Logo Bluprin Blog

15 Inspirasi Ruang Bergaya Skandinavia Design

TIPS N IDEA / 9 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 9 months ago

15 Inspirasi Ruang Bergaya Skandinavia Design

Dalam kurung waktu dua tahun terakhir, gaya Skandinavia begitu populer di dunia desain interior. Penataannya yang terkenal simpel, clean, serta fungsional membuat banyak penghuni jatuh hati dan mengadopsi gaya ini ke dalam huniannya.

Gaya Skandinavia design juga identik dengan kesederhanaan dan kepraktisan. Penggunaan gaya Skandinavia yang kuat warna putihnya, dapat membuat ruang di rumah terlihat lebih luas, sangat simpel dan tak banyak hiasan yang membuat lelah mata. Hanya ada dua atau tiga lukisan di dinding dan beberapa tanaman dalam ruang, berhasil menambah kecantikan di ruang bergaya Skandinavia.

Konsep sederhana khas Skandinavia juga bisa diterjemahkan dalam pemilihan furnitur yang memiliki clean and simple lines. Hal lain yang menjadi ciri khas Skandinavia adalah banyaknya jendela atau bukaan besar. Adanya bukaan besar juga membuat rumah memiliki pencahayaan alami dan kesan natural.  Berikut 15 inspirasi ruang bergaya Skandinavia yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam menata ruang. 
INSPIRASI 1 

Skandinavia Design
Scandinavian Studio Apartment ©7Design Architect

Gaya Skandinavia cocok diterapkan di kamar tidur utama. Dominasi warna putih mampu membuat tenang kala istirahat di ruang tersebut.

INSPIRASI 2 

Skandinavia Design
Scandinavian Kalibata ©Interiores 

Penggunaan furnitur berkaki ramping bisa memberi efek luas pada ruang makan.

INSPIRASI 3

Skandinavia Design
Scandinavian Kalibata ©Interiores 

Gaya Skandinavia menjadi sebuah konsep yang sangat tepat diaplikasikan di ruangan dengan ukuran terbatas, misalnya dapur mungil ini. Karena tidak banyak warna yang diaplikasikan, dapur tidak terkesan sesak dan penuh. 

INSPIRASI 4

Skandinavia Design
Lavande Residence ©Vindo Design

Tidak banyak dekorasi yang dihadirkan dari gaya khas Skandinavia. Pada ruang ini, dinding hanya didekorasi beberapa pajangan saja.

INSPIRASI 5 

Skandinavia Design
Scandinavian House ©La.casa Interior

Gaya ini juga identik dengan mengekspos bukaan-bukaan lebar. Misalnya pada kamar tidur ini, jendela besar dihadirkan untuk memasukkan sinar matahari ke dalam ruang.

INSPIRASI 6

Skandinavia Design
Lavande Residence ©Vindo Design

Unsur kayu juga biasanya dihadirkan pada gaya khas Skandinavia. Tidak terlalu banyak, hanya pada penggunaan furnitur saja.

INSPIRASI 7

Skandinavia Design
Andi House ©Home by Fabelio

Warna kuning hanya diaplikasikan di salah satu dinding saja sebagai focal point. Furniturnya pun didominasi oleh furnitur berkaki ramping. 

INSPIRASI 8 

Skandinavia Design

PB House ©DFORM

Unsur tanaman juga banyak dihadirkan ke dalam ruang. Memasukkan pot-pot tanaman ke dalam ruang adalah salah satu cara agar suasana ruang luar dapat selalu dinikmati di dalam rumah.

INSPIRASI 9

Skandinavia Design Scandinavian House ©La.casa Interior

Desain interior bergaya Skandinavia design banyak menggunakan warna-warna natural yang terinspirasi dari alam sekitar. Misalnya penggunaan parket pada lantai atau vinyl bermotif kayu.

INSPIRASI 10 

Skandinavia Design
Scandinavian House ©La.casa Interior

Banyak cushion yang digunakan di atas sofa untuk menambah kenyamanan. Dari sisi penyimpanan, biasanya digunakan furnitur terbuka atau open storage.

INSPIRASI 11

Skandinavia Design
Scandinavian Pejaten ©Interiores

Tidak banyak furnitur yang dihadirkan pada kamar tidur ini. Hal ini bisa membuat kamar bergaya Skandinavia ini tampak lebih lapang.

INSPIRASI 12

Skandinavia Design
W Hose [Interior] ©JR Design Architects

Tidak banyak furnitur yang dihadirkan pada kamar tidur ini. Hal ini bisa membuat kamar bergaya Skandinavia ini tampak lebih lapang. 

INSPIRASI 13

Skandinavia Design
Scandinavian Home Office ©Niaga Art Interior Design

Salah satu ciri dari gaya Skandinavia ialah pemanfaatan ruang yang digunakan semaksimal mungkin. Misalnya area bawah tangga yang dimanfaatkan sebagai ruang kerja dan penggunaan storage sebagai ruang penyimpanan. 

INSPIRASI 14

Skandinavia Design

The Loji in PatraKuningan ©W Office
Bukaan yang besar juga bisa memberikan efek terang yang alami di dalam kamar tidur.

INSPIRASI 15

Skandinavia Design
Scandinavian Studio Apartment ©7Design Architect

Penggunaan ambalan di dinding dapat Anda lakukan untuk menambah ruang-ruang penyimpanan. 

Dengan menerapkan 7 inspirasi di atas, Anda pastinya sudah mempunyai beberapa gambaran untuk menata ruang bergaya skandinavia design di hunian Anda. Untuk penataan dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan arsitek rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi dapur dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba!



Foto cover: W Hose [Interior] ©JR Design Architects


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago