Logo Bluprin Blog

5 Jenis Pelapis Dinding Rumah

TIPS N IDEA / 5 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 5 months ago

5 Jenis Pelapis Dinding Rumah

Estetika sebuah hunian dapat diperkuat oleh detail-detail dekoratif. Dinding sebagai area paling luas di rumah menjadi titik yang tepat untuk diberikan detail, salah satunya lewat permainan pelapis dinding. Umumnya, cat digunakan untuk melapisi dinding agar tampilannya lebih berwarna dan dapat mempercantik visual ruang. Namun, pelapis dinding tak hanya cat saja. Ada banyak pelapis lain yang bisa menjadi alternatif Anda bila sudah bosan dengan tampilan polos pada rumah.

Anda bisa melapisi dinding dengan potongan kayu agar suasananya lebih hangat atau bisa melapisinya dengan kaca agar ruangan lebih luas. Masih ada pelapis lainnya yang memiliki fungsi masing-masing. Kenali kelima pelapis-nya, cari tahu fungsinya, dan sesuaikan dengan kebutuhan hunian Anda.

1. Keramik

Jenis Pelapis Dinding Foto: Rumah Bahasa ©Lewin Nuramin Widjaja

Artikel Lainnya: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Gazebo

Jika Anda menyukai tampilan yang clean, maka Anda bisa mencoba pelapis dinding dari keramik. Pasalnya, keramik memiliki sifat yang licin sehingga mudah dibersihkan. Motif dan warnanya pun beragam sehingga dapat disesesuaikan dengan gaya hunian Anda. Namun, untuk pemasangannya tidaklah mudah. Anda perlu memanggil tukang ahli karena keramik perlu dipotong menggunakan alat untuk menyesuaikan bentuk dan ukuran pada dinding yang akan ditutupi.

2. Granit

Jenis Pelapis Dinding Foto: Residential Design and Renovation ©10x10 Design 

Granit merupakan pelapis dinding yang dapat memancarkan kesan mewah di hunian. Lantaran, granit memiliki ukuran yang besar, tekstur yang halus dan motif yang mewah. Di balik itu, granit memiliki sifat yang keras. Ia sulit untuk dipotong atau dibentuk karena memiliki ketebalan hingga 2 cm. 

3. Parket Kayu

Jenis Pelapis Dinding Foto: Residential Design and Renovation ©10x10 Design 

Artikel Lainnya: Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Terasa Adem 

Jenis pelapis dinding lain yang bisa Anda gunakan adalah parket. Parket merupakan potongan papan kayu yang bisa ditempel di dinding. Kehadiran parket kayu pada rumah dapat membuat suasana ruang terasa lebih hangat dan intim. Material ini pun tak hanya bisa diaplikasikan di dinding, tetapi juga bisa untuk lantai.

4. Kaca Cermin

Jenis Pelapis Dinding Foto: Ubud Resort Villas ©KHOMA Studio

Untuk menyiasati ruanga kecil memang paling ampuh menggunakan kaca. Karena kaca dapat membuat kesan ruang lebih luas dari ukuran sebenaranya. Jika rumah Anda demikian, maka jangan ragu untuk pasang lembaran kaca cermin di salah satu bidang dinding. Namun, menggingat kaca rentan pecah, maka sebaiknya Anda gunakan kaca yang kuat terhadap benturan misalnya jenis kaca tempered.

5. Motif Tegel

Jenis Pelapis Dinding Foto: Gandaria Height Apartment ©MIVEWORKS

Tegel sudah dikenal sebagai pelapis dinding dan lantai dengan motifnya yang khas. Rumah yang menggunakan pelapis ini menjadi tampak tak biasa. Lebih semarak dengan motifnya yang bergaya klasik. Sekarang ini, sudah tidak sulit lagi bila Anda ingin memberikan motif tegel ke dalam rumah. Pasalnya, sudah banyak produsen keramik yang mengeluarkan motif tegel di produk-produk terbarunya. 

Itulah lima jenis pelapis dinding yang bisa diaplikasikan di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: RS House ©Axialstudio

Artikel Lainnya: 6 Cara Percantik Lantai Kayu


Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 21 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago