

10 Ide Penyimpanan Barang di Rumah

TIPS N IDEA / 7 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 7 months ago

10 Ide Penyimpanan Barang di Rumah

Semakin lama kita tinggal di sebuah rumah, semakin banyak barang yang kita miliki. Padahal, ruang yang tersedia cukup terbatas dan tidak ikut bertambah besar seiring bertambahnya barang-barang. Oleh karena itu kita harus memikirkan ide penyimpanan barang yang ada di rumah. 


Kebanyakan rumah tak memiliki area simpan yang sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Padahal, berbeda keluarga, pasti berbeda kebiasaan. Otomatis, kegiatan yang dilakukan di setiap ruang akan berbeda pula. Seharusnya, penyimpanan barang pun mengikuti jenis aktivitas yang terdapat di ruangan tersebut. Ada dua tujuan utama penyimpanan barang di rumah yakni agar rumah terlihat rapi dan supaya barang lebih mudah ditemukan.

 

Namun, di luar tujuan utamanya, yaitu agar mudah dicari, area simpan yang baik pun bisa membantu Anda melegakan pandangan Anda, memperluas ruang, menghemat penggunaan tempat, dan membuatnya berfungsi lebih efisien. Oleh karena itu, untuk menghadirkan area simpan, Anda bisa memanfaatkan sudut-sudut “sisa” di setiap ruang.

 

Dengan 10 ide penyimpanan yang kami berikan berikut, area simpan Anda pun tak hanya mudah dijangkau dan tampak rapi, tetapi juga akan menambah nilai estetis ke dalam rumah Anda.

 

Simpan di Rak Terbuka
Ide Penyimpanan Barang Foto: Gallery West Apartment ©Jati & Teak Interior Design


Menciptakan area penyimpanan di rumah dapat dimulai dengan memanfaatkan area dinding. Beri sedikit sentuhan dengan meletakkan rak-rak terbuka di dinding tersebut. Rak ini akan membantu Anda menyimpan barang-barang seperti buku, majalah, DVD, atau aksesori ruang lainnya.


Artikel Lainnya: 15 Kesalahan Saat Mendekor Rumah 


Lemari Bawah Tangga
Ide Penyimpanan Barang Foto: ECO SANCTUARY ©Design NEU Pte Ltd



Solusi menyimpan di hunian mungil dapat dipecahkan dengan memanfaatkan setiap celah, salah satunya area bawah tangga. Anda dapat membuat lemari penyimpanan untuk sepatu, perkakas tangan, lemari buku, atau bahkan pakaian. Namun, sebelum membuat sebaiknya tentukan terlebih dahulu fungsi area tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan sesuai ruang di sekitarnya.

 

Gantung Alat Masak
Ide Penyimpanan Barang Foto: Kusuma Chandra Apartment ©Archemist Studio


Alat-alat masak seperti spatula dan talenan—terkadang memakan tempat yang banyak dalam sebuah dapur. Selain itu, biasanya, karena ditaruh sembarangan, alat-alat ini pun kerap kali sulit ditemukan, meskipun sebenarnya sangat sering dipakai. Dengan gantungan seperti tiang yang terletak dekat area memasak atau bak cuci, alat-alat ini lebih terlihat, sehingga mudah dijangkau.


Headboard Merangkap Penyimpanan
Ide Penyimpanan Barang Foto: Apartment Interior ©Dacore Design


Jangan biarkan headboard hadir tanpa fungsi. Berikan sedikit sentuhan dengan menghadirkan media penyimpanan pada bagian ini. Selain rak atau ambalan, Anda dapat membuat lemari penyimpanan untuk meletakkan koleksi buku atau aksesori ruang tidur. Material yang paling digandrungi untuk menghiasi headboard ini adalah multipleks, karena materialnya mudah dibentuk.


Gantungan Handuk Bertingkat
Ide Penyimpanan Barang Foto: Sujiva Living ©Somia Design


Salah satu barang yang pasti Anda perlukan dalam setiap aktivitas Anda di kamar mandi adalah handuk. Tentunya, setelah dipakai mengelap sisaan air dari tubuh, handuk tersebut akan basah dan harus dikeringkan secepatnya. Gantungan bertingkat seperti ini memudahkan Anda untuk menaruh handuk, sekaligus membawanya ke luar kamar mandi untuk dikeringkan. Praktis! 


Artikel Lainnya: Inilah 8 Inspirasi Kolam Renang Modern Favorit untuk Rumah Anda


Cerukan Jadi Lemari
Ide Penyimpanan Barang Foto: Ritz Golf Pakuwon Indah ©VIS Interiors


Perhatikan dinding di sudut rumah Anda. Apabila salah satu sisinya berupa kolom atau ruang sisa yang tak terpakai, Anda bisa membuat cerukan berguna, yang kemudian bisa Anda jadikan lemari penyimpanan. Di sana, Anda bisa menaruh pajangan dan barang lainnya.


Rak di Atas Kloset
Ide Penyimpanan Barang Foto: One Velvet Show Unit ©HelloEmbryo


Salah satu area di kamar mandi yang sering dikosongkan begitu saja, adalah area di atas kloset. Padahal, Anda bisa menaruh rak dengan ukuran yang ergonomis dan tak akan mengganggu kelancaran aktivitas Anda, tepat di atasnya. Anda bisa menaruh macam-macam peralatan di sana, mulai dari alat mandi, handuk untuk membasuh, spons tubuh, hingga lilin aromaterapi.


Lemari Semiterbuka
Ide Penyimpanan Barang Foto: Kemang Residence ©Vindo Design


Lemari tak selalu harus tertutup. Tidak ada salahnya membuatnya semiterbuka, seperti yang diaplikasikan pada hunian ini. Beberapa bagian pada lemari ini dibiarkan terbuka untuk meletakkan pajangan. Sementara pada bagian yang tertutup, Anda dapat meletakkan barang-barang yang sifatnya privasi.


Manfaatkan Bawah Kursi
Ide Penyimpanan Barang Foto: Apartment Interior ©Dacore Design


Area ini menjadi area yang jarang dimanfaatkan, padahal bisa digunakan sebagai area penyimpanan. Anda bisa menambahkan penyimpanan dalam bentuk laci-laci yang dapat di dorong.


Penyimpanan Buku
Ide Penyimpanan Barang Foto: Salma's Bedroom Interior ©VAS

Bagi orang yang gemar membaca, buku merupakan benda wajib yang selalu ada di rumah, dan terkadang jumlahnya banyak. Sebagai ide penyimpanan, Anda bisa membuat ambalan panjang di atas meja belajar. Gunakan tangga agar buku mudah dirai

Itulah 10 ide penyimpanan barang yang bisa kita lakukan di rumah yang tidak memiliki area yang luas. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Foto cover: Salma's Bedroom Interior ©VAS

Artikel Lainnya: 6 Inspirasi Fasad Rumah Kekinian



Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago