Logo Bluprin Blog

15 Inspirasi Pelapis Lantai

TIPS N IDEA / 5 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 5 months ago

15 Inspirasi Pelapis Lantai

Fungsi pelapis lantai kini terus berkembang, dari sekadar penutup lantai hingga pembangun karakter ruang. Tak heran, pilihannya pun kian beragam. Seiring perkembangan zaman, pelapis lantai tak lagi hanya berfungsi sebagai wadah untuk berpijak. Pelapis lantai saat ini merupakan bagian dari desain interior dan tumbuh menjadi karakter dari ruangan.

Lantai kini sering diibaratkan sebagai suatu kanvas dari sebuah lukisan, di mana barang-barang yang diletakkan di atasnya diibaratkan menjadi lukisannya. Atas dasar pemahaman tersebut, tak heran, pelapis lantai hadir dalam bentuk yang tak sekadarnya.

Material pelapis lantai pun tersedia dalam pilihan yang sangat beragam. Mulai dari material keramik, parket, vinil, hingga batu alam dapat dijadikan pilihan untuk melapisi lantai ruangan di rumah Anda. Masing-masing material ini pun tersedia dalam berbagai pilihan model, corak, tekstur, dan bentuk yang sangat kaya. Berikut 15 inspirasi pelapis lantai dengan ragam motif yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk hunian.

 

Motif Vintage

Beberapa waktu lalu tegel dari semen menjadi tren untuk penutup lantai. Digemarinya motif vintage pada tegel, kemudian dilirik oleh produsen ubin berbahan keramik dan granite tile untuk mengeluarkan produk serupa.  Kesan vintage belakangan ini kembali diminati tak terkecuali dalam desain pelapis lantai. Banyak pemilik rumah ingin bernostalgia dengan memberi sentuhan vintage melalui pelapis lantainya.

 

Pelapis Lantai Foto: Rumah Miring ©Andyrahman Architects


Artikel Lainnya: 10 Ide Penyimpanan Barang di Rumah 

 

Pelapis Lantai Foto: Rumah Miring ©Andyrahman Architects

 

Pelapis Lantai Foto: I-House ©Andyrahman Architects

 

Parket dan Vinil

Lantai kayu selalu berhasil menciptakan kesan ruang yang lebih hangat. Ia juga fleksibel dalam berbagai gaya, dari etnik hingga kontemporer. Saat ini, banyak material penutup lantai bercorak kayu yang ada di pasaran, yaitu parket, vinil, dan tile cetak digital. Masing-masing punya kekurangan dan kelebihan yang saling melengkapi kebutuhan tiap-tiap golongan konsumen. Material ini sangat tepat apabila diaplikasikan di ruang tidur dan ruang keluarga, sebab mampu membangun suasana hangat di dalam ruangan.

 

Pelapis Lantai Foto: District 8 | 2 Bedroom ©FM Design Studio

 

Pelapis Lantai Foto: Pura Puspa Rosa Hotel ©Vhastu Purusha Mandala

 

Pelapis Lantai Foto: The Xie Apartment ©CHRYSTALLINE Architects

 

Batuan Alam

Penggunaan batu alam di rumah dapat memberikan kesan natural baik pada interior maupun eksterior. Kebanyakan lantai batu alam diaplikasikan untuk kamar mandi, teras, carport, dan taman kering. Di samping memberikan kesan natural, jenis batu alam seperti marmer dan onyx juga dapat memberikan kesan elegan dan mewah.

 

Pelapis Lantai Foto: Mr. R Private House ©GIAT

 

Pelapis Lantai Foto: Kemang Residence ©Foyer Interior & Architecture

 

Mozaik

Potongan-potongan kecil material keras berpadu membentuk pola, baik polos, berwarna ataupun bermotif. Ya, itulah mozaik, salah satu pelapis lantai yang cukup difavoritkan oleh para konsumen,Terdiri atas 3 bentuk, yaitu single pattern, combination pattern dan trims, mozaik menjadi material “nyeni” yang bisa digunakan untuk menghadirkan beragam kesan ruang.

 

Pelapis Lantai Foto: Lusin Hotel ©DDAP Architect

 

Pelapis Lantai Foto: NAKO ©Gagasreka Urban Arsitektura

 

Pelapis Lantai Foto: My Warm Day ©Metaphor Interior Architecture


Artikel Lainnya: 15 Kesalahan Saat Mendekor Rumah 

 

Pelapis Lantai Foto: Coffee Shop at Lebak Bulus ©Farrisa Achmadi


Pelapis Lantai Foto: Papajo ©Pivot Eight


Semen Ekspos

Semen ekspos pada lantai merupakan penerapan konsep unfinished, yaitu sengaja membiarkan proses pelapisan lantai tidak diselesaikan sampai tahap akhir. Meski tidak biasa, lantai semen ekspos justru akan memunculkan kesan istimewa nan natural.

 

Pelapis Lantai Foto: Tropical & Industrial House ©Moxie Creative House

 

Pelapis Lantai Foto: Jenang Bali ©SASO Architecture Studio


Itulah 15 inspirasi pelapis lantai yang bisa diterapkan agar dekorasi tampak lebih cantik. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!


Foto cover: Coffee Shop at Lebak Bulus ©Farrisa Achmadi

Artikel Lainnya: Inilah 8 Inspirasi Kolam Renang Modern Favorit untuk Rumah Anda



Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago