Logo Bluprin Blog

6 Cara Percantik Lantai Kayu

TIPS N IDEA / 2 weeks ago / By Bluprin

6 Cara Percantik Lantai Kayu

TIPS N IDEA / By Bluprin - 2 weeks ago

Ada banyak material yang bisa digunakan sebagai pelapis pada lantai, salah satunya material kayu. Sekarang ini, sudah banyak pemilik rumah yang menerapkan material kayu sebagai pelapis lantai. Selain sebagai pemberi rasa hangat pada ruang, penggunaan kayu di lantai rumah juga dapat menjadi statement tersendiri pada dekorasi rumah.

Agar tampilan material kayu tidak terkesan biasa saja, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kecantikannya.Berikut enama cara yang bisa Anda coba di rumah.

Diberi Cat Putih

Foto: Love and Flair ©Dezn Studio

Artikel Lainnya: 5 Trik Pemisah Antar Ruang Selain dengan Dinding

Pada umumnya, kayu berwarna cokelat. Agar tampilannya terkesan berbeda, Anda bisa ubah dengan memberinya cat warna putih. Lantai kayu warna putih ini akan memancarkan gaya minimalis ke sebuah rumah. Selain juga dapat membuat ruang lebih terang dan luas. Namun, perhatikan cat yang digunakan. Sebaiknya gunakan cat khusus untuk lantai kayu agar terhindari dari lantai yang licin.

Dipernis Agar Tampak Glossy

Foto: Mr. N's Apartment ©AVE Studio

Granit juga menjadi cara umum untuk memberikan tampilan glossy pada lantai. Coba ubah ke material kayu. Meski kayu memiliki tampilan yang kasar, namun dapat berubah menjadi tampak mulus dengan cara dipernis.  Pilihlah pernis yang mengandung polyurethane. Ini adalah kandungan yang seolah melapisi kayu seperti plastik sehingga tahan terhadap air. 

Tambah dengan Dekorasi Lain

Foto: Scandinavian House ©La.casa Interior

Material kayu sudah dikenal dapat memberikan rasa hangat pada ruang. Maka, banyak di daerah-daerah dataran tinggi misalnya vila-vila di puncak menggunakan kayu sebagai pelapis lantai. Namun, iklim yang dingin seringkali belum cukup teratasi dengan hanya menggunakan material kayu. Untuk menambah kehangatan, tambahkan karpet di atasnya. Ruang pun semakin hangat dan nyaman.

Campur dengan Keramik

Foto: Beehive Guest House ©Addo Architecture

Artikel Lainnya: 7 Tips Aman Beli Rumah Bekas

Untuk tampilan yang lebih semarak, coba gabungkan kayu dengan material lain, keramik misalnya. Aneh? Tidak kok. Coba tengok foto di atas. Pada bagian tengah lantai dikhususkan menggunakan keramik bermotif. Dengan begitu, hunian pun tampil ganda yakni tradisional sekaligus modern.

Unsur Alami dengan Campuran Koral

Foto: Cafe & Spa Interior Design ©Morra Project Arsitek Medan & Interior Design

Tak hanya material keramik, kayu juga dapat bergabung dengan material alam lainnya yakni batu koral. Seperti di tempat spa ini, dimana lantainya ada yang sebagian menggunakan kayu dan sebagian lagi menggunakan batu koral. Tak hanya menambah kesan alami, adanya perbedaan ini juga berfungsi sebagai pembeda fungsi antar ruang, yakni area bathup dari batu koral untuk berendam dan area mini bed dari kayu untuk memijat. 

Susun Dengan Motif Chevron

Foto: Luxury Private House ©Comvi Interior

Bila tidak ingin mencampur kayu dengan keramik untuk menampilkan kesan semarak, maka Anda bisa mencoba cara lain yakni dengan mengatur susunan material kayunya. Anda bisa menyusun potongan kayu dengan motif chevron  sehingga tampilannya tidak biasa saja.

Itulah enam tips cara mempercantik lantai kayu yang bisa diterapkan di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: Haliman #02 ©HelloEmbryo

Artikel Lainnya: 6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang


You May Also Like

Empat Hal Penting Rumah Tahan Gempa

Gempa bumi baru saya terjadi di Tanah Air Indonesia, tepatnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa yang sudah terjadi hingga ratusan kali (termasuk gempa susulan) ini mengakibatkan ribuan rumah rusak, baik rusak ringan hingga rusak parah. Untuk membantu para korban ini, pemerintah Indonesia pun memperkenalkan teknologi yang dinamakan RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yang memiliki keunggulan yakni tahan terhadap goncangan gempa.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

Ciptakan Storage Kece di Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi tempat yang cukup ampuh untuk relaksasi diri. Kesegaran dari air kamar mandi membuat orang betah berendam lama-lama. Apalagi jika kamar mandi memiliki desain yang kece. Anda pasti semakin betah melakukan relaksasi di ruang pribadi ini. Untuk menciptakan kamar mandi jadi lebih kece bukan perkara rumit dan sulit. Detail kecil di kamar mandi sangat mungkin Anda “mainkan” untuk mengubah tampilan ruang tersebut. Ya, cukup ubah storage Anda, maka kamar mandi penuh gaya pun berhasil Anda ciptakan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Jenis Pelapis Dinding Rumah

Estetika sebuah hunian dapat diperkuat oleh detail-detail dekoratif. Dinding sebagai area paling luas di rumah menjadi titik yang tepat untuk diberikan detail, salah satunya lewat permainan pelapis dinding. Umumnya, cat digunakan untuk melapisi dinding agar tampilannya lebih berwarna dan dapat mempercantik visual ruang. Namun, pelapis dinding tak hanya cat saja. Ada banyak pelapis lain yang bisa menjadi alternatif Anda bila sudah bosan dengan tampilan polos pada rumah.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Gazebo

Duduk bersantai di outdoor, sembari menikmati pemandangan taman rumah yang asri, mungkin hal ini merupakan salah satu mimpi Anda ketika memiliki rumah. Ya, otomatis, pikiran Anda pun akan terbesit pada keinginan untuk membangun gazebo.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago