Logo Bluprin Blog

5 Tips Menata Ruang Tamu untuk Lebaran

TIPS N IDEA / 6 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 6 months ago

5 Tips Menata Ruang Tamu untuk Lebaran

Tak terasa, Hari Raya Lebaran sebentar lagi tiba. Menyambut hari spesial ini, orang-orang sudah mulai sibuk berbenah rumah. Rumah kembali dipoles jadi cantik demi menyambut tetangga, sahabat dan sanak saudara yang datang untuk sama-sama merayakan Hari Raya Lebaran.

Ruang tamu merupakan ruang paling krusial pasalnya di sinilah para tamu akan menghabiskan banyak waktu untuk duduk mengobrol bersama pemilik rumah. Untuk itu, sudah sepatutnya ruang tamu ditata, dipoles, dan diberi sentuhan baru demi menyambut hari spesial.

Anda bisa lakukan banyak hal agar para tamu merasa nyaman sekaligus kagum dengan tampilan ruang tamu Anda. Berikut ini, lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik ruang tamu demi menyambut Hari Raya Lebaran. 

Tentukan TemaFoto: Rumah Bapak Harris ©DesignDee

Artikel Lainnya: Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

Ini hal penting pertama yang perlu Anda lakukan yakni menentukan tema. Mengapa penting? Karena tema digunakan sebagai panduan Anda mendesain ruang tamu sehingga Anda mudah menentukan elemen-elemen apa saja yang dibutuhkan. Di hari Lebaran, tema Arabic  selalu menjadi favorit. Anda bisa menggunakan tema ini dengan memasukkan unsur warna-warna emas. Bisa juga dengan meletakkan bantal duduk ala negeri timur tengah.

Atur Tata Letak SofaFoto: S Residence ©ET Associates

Banyaknya tamu yang datang berkunjung ke rumah menjadi perhatian Anda dalam mengatur tata letak area duduk. Pastikan Anda memiliki banyak kursi atau sofa yang bisa digunakan tamu untuk duduk. Perhatikan pula peletakkannya (tidak terlalu mepet dengan kursi sebelah) agar tamu merasa nyaman.

Beri Sentuhan WarnaFoto: Hemilton ©Hendra Santoso

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mengecat rumah, maka berikan warna dengan cara yang simpel yakni pada pelapis sofa Anda. Pilihlah warna yang sesuai tema yang ingin Anda angkat dan buatlah tampak selaras.

Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis

Pajang Elemen Penarik PerhatianFoto: Regency 21 ©ET Associates

Memberikan elemen sebagai focal point penting Anda lakukan. Letakkanlah di lokasi yang mudah dilihat mata sehingga ketika tamu Anda baru saja masuk ke ruang tamu akan langsung tertuju ke elemen tersebut dan dibuat kagum olehnya. Contohya, Anda bisa letakkan karpet dengan ukuran yang cukup lebar dan memiliki motif serta warna yang dapat menarik perhatian.

Alat Saji yang LucuFoto: Penthouse in Singapore ©WOSO Studio

Tamu yang datang berkunjung tentu tidak dibiarkan begitu saja, melainkan diberi kudapan sebagai camilan makan mereka. Nah, disinilah Anda memiliki kesempatan untuk mempercantik meja ruang tamu. Keluarkan peralatan dapur Anda yang tersimpan rapi di rak penyimpanan, pilihlah yang memiliki bentuk unik, dan mulai tata dengan rapi.

Itulah 5 tips menata ruang tamu yang bisa diterapkan di Hari Lebaran di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Foto cover: Private House ©Landscope Visualization Studio

Artikel Lainnya: 15 Inspirasi Pelapis Lantai


Artikel Menarik Lainnya

Desain Teras untuk BBQ Party di Tahun Baru

Tahun baru adalah BBQ Party. So, sekarang saatnya membersihkan kembali koleksi griller yang lama tersimpan. Mencari arang terbaik, serta daging terbaik. Brisket alias sandung lamur adalah pilihan klasik, namun Anda bisa memilih daging lainnya. Dan jangan lupa perhatikan desain teras rumah Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 18 hours ago

Menelusuri Rumah Minimalis, Dari Eksterior Hingga Interior

Desain rumah minimalis memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern saat ini. Gaya hidup masyarakat kini yang serba cepat, menuntut kepraktisan dan efisiensi dalam segala aspek kesehariannya. Salah satu aspek paling mendasar bagi seseorang adalah huniannya. Rumah minimalis merupakan hunian dengan desain yang tidak rumit, elegan, bersih dan memiliki konsep meminimalisir atau mengurangi elemen-elemen dekoratif yang tidak perlu.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

Bikin Rumah Sejuk, Ini 7 Inpirasi Rumah dengan Kolam di Dalamnya

Siapapun menginginkan huniannya tampil menarik. Salah satunya ide inspirasinya bisa dengan menambahkan kolam ke dalam rumah, baik kolam untuk tanaman air, kolam ikan atau bahkan hingga yang termahal yakni kolam renang. Bila biasanya kolam-kolam ini berada di area luar rumah, maka sekarang idenya memasukkan ke area interior hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

8 Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

Sejak dulu, pagar memang dikenali sebagai salah satu elemen “penjaga” rumah. Tak hanya untuk menjaga keamanan dari luar rumah, pagar pun berfungsi sebagai sosok pengaman dari dalam hunian, khususnya bila sang empunya rumah memiliki anak balita yang sering luput dari pengawasan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago