Logo Bluprin Blog

15 Inspirasi Ruang Bergaya Skandinavia Design

TIPS N IDEA / 6 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 6 months ago

15 Inspirasi Ruang Bergaya Skandinavia Design

Dalam kurung waktu dua tahun terakhir, gaya Skandinavia begitu populer di dunia desain interior. Penataannya yang terkenal simpel, clean, serta fungsional membuat banyak penghuni jatuh hati dan mengadopsi gaya ini ke dalam huniannya.

Gaya Skandinavia design juga identik dengan kesederhanaan dan kepraktisan. Penggunaan gaya Skandinavia yang kuat warna putihnya, dapat membuat ruang di rumah terlihat lebih luas, sangat simpel dan tak banyak hiasan yang membuat lelah mata. Hanya ada dua atau tiga lukisan di dinding dan beberapa tanaman dalam ruang, berhasil menambah kecantikan di ruang bergaya Skandinavia.

Konsep sederhana khas Skandinavia juga bisa diterjemahkan dalam pemilihan furnitur yang memiliki clean and simple lines. Hal lain yang menjadi ciri khas Skandinavia adalah banyaknya jendela atau bukaan besar. Adanya bukaan besar juga membuat rumah memiliki pencahayaan alami dan kesan natural.  Berikut 15 inspirasi ruang bergaya Skandinavia yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam menata ruang. 
INSPIRASI 1 

Skandinavia Design
Scandinavian Studio Apartment ©7Design Architect

Gaya Skandinavia cocok diterapkan di kamar tidur utama. Dominasi warna putih mampu membuat tenang kala istirahat di ruang tersebut.

INSPIRASI 2 

Skandinavia Design
Scandinavian Kalibata ©Interiores 

Penggunaan furnitur berkaki ramping bisa memberi efek luas pada ruang makan.

INSPIRASI 3

Skandinavia Design
Scandinavian Kalibata ©Interiores 

Gaya Skandinavia menjadi sebuah konsep yang sangat tepat diaplikasikan di ruangan dengan ukuran terbatas, misalnya dapur mungil ini. Karena tidak banyak warna yang diaplikasikan, dapur tidak terkesan sesak dan penuh. 

INSPIRASI 4

Skandinavia Design
Lavande Residence ©Vindo Design

Tidak banyak dekorasi yang dihadirkan dari gaya khas Skandinavia. Pada ruang ini, dinding hanya didekorasi beberapa pajangan saja.

INSPIRASI 5 

Skandinavia Design
Scandinavian House ©La.casa Interior

Gaya ini juga identik dengan mengekspos bukaan-bukaan lebar. Misalnya pada kamar tidur ini, jendela besar dihadirkan untuk memasukkan sinar matahari ke dalam ruang.

INSPIRASI 6

Skandinavia Design
Lavande Residence ©Vindo Design

Unsur kayu juga biasanya dihadirkan pada gaya khas Skandinavia. Tidak terlalu banyak, hanya pada penggunaan furnitur saja.

INSPIRASI 7

Skandinavia Design
Andi House ©Home by Fabelio

Warna kuning hanya diaplikasikan di salah satu dinding saja sebagai focal point. Furniturnya pun didominasi oleh furnitur berkaki ramping. 

INSPIRASI 8 

Skandinavia Design

PB House ©DFORM

Unsur tanaman juga banyak dihadirkan ke dalam ruang. Memasukkan pot-pot tanaman ke dalam ruang adalah salah satu cara agar suasana ruang luar dapat selalu dinikmati di dalam rumah.

INSPIRASI 9

Skandinavia Design Scandinavian House ©La.casa Interior

Desain interior bergaya Skandinavia design banyak menggunakan warna-warna natural yang terinspirasi dari alam sekitar. Misalnya penggunaan parket pada lantai atau vinyl bermotif kayu.

INSPIRASI 10 

Skandinavia Design
Scandinavian House ©La.casa Interior

Banyak cushion yang digunakan di atas sofa untuk menambah kenyamanan. Dari sisi penyimpanan, biasanya digunakan furnitur terbuka atau open storage.

INSPIRASI 11

Skandinavia Design
Scandinavian Pejaten ©Interiores

Tidak banyak furnitur yang dihadirkan pada kamar tidur ini. Hal ini bisa membuat kamar bergaya Skandinavia ini tampak lebih lapang.

INSPIRASI 12

Skandinavia Design
W Hose [Interior] ©JR Design Architects

Tidak banyak furnitur yang dihadirkan pada kamar tidur ini. Hal ini bisa membuat kamar bergaya Skandinavia ini tampak lebih lapang. 

INSPIRASI 13

Skandinavia Design
Scandinavian Home Office ©Niaga Art Interior Design

Salah satu ciri dari gaya Skandinavia ialah pemanfaatan ruang yang digunakan semaksimal mungkin. Misalnya area bawah tangga yang dimanfaatkan sebagai ruang kerja dan penggunaan storage sebagai ruang penyimpanan. 

INSPIRASI 14

Skandinavia Design

The Loji in PatraKuningan ©W Office
Bukaan yang besar juga bisa memberikan efek terang yang alami di dalam kamar tidur.

INSPIRASI 15

Skandinavia Design
Scandinavian Studio Apartment ©7Design Architect

Penggunaan ambalan di dinding dapat Anda lakukan untuk menambah ruang-ruang penyimpanan. 

Dengan menerapkan 7 inspirasi di atas, Anda pastinya sudah mempunyai beberapa gambaran untuk menata ruang bergaya skandinavia design di hunian Anda. Untuk penataan dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan arsitek rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi dapur dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba!



Foto cover: W Hose [Interior] ©JR Design Architects


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago