Logo Bluprin Blog

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Gazebo

TIPS N IDEA / 3 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 3 months ago

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Gazebo

Duduk bersantai di outdoor, sembari menikmati pemandangan taman rumah yang asri, mungkin hal ini merupakan salah satu mimpi Anda ketika memiliki rumah. Ya, otomatis, pikiran Anda pun akan terbesit pada keinginan untuk membangun gazebo.

Namun, membuat gazebo bukanlah perihal yang mudah dan murah. Pasalnya, pembangunan mencakup pemasangan dan harga material gazebo memakan biaya yang relatif besar. Belum lagi, lahan yang Anda butuhkan pun harus mencukupi. Plus, Anda tak boleh melupakan perawatannya, setelah gazebo tersebut rampung dibangun. Salah sedikit saja, maka pembangunan dengan biaya besar tadi akan terasa sia-sia. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membangun gazebo di hunian Anda, pastikan agar Anda memperhatikan 5 hal penting berikut.


1. Ukuran Ideal

Foto: Springs House ©Jettaliving

Artikel Lainnya: Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Terasa Adem 

Sesuaikan ukuran gazebo yang akan Anda bangun dengan daya tampung yang Anda inginkan. Minimal, Anda memperhitungkan jumlah anggota keluarga Anda. Jangan sampai Anda terlalu kecil ataupun terlalu besar membuatnya, karena akan terasa mubazir. Selain itu, pastikan agar gazebo tersebut maksimal berukuran 1/5 dari luas pekarangan atau area terbuka di rumah Anda. Pastikan agar penyerapan air tetap bisa terjadi, meskipun Anda membuat gazebo.

2. Konsep Desain

Ketika Anda akan membuat gazebo, hal pertama yang akan menyulitkan Anda adalah konsep desain dari gazebo tersebut. Pasalnya, seperti sebuah rumah, model gazebo pun cukup bervariasi, mulai dari gazebo tradisional yang memakai material alam, gazebo klasik seperti yang biasa dilihat di rumah-rumah Eropa hingga gazebo modern. Sesuaikan model gazebo tersebut dengan karakter taman, rumah, serta kebutuhan Anda.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

©Weatherables

Satu hal yang harus Anda perhatikan, biaya untuk pembangunan gazebo tidaklah murah. Biaya tukang, pembelian material, dan pembuatannya, tentulah akan cukup menguras kocek Anda. Terlebih lagi dari sisi perawatannya, mengingat gazebo merupakan elemen eksterior, yang membutuhkan perawatan ekstra dan rutin. Oleh karena itu, sesuaikan kondisi keuangan Anda dengan keinginan Anda membuat gazebo.

Artikel Lainnya: 6 Cara Percantik Lantai Kayu

Jika masih terasa pas-pasan, Anda bisa mengganti keberadaan gazebo, dengan area duduk santai di teras rumah. Dengan aplikasi yang tepat, ruang duduk di teras pun bisa menjadi senyaman gazebo.

4. Pemilihan dan Penempatan Tanaman

©Gabriel Claudia

Tentunya, gazebo dan taman Anda merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Kesalahan pemilihan tanaman yang “menghuni” taman Anda, bisa mengakibatkan kenyamanan Anda untuk bersantai di gazebo kelak terganggu. Pilihlah tanaman berukuran pendek dan kecil untuk diletakkan di dekat gazebo. Hindari peletakan pohon besar, mengingat hal tersebut akan menghalangi pemandangan dari dalam gazebo. Tanaman gantung yang dapat menyaring panasnya matahari bisa jadi pilihan Anda.

5. Posisi itu Penting

Foto: West Pakuwon Home ©Vika Architects

Pertanyaan selanjutnya, di manakah seharusnya sebuah gazebo diletakkan? Jawabannya bisa bermacam-macam, tergantung kondisi lokasi yang Anda miliki. Anda bisa membuat gazebo di tengah-tengah pekarangan rumah, agar pemandangan dari seisi taman bisa Anda lihat dari segala sudut. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan ruang-ruang “mati” di pekarangan rumah Anda untuk dijadikan gazebo yang agak menyudut dan menempel ke tembok.

Itulah lima hal yang harus diperhatikan sebelum menaplikasikan gazebo di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Artikel Lainnya: 5 Trik Pemisah Antar Ruang Selain dengan Dinding


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 hour ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago