Logo Bluprin Blog

6 Cara Percantik Lantai Kayu

TIPS N IDEA / 2 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 2 months ago

6 Cara Percantik Lantai Kayu

Ada banyak material yang bisa digunakan sebagai pelapis pada lantai, salah satunya material kayu. Sekarang ini, sudah banyak pemilik rumah yang menerapkan material kayu sebagai pelapis lantai. Selain sebagai pemberi rasa hangat pada ruang, penggunaan kayu di lantai rumah juga dapat menjadi statement tersendiri pada dekorasi rumah.

Agar tampilan material kayu tidak terkesan biasa saja, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kecantikannya.Berikut enama cara yang bisa Anda coba di rumah.

Diberi Cat Putih

Foto: Love and Flair ©Dezn Studio

Artikel Lainnya: 5 Trik Pemisah Antar Ruang Selain dengan Dinding

Pada umumnya, kayu berwarna cokelat. Agar tampilannya terkesan berbeda, Anda bisa ubah dengan memberinya cat warna putih. Lantai kayu warna putih ini akan memancarkan gaya minimalis ke sebuah rumah. Selain juga dapat membuat ruang lebih terang dan luas. Namun, perhatikan cat yang digunakan. Sebaiknya gunakan cat khusus untuk lantai kayu agar terhindari dari lantai yang licin.

Dipernis Agar Tampak Glossy

Foto: Mr. N's Apartment ©AVE Studio

Granit juga menjadi cara umum untuk memberikan tampilan glossy pada lantai. Coba ubah ke material kayu. Meski kayu memiliki tampilan yang kasar, namun dapat berubah menjadi tampak mulus dengan cara dipernis.  Pilihlah pernis yang mengandung polyurethane. Ini adalah kandungan yang seolah melapisi kayu seperti plastik sehingga tahan terhadap air. 

Tambah dengan Dekorasi Lain

Foto: Scandinavian House ©La.casa Interior

Material kayu sudah dikenal dapat memberikan rasa hangat pada ruang. Maka, banyak di daerah-daerah dataran tinggi misalnya vila-vila di puncak menggunakan kayu sebagai pelapis lantai. Namun, iklim yang dingin seringkali belum cukup teratasi dengan hanya menggunakan material kayu. Untuk menambah kehangatan, tambahkan karpet di atasnya. Ruang pun semakin hangat dan nyaman.

Campur dengan Keramik

Foto: Beehive Guest House ©Addo Architecture

Artikel Lainnya: 7 Tips Aman Beli Rumah Bekas

Untuk tampilan yang lebih semarak, coba gabungkan kayu dengan material lain, keramik misalnya. Aneh? Tidak kok. Coba tengok foto di atas. Pada bagian tengah lantai dikhususkan menggunakan keramik bermotif. Dengan begitu, hunian pun tampil ganda yakni tradisional sekaligus modern.

Unsur Alami dengan Campuran Koral

Foto: Cafe & Spa Interior Design ©Morra Project Arsitek Medan & Interior Design

Tak hanya material keramik, kayu juga dapat bergabung dengan material alam lainnya yakni batu koral. Seperti di tempat spa ini, dimana lantainya ada yang sebagian menggunakan kayu dan sebagian lagi menggunakan batu koral. Tak hanya menambah kesan alami, adanya perbedaan ini juga berfungsi sebagai pembeda fungsi antar ruang, yakni area bathup dari batu koral untuk berendam dan area mini bed dari kayu untuk memijat. 

Susun Dengan Motif Chevron

Foto: Luxury Private House ©Comvi Interior

Bila tidak ingin mencampur kayu dengan keramik untuk menampilkan kesan semarak, maka Anda bisa mencoba cara lain yakni dengan mengatur susunan material kayunya. Anda bisa menyusun potongan kayu dengan motif chevron  sehingga tampilannya tidak biasa saja.

Itulah enam tips cara mempercantik lantai kayu yang bisa diterapkan di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: Haliman #02 ©HelloEmbryo

Artikel Lainnya: 6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang


Artikel Menarik Lainnya

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ?? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Sponsored Article

Ragam Fungsi dan Estetika Desain Eksterior yang Menarik Hati

“Architecture is a visual art, and the buildings speak for themselves.”  Sebuah kutipan dari seorang arsitek Amerika, Julia Morgan. Desain yang baik adalah desain yang berbicara tanpa perlu banyak penjelasan dan intepretasi. Dalam arsitektur, desain eksterior merupakan hal yang krusial. Mengapa? Karena merupakan tampilan terluar yang representatif bagi hunian ataupun kantor tempat Anda bekerja. Hal pertama yang dilihat bagi siapapun yang datang atau melihat sebuah bangunan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

10 Inspirasi Fasad Rumah Sejuk untuk 2019

Fasad (facade) pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, fasad bisa berarti bagian muka bangunan samping, belakang, atau depan. Walau begitu, seiring dengan perkembangan waktu, fasad lebih sering diartikan sebagai bagian depan dari sebuah bangunan. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

10 Inspirasi Penyimpanan Mainan Anak di Rumah

Tak dipungkiri bahwa anak-anak memang identik dengan mainan. Kebanyakan orang tua juga senang membeli mainan anak yang disuka oleh si kecil. Namun, banyaknya mainan anak yang dimiliki acapkali membawa masalah karena kamar anak menjadi sangat berantakan terlebih jika tidak ada tempat penyimpanan mainan di dalam kamar anak. Tak jarang, mainan anak pun tersebar ke ruangan lain yang membuat Anda semakin pusing dengan kekacauan ini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

Sampai saat ini, keramik lantai masih menjadi primadona di antara kelompok material pelapis lantai. Pasalnya harganya yang relatif terjangkau sepadan dengan karakternya yang anti “rewel”. Selain perawatannya yang mudah, berbagai produsen keramik lantai berlomba-lomba menciptakan inovasi keramik lantai yang kaya akan ragam tekstur, motif, dan bentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan segala fungsi ruang, khususnya dalam sebuah hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago