Logo Bluprin Blog

5 Jenis Pelapis Dinding Rumah

TIPS N IDEA / 3 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 3 months ago

5 Jenis Pelapis Dinding Rumah

Estetika sebuah hunian dapat diperkuat oleh detail-detail dekoratif. Dinding sebagai area paling luas di rumah menjadi titik yang tepat untuk diberikan detail, salah satunya lewat permainan pelapis dinding. Umumnya, cat digunakan untuk melapisi dinding agar tampilannya lebih berwarna dan dapat mempercantik visual ruang. Namun, pelapis dinding tak hanya cat saja. Ada banyak pelapis lain yang bisa menjadi alternatif Anda bila sudah bosan dengan tampilan polos pada rumah.

Anda bisa melapisi dinding dengan potongan kayu agar suasananya lebih hangat atau bisa melapisinya dengan kaca agar ruangan lebih luas. Masih ada pelapis lainnya yang memiliki fungsi masing-masing. Kenali kelima pelapis-nya, cari tahu fungsinya, dan sesuaikan dengan kebutuhan hunian Anda.

1. Keramik

Jenis Pelapis Dinding Foto: Rumah Bahasa ©Lewin Nuramin Widjaja

Artikel Lainnya: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Gazebo

Jika Anda menyukai tampilan yang clean, maka Anda bisa mencoba pelapis dinding dari keramik. Pasalnya, keramik memiliki sifat yang licin sehingga mudah dibersihkan. Motif dan warnanya pun beragam sehingga dapat disesesuaikan dengan gaya hunian Anda. Namun, untuk pemasangannya tidaklah mudah. Anda perlu memanggil tukang ahli karena keramik perlu dipotong menggunakan alat untuk menyesuaikan bentuk dan ukuran pada dinding yang akan ditutupi.

2. Granit

Jenis Pelapis Dinding Foto: Residential Design and Renovation ©10x10 Design 

Granit merupakan pelapis dinding yang dapat memancarkan kesan mewah di hunian. Lantaran, granit memiliki ukuran yang besar, tekstur yang halus dan motif yang mewah. Di balik itu, granit memiliki sifat yang keras. Ia sulit untuk dipotong atau dibentuk karena memiliki ketebalan hingga 2 cm. 

3. Parket Kayu

Jenis Pelapis Dinding Foto: Residential Design and Renovation ©10x10 Design 

Artikel Lainnya: Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Terasa Adem 

Jenis pelapis dinding lain yang bisa Anda gunakan adalah parket. Parket merupakan potongan papan kayu yang bisa ditempel di dinding. Kehadiran parket kayu pada rumah dapat membuat suasana ruang terasa lebih hangat dan intim. Material ini pun tak hanya bisa diaplikasikan di dinding, tetapi juga bisa untuk lantai.

4. Kaca Cermin

Jenis Pelapis Dinding Foto: Ubud Resort Villas ©KHOMA Studio

Untuk menyiasati ruanga kecil memang paling ampuh menggunakan kaca. Karena kaca dapat membuat kesan ruang lebih luas dari ukuran sebenaranya. Jika rumah Anda demikian, maka jangan ragu untuk pasang lembaran kaca cermin di salah satu bidang dinding. Namun, menggingat kaca rentan pecah, maka sebaiknya Anda gunakan kaca yang kuat terhadap benturan misalnya jenis kaca tempered.

5. Motif Tegel

Jenis Pelapis Dinding Foto: Gandaria Height Apartment ©MIVEWORKS

Tegel sudah dikenal sebagai pelapis dinding dan lantai dengan motifnya yang khas. Rumah yang menggunakan pelapis ini menjadi tampak tak biasa. Lebih semarak dengan motifnya yang bergaya klasik. Sekarang ini, sudah tidak sulit lagi bila Anda ingin memberikan motif tegel ke dalam rumah. Pasalnya, sudah banyak produsen keramik yang mengeluarkan motif tegel di produk-produk terbarunya. 

Itulah lima jenis pelapis dinding yang bisa diaplikasikan di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: RS House ©Axialstudio

Artikel Lainnya: 6 Cara Percantik Lantai Kayu


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 hours ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 23 hours ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago