Logo Bluprin Blog

10 Inspirasi Fasad Rumah Sejuk untuk 2019

TIPS N IDEA / 1 week ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 week ago

10 Inspirasi Fasad Rumah Sejuk untuk 2019

Fasad (facade) pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, fasad bisa berarti bagian muka bangunan samping, belakang, atau depan. Walau begitu, seiring dengan perkembangan waktu, fasad lebih sering diartikan sebagai bagian depan dari sebuah bangunan. Kalau pagar itu bisa dianggap sebagai pakaian, maka fasad adalah wajah dari rumah.

Fasad akan memberi kesan pertama bagi siapa pun yang melihatnya. Fasad gedung Gotik mungkin akan terkesan berat. Fasad Pantheon Yunani terasa manis dan harmonis. Fasade sebuah country house terasa akrab dan hangat. Begitu seterusnya. Masih bingung menentukan fasad yang cocok bagi rumah idaman Anda? Berikut ini adalah beberapa ide fasad rumah yang akan memberi kesan sejuk bagi siapa pun yang memandangnya dan membuat Anda nyaman memilikinya.

Ada 10 fasad berbagai gaya yang bisa dipilih, atau bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda. 

1. Fasad Rumah minimalis 2 lantai yang Adem

fasad rumah minimalis

Foto: Rumah Beranda ©Sigit Kusumawijaya Architect & Urban Designer 

Memiliki rumah minimalis bukan berarti harus memiliki rumah simplistik yang terkesan kering. Anda bisa membuatnya lebih hijau dengan sedikit sentuhan elemen hijau. Rumah berlokasi di Cipete (Jakarta Selatan) ini menjadi begitu sejuk dan cozy dengan penambahan elemen tetumbuhan padanya. 
Pot-pot tanaman yang biasanya tampak ordinary bisa menjadi satu titik pandang yang keren dengan rak vertikal, menjadi aksen yang sedap untuk keseluruhan fasad. Teralis-teralis aksen minimalis tidak hanya sebagai ikon hiasan saja, namun juga digunakan sebagai sandaran bagi greenery. Keseluruhan efek yang tercipta dari fasad rumah minimalis  ini adalah sebuah rumah yang terbuka dan sejuk.

Artikel Lainnya:  10 Inspirasi Penyimpanan Mainan Anak di Rumah
 
2. Fasad Hijau untuk Rumah Mewah

fasad rumah mewah

Foto: CL House ©Axial Studio

Merencanakan rumah mewah bisa memberi tantangan tersendiri. Setiap detil layout harus matang, atau keseluruhan bangunan nantinya tampak tidak harmonis. Begitu pula dengan pemilihan tema fasad-nya. Contoh fasad rumah mewah berikut ini bisa mewakili keinginan Anda. Rumah kontemporer-modern yang berlokasi di Pondok Indah ini menyajikan apa yang Anda inginkan, yaitu sebuah rumah mewah dengan  fasad yang terkesan begitu ringan dan sejuk berkat desain open yang dianutnya. Kolom-kolom yang besar tampak ringan, karena dimbangi ruang-ruang berjendela besar dan tanpa partisi.   
 
3. Fasad Sejuk bertema Kayu

fasad rumah kayu

Foto: DRA House ©D-Associates

Tak ada yang bisa mengalahkan kayu saat Anda menginginkan suasana sejuk dan santai, seperti yang ditunjukkan oleh ilustrasi berikut ini. Fasad bernuansa kayu menyambut siapa pun yang bertandang atau menatap rumah villa yang ada di Ubud ini. Kesan ringan dan minimalis langsung terasa, begitu pula atmosfer segar langsung menyergap. Semua itu berkat tema kayu yang menjadi platform dari fasad vila modern-tropis ini. Kesan total yang ditangkap adalah bahwa vila ini terkesan menyatu dengan hijau alam di sekitarnya. Kesan elegan didapat, sejuknya pun berlimpah.  
 
4. Box House dengan Fasad Minimalis

fasad rumah minimalis

Foto: Box House ©Papan Architect

Membuat rumah mungil yang bisa mengesankan setiap yang memandang  kuncinya ada pada fasad. Namun begitu, membuat fasad minimalis yang ikonik dan tidak terhanyut oleh arus desain mainstream bukanlah perkara yang gampang, setidaknya jika Anda masih bingung dengan konsep fasad yang diinginkan. Ilustrasi berikut bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari fasad yang ikonik. Garis-garisnya tegas dan sederhana, namun memiliki faktor bentuk dan kombinasi bahan yang istimewa.  Kombinasi sidings yang tegas namun menarik antara cladding tone kayu dan perforated-concrete hitam di sampingnya. Dipadu dengan layout halaman yang juga minimalis, rumah yang berlokasi Lombok (NTB) ini sangat manis.
 
5. Fasad penghalau Panas untuk Rumah Tropis 

fasad rumah tropis

Foto: Traveller House ©Studio Apta

Subjudul di atas mungkin agak misleading. Mana ada rumah tropis yang gerah? Rumah tropis, dari yang bergaya Indische hingga rumah kayu Pesisiran (atau pendapa di pedalaman Jawa) tetap menganut layout ruangan yang terbuka yang memungkinkan udara masuk secara bebas. Namun ilustrasi fasad rumah tropis berikut memang menarik sekali konsepnya.  
Rumah tropis bernuansa minimalis yang terletak di Bandung ini cocok untuk mengisi kebun belakang Anda. Paduan antara modern tropical facade ini dengan teras minimalis tampak padu. Kolam renang infinity menambah aksen dan kesegaran yang telah terbentuk dari kombinasi keduanya. Taman minimalis yang menghijaukannya menjadi finish yang manis.  
 
6. Fasad Rumah Tradisional-Modern

fasad rumah tradisional-modern

Foto: Suweta Villa ©A & Partners

Bagi pencinta gaya vintage atau lawasan, tanpa polesan apa pun, sebuah rumah tradisional tetap akan cantik. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, kesan kuno itu malah semakin sedap di pandang. Namun begitu, karena perkembangan waktu pula, ada sebagian yang sangat eklektik (Mungkin Anda termasuk?), sehingga suka memadukan gaya lawas dengan modern. Rumah vila di Ubud (Bali) ini bisa menjadi inspirasi. Fasad vila tradisional  limasan Jawa ini telah mendapat sentuhan modern minimalis dengan tambahan beberapa pintu dan jendela kaca ukuran besar. Paduan keduanya, plus satu kolam renang dan kehijauan taman, membuat suasana terasa damai dan adem.

Artikel Lainnya:  Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangan Dulu, ya!
 
7. Fasad Rumah Modern-Minimalis Tropis

fasad rumah modern tropis

Foto: DeeRoemah ©GeTs Architects

Rumah modern tropis mungkin menjadi impian bagi Anda kaum urban. Sehabis rutinitas harian yang riuh dan kadang temperamental, rumah tropis yang sejuk dan hijau adalah sanctuary yang sesungguhnya.  Rumah yang terletak di Kebayoran Lama (Jakarta Selatan) ini boleh jadi merupakan satu sampel idealnya. Fasad rumah minimalis 1 lantai ini telah menjadi wakil dari atmosfer sejuk. Sentuhan kolom minimalis pada rumah kontemporer tropis ini  tidak pernah memberi kesan kering dan pragmatis. Halaman rumput dan jajaran hijauan di atas kanopi menjadi penyeimbang yang manis. 

8. Fasad Rumah 2 Lantai yang Slim dan Segar

fasad rumah 2 lantai

Foto: AL House ©Mineli Architects

Gaya minimalis sangat efektif untuk memberi kesan slim dan menghilangkan kesan bulky.  Segede apa pun rumah impian Anda, kesannya tetap saja langsing, ringan dan tidak berat. Fasad pada ilustrasi berikut menunjukkannya pada Anda. Fasad rumah kontemporer tropis ini bisa  jadi akan terkesan berat dengan gaya konvensional. Namun dengan style minimalis rumah yang berlokasi di Baros ini menjadi terkesan sangat light, bahkan terkesan mengambang. Kombinasi warna-warna soft dan kalem juga membuatnya terkesan teduh.  
  
9. Fasad Rumah Industrial yang Simpel & Impresif

fasad rumah industrial

©filmsourcetinting

Style industrial sedang top saat ini. Gaya yang naked, dengan material dari bahan-bahan industrial yang mentah namun tangguh, gaya industrial semakin disukai. Anda tidak hanya akan melihatnya di berbagai kafe atau distro anak muda saja. Karena saat ini gaya industrial juga mulai sangat disukai sebagai platform bentuk rumah tinggal. 
Bentuk rumah industrial bisa sangat spesial dan cantik, memberi kesan yang sangat open dan bahkan bisa memberi fasad yang beda. Sebagai contoh, fasad rumah industrial ini memberi atmosfer yang segar bagi para penghuni (atau yang memandangnya). Konstruksinya sangat simpel, memiliki garis-garis industrial yang tegas. Namun kesan fasadnya tetap soft dan homey dengan imbangan cladding bermotif kayu dan finishing tembok yang kalem.   

10. Fasad Rumah Sederhana namun Mengesankan

fasad rumah sederhana

Foto: Rumah Paris Jogja ©Vindo Design

Rumah sederhana tidak harus tampak patetik. Selalu ada cara untuk membuatnya terlihat istimewa dan mengesankan. Rumah yang berlokasi di Tembi (Yogyakarta) ini bisa menjadi salah satu inspirasi Anda. Sebuah rumah yang ‘semestinya’ sederhana, bertransformasi menjadi wow dengan beberapa perubahan. Fasad yang tampak sederhana, khas rumah desa, berubah menjadi manis karena atap gambrel. Kesan barn style yang santai dan hangat langsung menonjok. Tambahan dua dormer di atap yang menambah manis penampilannya. Kombinasi warna biru gerobak mie ayam plus genting yang legam membuat fasad rumah ini begitu menonjol dan cute.   
 
Demikian 10 fasad yang bisa menjadi inspirasi Anda. Ada berbagai style yang bisa menjadi sumber ide, dari style fasad yang minimalis, vintage, industrial, hingga luxurious. So, Anda sudah mendapatkan inspirasi? Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi! 

Foto cover: DRA House ©D-Associates

Artikel Lainnya:  8 Model Keramik Dinding, Kamar Mandi, Dapur, Teras, Tangga, Kamar Tidur dan Ruang Tamu

product bg

Puluhan ribu Inspirasi terbaik

Referensi proyek arsitek dan desainer interior Indonesia

Temukan berbagai macam ide atau inspirasi yang bisa kamu simpan dan bagikan untuk keperluan bangun atau renovasi anda.

Artikel Menarik Lainnya

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ?? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Sponsored Article

Ragam Fungsi dan Estetika Desain Eksterior yang Menarik Hati

“Architecture is a visual art, and the buildings speak for themselves.”  Sebuah kutipan dari seorang arsitek Amerika, Julia Morgan. Desain yang baik adalah desain yang berbicara tanpa perlu banyak penjelasan dan intepretasi. Dalam arsitektur, desain eksterior merupakan hal yang krusial. Mengapa? Karena merupakan tampilan terluar yang representatif bagi hunian ataupun kantor tempat Anda bekerja. Hal pertama yang dilihat bagi siapapun yang datang atau melihat sebuah bangunan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

10 Inspirasi Penyimpanan Mainan Anak di Rumah

Tak dipungkiri bahwa anak-anak memang identik dengan mainan. Kebanyakan orang tua juga senang membeli mainan anak yang disuka oleh si kecil. Namun, banyaknya mainan anak yang dimiliki acapkali membawa masalah karena kamar anak menjadi sangat berantakan terlebih jika tidak ada tempat penyimpanan mainan di dalam kamar anak. Tak jarang, mainan anak pun tersebar ke ruangan lain yang membuat Anda semakin pusing dengan kekacauan ini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

Sampai saat ini, keramik lantai masih menjadi primadona di antara kelompok material pelapis lantai. Pasalnya harganya yang relatif terjangkau sepadan dengan karakternya yang anti “rewel”. Selain perawatannya yang mudah, berbagai produsen keramik lantai berlomba-lomba menciptakan inovasi keramik lantai yang kaya akan ragam tekstur, motif, dan bentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan segala fungsi ruang, khususnya dalam sebuah hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

10 Macam Modifikasi Keramik Batu Alam dalam Desain Interior

Stoneware Tiles atau keramik dengan tampilan seperti batu alam memang menjadi salah satu permata dalam desain interior modern saat ini. Mengapa? Karena efek batu alam selalu dapat memberikan tampilan yang canggih dan elegan. Keramik batu alam banyak dipilih karena tampilannya yang sangat mirip dengan aslinya namun memiliki harga yang lebih terjangkau tanpa memerlukan perawatan yang spesial ataupun sulit dibanding dengan batu alam asli.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 weeks ago