Logo Bluprin Blog

5 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern untuk Anda

TIPS N IDEA / 10 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 10 months ago

5 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern untuk Anda

Tentunya Anda sudah familiar dengan sebutan rumah minimalis, bukan? Rumah minimalis adalah suatu gaya arsitektur yang sedang menjadi trend di metropolitan ini. Hal ini dkarenakan selain memiliki bentuk yang indah, juga mudah untuk dihias, mulai dari pembuatan pagar bata ekspos, hingga dalam desain interiornya. Dengan ukuran tempat yang kecil dan area bangunan kecil yang terlihat tidak ada artinya tapi bisa tampil modern. Bahkan dengan desain yang simpel juga bisa terus menghadirkan kesan elegan. Untuk menambah jumlah ruangan bisa dilakukan dengan membangun rumah minimalis 2 lantai, hal ini untuk menghemat biaya. Berikut merupakan beberapa inspirasi rumah minimalis yang dapat dijadikan referensi untuk rumah idaman Anda.


1. Rumah Minimalis Putih


Foto: Pemilihan warna putih di living room menekankan kesan yang luas


Mempunyai rumah berukuran sempit pasti membuat sang pemilik harus beruputar otak untuk membuat suasana rumah yang luas dan menyenangkan. Bagaimana memilih warna agar rumah terlihat elegan serta modern. Pemilihan warna putih pada rumah minimalis merupakan hal yang sangat tepat karena kesan luas dan elegan dapat terpancar melalui warna tersebut. Warna putih juga menambahkan kesan bersih apabila diterapkan di interior rumah.


2. Rumah Minimalis Tropis


Foto: Kesan tropis tetap terlihat dari batu bata yang di ekspose di fasad bangunan ini


Indonesia merupakan negara beriklim tropis, iklim atau cuaca dapat mempengaruhi keawetan dan kecantikan eksterior rumah Anda. Salah satu ciri rumah tropis yaitu beratap genteng bubungan tinggi yang melindungi dari panas dan hujan yang menerpa serta adanya material bercorak seperti batu bata ekspose. Rumah bata memang terkesan biasa pada umumnya akan tetapi tidak begitu jika disempurnakan dengan batu bata yang di desain sedemikian rupa, bisa jadi ini akan menghasilkan produk yang luar biasa. Keunggulan rumah bata ekspose yaitu di samping memberi kesan unik dan tradisional juga sangat pas untuk rumah minimalis. Hal ini disebabkan bata ekspose mudah di desain seindah mungkin. Jika Anda memilih membangun rumah yang memakai batu bata, Anda akan memiliki rumah yang intensitas warnanya tidak sama dengan rumah pada umumnya. 


3. Rumah Minimalis Metal


Foto: Metal yang dipadu padankan dengan dinding putih polos memberi kesan simple tapi elegan 


Tidak perlu membuat tampilan rumah minimalis dengan ornament yang rumit, dengan hal yang sangat simpel pun rumah minimalis bisa memberikan kesan yang apik. Mulai dari dinding bata yang dibiarkan polos dan dicat putihs, kaca pada setiap sisinya, beton yang di ekspose hingga metal bewarna hitam menjadi komposisi yang harmonis dan menyatu. Adanya kolam renang di tengah-tengah serta vegetasi yang dibiarkan tumbuh ke atas terlihat rumah minimalis ini tetap memperhatikan unsur-unsur nature.


4. Rumah Minimalis Kaca


Foto: Adanya aksen kaca membuat view dari rumah menjadi luas dan terlihat segar


Saat mendengar kata kaca, yang terlintas di pikiran kita adalah kesan ekstrovert dari rumah minimalis yang membuka view ke arah luarnya. Model rumah kaca sekarang mulai banyak digemari, mulai dari sebagian sisi saja ataupun menggunakan kaca untuk seluruh bagian rumah. Dengan adanya aksen kaca membuat tampilan rumah menjadi minimalis dan modern. Apalagi penggunaan kaca mempunyai kelebihan yaitu adanya pencahayaan alami yang baik dapat menghemat penggunaan lampu pada siang hari tentunya hal tersebut dapat menurunkan biaya pengeluaran. Tetapi untuk membangun konsep rumah kaca ini tentunya diperlukan pengalaman dan perencanaan pembangunan yang matang agar membuat rumah menjadi kokoh.


5. Rumah Minimalis Batu


Foto: Penambahan aksen batu pada teras ini ditujukan unttuk mendapatkan kesan yang segar pada rumah minimalis


Bagian yang tampak dari fasad sebuah bangunan adalah teras. Pada fasad rumah minimalis banyak terdapat batu alam, adannya batu alam membuat rumah minimalis yang terkesan modern masih terlihat asri dan natural. Dalam pemakainnya batu alam ada yang digunakan hanya sebagian hanya sekedar hiasan pada rumah, namun ada juga rumah yang hampir seluruh dinding menggunakan unsur batu alam. Kebutuhan akan batu alam tergantung pada model rumah yang akan dibangun, jika batu alam dijadikan komponen pendukung maka hanya digunakan sekedarnya, dan jika digunakan sebagai komponen utama maka biasanya rumah akan menggunakan batu alamyang cukup banyak. 



Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago