Logo Bluprin Blog

6 Inspirasi Taman Vertikal di Rumah

TIPS N IDEA / 10 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 10 months ago

6 Inspirasi Taman Vertikal di Rumah

Taman vertikal akhir-akhir ini banyak ditemukan, baik pada restoran, rumah, bahkan pada gedung tinggi. Cara bercocok tanam di lahan tegak ini dianggap sebagai solusi mengatasi keterbatasan lahan untuk penghijauan. Dengan taman vertikal, terbuka luas lahan baru untuk ditanami, karena bidang vertikal apa pun dapat dimanfaatkan.

 

Metode taman vertikal ini beragam. Awalnya, taman vertikal dianggap mahal karena harus menggunakan alat dan bahan khusus. Namun semakin lama banyak ditemukan cara simpel untuk menghijaukan bidang tegak pada bangunan. Sesungguhnya, sesederhana menyusun pot secara vertikal pun sudah ikut memanfaatkan lahan yang biasanya disia-siakan.

 

Temukan berbagai inspirasi taman vertikal berikut ini. Tidak selamanya taman vertikal terletak di luar rumah. Dengan pemilihan tanaman yang tepat, dinding di dalam rumah pun dapat menjadi lahan bagi taman vertikal.


INSPIRASI 1


Foto: Dimished House ©Wahana Architects


Taman vertikal didesain di area kolam berenang. Walaupun sudah ada rerumputan, penghuni memanfaatkan dinding dari batuan alam untuk taman vertikal. Tidak semua sisi dinding dimanfaatkan untuk tanaman. Hanya dua sisi bagian, lalu tanaman rambat dikaitkan di besi sebagai area tanam.


INSPIRASI 2


Foto: Oase City House ©PARADES Studio


Taman vertikal tidak harus selalu dibangun di luar rumah. Pada rumah ini, taman vertikal didesan di area semi outdoor. Uniknya, taman vertikal bersebelahan langsung dengan area indoor, yaitu ruang keluarga dan dapur. Kaca transparan yang digunakan sebagai pembatas, membuat siapapun yang berada di dalam ruangan tetap bisa merasakan hijaunya tanaman di luar. 


INSPIRASI 3


Foto: Bens House ©GeTs Architects


Anda bisa memanfaatkan seluruh dinding di area kolam berenang sebagai media untuk taman vertikal. Gunakan beragam jenis tanaman agar terlihat taman lebih rindang.


INSPIRASI 4


Foto: Apol 46 Office ©Sony Budiono Architects


Untuk bangunan komersil atau gedung kantor, Anda bisa memanfaatkan taman vertical sebagai secondary skin pada fasad. Selain membuat bangunan tampak lebih hijau, taman vertikal yang diletakkan di area fasad juga mampu meredam panas matahari yang masuk ke dalam gedung. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk rumah Anda.


INSPIRASI 5


Foto: 2628 Sisterhouse ©Pranala Associates


Dinding kamar mandi pun ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai area untuk taman vertikal, lho! Dengan adanya tanaman di sekeliling kamar mandi, suasana membersihkan diri pun jadi serasa di tengah kebun.


INSPIRASI 6


Foto: 2628 Sisterhouse ©Pranala Associates


Inspirasi taman vertikal berikut ini bisa Anda contoh idenya apabila sudah tidak ada lagi ruang untuk ditanami tumbuhan. Anda bisa memanfaatkan dinding fasad rumah Anda untuk area taman vertikal, seperti pada hunian ini. selain terlihat hijau, taman vertikal ini juga mampu mereduksi panasnya cahaya matahari.


Itulah enam inspirasi taman vertikal yang dapat Anda terapkan dalam desain rumah Anda. Untuk penempatan dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan arsitek rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi taman vertikal dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba!


Foto Cover: 2628 Sisterhouse ©Pranala Associates




Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago