Logo Bluprin Blog

5 Tips Menata Ruang Tamu untuk Lebaran

TIPS N IDEA / 4 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 4 months ago

5 Tips Menata Ruang Tamu untuk Lebaran

Tak terasa, Hari Raya Lebaran sebentar lagi tiba. Menyambut hari spesial ini, orang-orang sudah mulai sibuk berbenah rumah. Rumah kembali dipoles jadi cantik demi menyambut tetangga, sahabat dan sanak saudara yang datang untuk sama-sama merayakan Hari Raya Lebaran.

Ruang tamu merupakan ruang paling krusial pasalnya di sinilah para tamu akan menghabiskan banyak waktu untuk duduk mengobrol bersama pemilik rumah. Untuk itu, sudah sepatutnya ruang tamu ditata, dipoles, dan diberi sentuhan baru demi menyambut hari spesial.

Anda bisa lakukan banyak hal agar para tamu merasa nyaman sekaligus kagum dengan tampilan ruang tamu Anda. Berikut ini, lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik ruang tamu demi menyambut Hari Raya Lebaran. 

Tentukan TemaFoto: Rumah Bapak Harris ©DesignDee

Artikel Lainnya: Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

Ini hal penting pertama yang perlu Anda lakukan yakni menentukan tema. Mengapa penting? Karena tema digunakan sebagai panduan Anda mendesain ruang tamu sehingga Anda mudah menentukan elemen-elemen apa saja yang dibutuhkan. Di hari Lebaran, tema Arabic  selalu menjadi favorit. Anda bisa menggunakan tema ini dengan memasukkan unsur warna-warna emas. Bisa juga dengan meletakkan bantal duduk ala negeri timur tengah.

Atur Tata Letak SofaFoto: S Residence ©ET Associates

Banyaknya tamu yang datang berkunjung ke rumah menjadi perhatian Anda dalam mengatur tata letak area duduk. Pastikan Anda memiliki banyak kursi atau sofa yang bisa digunakan tamu untuk duduk. Perhatikan pula peletakkannya (tidak terlalu mepet dengan kursi sebelah) agar tamu merasa nyaman.

Beri Sentuhan WarnaFoto: Hemilton ©Hendra Santoso

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mengecat rumah, maka berikan warna dengan cara yang simpel yakni pada pelapis sofa Anda. Pilihlah warna yang sesuai tema yang ingin Anda angkat dan buatlah tampak selaras.

Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis

Pajang Elemen Penarik PerhatianFoto: Regency 21 ©ET Associates

Memberikan elemen sebagai focal point penting Anda lakukan. Letakkanlah di lokasi yang mudah dilihat mata sehingga ketika tamu Anda baru saja masuk ke ruang tamu akan langsung tertuju ke elemen tersebut dan dibuat kagum olehnya. Contohya, Anda bisa letakkan karpet dengan ukuran yang cukup lebar dan memiliki motif serta warna yang dapat menarik perhatian.

Alat Saji yang LucuFoto: Penthouse in Singapore ©WOSO Studio

Tamu yang datang berkunjung tentu tidak dibiarkan begitu saja, melainkan diberi kudapan sebagai camilan makan mereka. Nah, disinilah Anda memiliki kesempatan untuk mempercantik meja ruang tamu. Keluarkan peralatan dapur Anda yang tersimpan rapi di rak penyimpanan, pilihlah yang memiliki bentuk unik, dan mulai tata dengan rapi.

Itulah 5 tips menata ruang tamu yang bisa diterapkan di Hari Lebaran di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Foto cover: Private House ©Landscope Visualization Studio

Artikel Lainnya: 15 Inspirasi Pelapis Lantai


Artikel Menarik Lainnya

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

Membangun kembali sarana dan prasarana pasca bencana sangat penting sebagai upaya pemulihan kehidupan masyarakat di Lombok. Shera dan Fakultas Teknik UI mendukung inisiasi sekolah tanggap bencana.

Sponsored Article

Ragam Fungsi dan Estetika Desain Eksterior yang Menarik Hati

“Architecture is a visual art, and the buildings speak for themselves.”  Sebuah kutipan dari seorang arsitek Amerika, Julia Morgan. Desain yang baik adalah desain yang berbicara tanpa perlu banyak penjelasan dan intepretasi. Dalam arsitektur, desain eksterior merupakan hal yang krusial. Mengapa? Karena merupakan tampilan terluar yang representatif bagi hunian ataupun kantor tempat Anda bekerja. Hal pertama yang dilihat bagi siapapun yang datang atau melihat sebuah bangunan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

10 Inspirasi Fasad Rumah Sejuk untuk 2019

Fasad (facade) pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, fasad bisa berarti bagian muka bangunan samping, belakang, atau depan. Walau begitu, seiring dengan perkembangan waktu, fasad lebih sering diartikan sebagai bagian depan dari sebuah bangunan. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

10 Inspirasi Penyimpanan Mainan Anak di Rumah

Tak dipungkiri bahwa anak-anak memang identik dengan mainan. Kebanyakan orang tua juga senang membeli mainan anak yang disuka oleh si kecil. Namun, banyaknya mainan anak yang dimiliki acapkali membawa masalah karena kamar anak menjadi sangat berantakan terlebih jika tidak ada tempat penyimpanan mainan di dalam kamar anak. Tak jarang, mainan anak pun tersebar ke ruangan lain yang membuat Anda semakin pusing dengan kekacauan ini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

Sampai saat ini, keramik lantai masih menjadi primadona di antara kelompok material pelapis lantai. Pasalnya harganya yang relatif terjangkau sepadan dengan karakternya yang anti “rewel”. Selain perawatannya yang mudah, berbagai produsen keramik lantai berlomba-lomba menciptakan inovasi keramik lantai yang kaya akan ragam tekstur, motif, dan bentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan segala fungsi ruang, khususnya dalam sebuah hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago