Logo Bluprin Blog

6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang

TIPS N IDEA / 3 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 3 months ago

6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang

Banyak sekali konsep desain yang bisa diterapkan di rumah. Dari sekian banyak gaya, gaya rumah Jepang cukup menarik perhatian banyak pemilik rumah. Hal ini karena keunggulannya dalam menerapkan konsep simpel dan minimalis secara pas. Masyarakat Jepang memang terkenal dengan gaya hidupnya yang minimalis dan ini menular hingga ke konsep rumah mereka.

Selain minimalis, gaya rumah Jepang juga sangat bersinggungan dengan alam. Alam dipercaya dapat membawa kedamaian dan ketenangan di rumah mereka. Apa lagi yang menjadi ciri khas dari rumah gaya Jepang? Tengok di bawah ini keenam ciri khas tersebut dan jangan takut untuk menerapkannya ke dalam rumah Anda.

Material Kayu atau Bambu

Rumah Bergaya JepangFoto: Haliman Residence ©HelloEmbryo

Penggunaan material dari kayu atau bambu menjadi cara utama untuk menghadirkan rumah gaya Jepang. Pasalnya, budaya Jepang memang dikenal selalu menggunakan elemen kayu di seluruh rumah mereka, baik pada lantai maupun plafon serta mulai dari interior sampai eksterior. Jika Anda masih pemula, mungkin bisa mulai dari lantainya dulu saja. Anda bisa pasang lantai kayu di ruang-ruang yang menurut Anda paling bisa menonjolkan kesan rumah Jepang.

Artikel Lainnya: Marmer, Si Cantik Pemanis Rumah Anda: Jenis dan Plus Minusnya!

Beranda Luas

Rumah Bergaya JepangFoto: The Nest ©Sa+u Arsitek

Senang menikmati alam luar membuat orang membangun rumahnya dengan beranda yang cukup luas. Jika di Jepang disebutkan dengan engawa -- area untuk duduk bersantai yang menjadi pembatas antara ruang dalam dan luar. Selain sebagai area bersantai duduk-duduk, adanya beranda atau engawa ini juga memiliki fungsi menyalurkan cahaya matahari dan udara ke dalam rumah.

Menghadirkan Taman

Rumah Bergaya JepangFoto: I-House ©Andyrahman Architect

Jangan pernah lupa dengan tanaman hijau bila Anda menerapkan konsep rumah Jepang. Anda bisa buat taman di dalam rumah dengan memasukkan tanaman tradisional Jepang seperti bonsai dan bambu. Kedua tanaman ini tidaklah wajib. Anda tetap dapat menanam tanaman lain. Apapun tanamannya, tetaplah pertahankan prinsip hijau, alami, dan sederhana. 

Pintu Geser

Rumah Bergaya JepangFoto: T(h)ree House ©Andyrahman Architect

Rumah Jepang itu minim dengan pintu model tarik. Ciri khas mereka adalah pintu geser yang disebut dengan Shoji. Ciri khas dari rumah Jepang ini bisa sekali Anda coba bila Anda memiliki rumah mungil. Pasalnya, desainnya yang digeser dapat membuat ruang sempit tidak terasa sesak. Jika pintu geser Jepang ini terbuat dari kertas tembus pandang yang terpasang dalam bingkai kayu, maka Anda bisa buat versi modern dengan menggunakan kaca yang dipasang pada grid kayu.

Artikel Lainnya: Cara Tepat Memilih Karpet

Furnitur Minimalis

Rumah Bergaya JepangFoto: NM House ©Studio Go

Gaya hidup minimalis sangat menggambarkan kehidupan di negeri sakura, Jepang. Bahkan, banyak pakar hidup minimalis yang lahir di negara tersebut salah satunya Marie Kondo. Marie Kondo terkenal dengan pemikirannya bahwa setiap rumah hanya menyimpan barang yang memang dipakai saja. Untuk itu, furnitur penyimpanan yang digunakan pun yang menampilkan konsep simpel dan minimalis.

Warna Alam

Rumah Bergaya JepangFoto: Inset House ©Delution Design

Identik lain dari rumah Jepang adalah penggunaan warna-nya yang lebih ke arah warna alam. Warna alam yang dimaksud adalah warna cokelat dari material kayu, warna abu-abu batu alam dan tak lupa warna hijau melalui tanaman hias alami. 

Itulah enam cara yang bisa dijadikan inspirasi untuk menampilkan sentuhan rumah bergaya Jepang. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: The Nest ©Sa+u Arsitek

Artikel Lainnya: 4 Cara Menggunakan Tanaman untuk Mereduksi Panas di Rumah


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago