Logo Bluprin Blog

15 Inspirasi Pelapis Lantai

TIPS N IDEA / 7 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 7 months ago

15 Inspirasi Pelapis Lantai

Fungsi pelapis lantai kini terus berkembang, dari sekadar penutup lantai hingga pembangun karakter ruang. Tak heran, pilihannya pun kian beragam. Seiring perkembangan zaman, pelapis lantai tak lagi hanya berfungsi sebagai wadah untuk berpijak. Pelapis lantai saat ini merupakan bagian dari desain interior dan tumbuh menjadi karakter dari ruangan.

Lantai kini sering diibaratkan sebagai suatu kanvas dari sebuah lukisan, di mana barang-barang yang diletakkan di atasnya diibaratkan menjadi lukisannya. Atas dasar pemahaman tersebut, tak heran, pelapis lantai hadir dalam bentuk yang tak sekadarnya.

Material pelapis lantai pun tersedia dalam pilihan yang sangat beragam. Mulai dari material keramik, parket, vinil, hingga batu alam dapat dijadikan pilihan untuk melapisi lantai ruangan di rumah Anda. Masing-masing material ini pun tersedia dalam berbagai pilihan model, corak, tekstur, dan bentuk yang sangat kaya. Berikut 15 inspirasi pelapis lantai dengan ragam motif yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk hunian.

 

Motif Vintage

Beberapa waktu lalu tegel dari semen menjadi tren untuk penutup lantai. Digemarinya motif vintage pada tegel, kemudian dilirik oleh produsen ubin berbahan keramik dan granite tile untuk mengeluarkan produk serupa.  Kesan vintage belakangan ini kembali diminati tak terkecuali dalam desain pelapis lantai. Banyak pemilik rumah ingin bernostalgia dengan memberi sentuhan vintage melalui pelapis lantainya.

 

Pelapis Lantai Foto: Rumah Miring ©Andyrahman Architects


Artikel Lainnya: 10 Ide Penyimpanan Barang di Rumah 

 

Pelapis Lantai Foto: Rumah Miring ©Andyrahman Architects

 

Pelapis Lantai Foto: I-House ©Andyrahman Architects

 

Parket dan Vinil

Lantai kayu selalu berhasil menciptakan kesan ruang yang lebih hangat. Ia juga fleksibel dalam berbagai gaya, dari etnik hingga kontemporer. Saat ini, banyak material penutup lantai bercorak kayu yang ada di pasaran, yaitu parket, vinil, dan tile cetak digital. Masing-masing punya kekurangan dan kelebihan yang saling melengkapi kebutuhan tiap-tiap golongan konsumen. Material ini sangat tepat apabila diaplikasikan di ruang tidur dan ruang keluarga, sebab mampu membangun suasana hangat di dalam ruangan.

 

Pelapis Lantai Foto: District 8 | 2 Bedroom ©FM Design Studio

 

Pelapis Lantai Foto: Pura Puspa Rosa Hotel ©Vhastu Purusha Mandala

 

Pelapis Lantai Foto: The Xie Apartment ©CHRYSTALLINE Architects

 

Batuan Alam

Penggunaan batu alam di rumah dapat memberikan kesan natural baik pada interior maupun eksterior. Kebanyakan lantai batu alam diaplikasikan untuk kamar mandi, teras, carport, dan taman kering. Di samping memberikan kesan natural, jenis batu alam seperti marmer dan onyx juga dapat memberikan kesan elegan dan mewah.

 

Pelapis Lantai Foto: Mr. R Private House ©GIAT

 

Pelapis Lantai Foto: Kemang Residence ©Foyer Interior & Architecture

 

Mozaik

Potongan-potongan kecil material keras berpadu membentuk pola, baik polos, berwarna ataupun bermotif. Ya, itulah mozaik, salah satu pelapis lantai yang cukup difavoritkan oleh para konsumen,Terdiri atas 3 bentuk, yaitu single pattern, combination pattern dan trims, mozaik menjadi material “nyeni” yang bisa digunakan untuk menghadirkan beragam kesan ruang.

 

Pelapis Lantai Foto: Lusin Hotel ©DDAP Architect

 

Pelapis Lantai Foto: NAKO ©Gagasreka Urban Arsitektura

 

Pelapis Lantai Foto: My Warm Day ©Metaphor Interior Architecture


Artikel Lainnya: 15 Kesalahan Saat Mendekor Rumah 

 

Pelapis Lantai Foto: Coffee Shop at Lebak Bulus ©Farrisa Achmadi


Pelapis Lantai Foto: Papajo ©Pivot Eight


Semen Ekspos

Semen ekspos pada lantai merupakan penerapan konsep unfinished, yaitu sengaja membiarkan proses pelapisan lantai tidak diselesaikan sampai tahap akhir. Meski tidak biasa, lantai semen ekspos justru akan memunculkan kesan istimewa nan natural.

 

Pelapis Lantai Foto: Tropical & Industrial House ©Moxie Creative House

 

Pelapis Lantai Foto: Jenang Bali ©SASO Architecture Studio


Itulah 15 inspirasi pelapis lantai yang bisa diterapkan agar dekorasi tampak lebih cantik. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!


Foto cover: Coffee Shop at Lebak Bulus ©Farrisa Achmadi

Artikel Lainnya: Inilah 8 Inspirasi Kolam Renang Modern Favorit untuk Rumah Anda



Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago