Logo Bluprin Blog

6 Inspirasi Taman Vertikal di Rumah

TIPS N IDEA / 8 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 8 months ago

6 Inspirasi Taman Vertikal di Rumah

Taman vertikal akhir-akhir ini banyak ditemukan, baik pada restoran, rumah, bahkan pada gedung tinggi. Cara bercocok tanam di lahan tegak ini dianggap sebagai solusi mengatasi keterbatasan lahan untuk penghijauan. Dengan taman vertikal, terbuka luas lahan baru untuk ditanami, karena bidang vertikal apa pun dapat dimanfaatkan.

 

Metode taman vertikal ini beragam. Awalnya, taman vertikal dianggap mahal karena harus menggunakan alat dan bahan khusus. Namun semakin lama banyak ditemukan cara simpel untuk menghijaukan bidang tegak pada bangunan. Sesungguhnya, sesederhana menyusun pot secara vertikal pun sudah ikut memanfaatkan lahan yang biasanya disia-siakan.

 

Temukan berbagai inspirasi taman vertikal berikut ini. Tidak selamanya taman vertikal terletak di luar rumah. Dengan pemilihan tanaman yang tepat, dinding di dalam rumah pun dapat menjadi lahan bagi taman vertikal.


INSPIRASI 1


Foto: Dimished House ©Wahana Architects


Taman vertikal didesain di area kolam berenang. Walaupun sudah ada rerumputan, penghuni memanfaatkan dinding dari batuan alam untuk taman vertikal. Tidak semua sisi dinding dimanfaatkan untuk tanaman. Hanya dua sisi bagian, lalu tanaman rambat dikaitkan di besi sebagai area tanam.


INSPIRASI 2


Foto: Oase City House ©PARADES Studio


Taman vertikal tidak harus selalu dibangun di luar rumah. Pada rumah ini, taman vertikal didesan di area semi outdoor. Uniknya, taman vertikal bersebelahan langsung dengan area indoor, yaitu ruang keluarga dan dapur. Kaca transparan yang digunakan sebagai pembatas, membuat siapapun yang berada di dalam ruangan tetap bisa merasakan hijaunya tanaman di luar. 


INSPIRASI 3


Foto: Bens House ©GeTs Architects


Anda bisa memanfaatkan seluruh dinding di area kolam berenang sebagai media untuk taman vertikal. Gunakan beragam jenis tanaman agar terlihat taman lebih rindang.


INSPIRASI 4


Foto: Apol 46 Office ©Sony Budiono Architects


Untuk bangunan komersil atau gedung kantor, Anda bisa memanfaatkan taman vertical sebagai secondary skin pada fasad. Selain membuat bangunan tampak lebih hijau, taman vertikal yang diletakkan di area fasad juga mampu meredam panas matahari yang masuk ke dalam gedung. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk rumah Anda.


INSPIRASI 5


Foto: 2628 Sisterhouse ©Pranala Associates


Dinding kamar mandi pun ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai area untuk taman vertikal, lho! Dengan adanya tanaman di sekeliling kamar mandi, suasana membersihkan diri pun jadi serasa di tengah kebun.


INSPIRASI 6


Foto: 2628 Sisterhouse ©Pranala Associates


Inspirasi taman vertikal berikut ini bisa Anda contoh idenya apabila sudah tidak ada lagi ruang untuk ditanami tumbuhan. Anda bisa memanfaatkan dinding fasad rumah Anda untuk area taman vertikal, seperti pada hunian ini. selain terlihat hijau, taman vertikal ini juga mampu mereduksi panasnya cahaya matahari.


Itulah enam inspirasi taman vertikal yang dapat Anda terapkan dalam desain rumah Anda. Untuk penempatan dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan arsitek rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi taman vertikal dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba!


Foto Cover: 2628 Sisterhouse ©Pranala Associates




Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago