Logo Bluprin Blog

6 Poin Penting Membuat Carport

TIPS N IDEA / 6 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 6 months ago

6 Poin Penting Membuat Carport

Banyak orang rancu dengan kata carport dan garasi. Memang benar bila carport dan garasi merupakan ruang untuk menyimpan kendaraan baik motor maupun mobil. Namun, dua hal ini memiliki konsep yang berbeda. Jika carport secara fisik memiliki konsep terbuka dengan kanopi yang menutupinya. Sedangkan garasi adalah ruang penyimpanan untuk kendaraan dengan konsep tertutup, lengkap dengan lantai, dinding, langit-langit, pintu penutup, dan kerap menyatu dengan rumah.

Kali ini, kami akan membahas lebih tentang carport. Terlihat mudah dibandingkan garasi, namun ada banyak hal yang mesti diperhatikan ketika Anda hendak membuat carport. Anda mesti pertimbangkan baik dalam hal desain, material hingga bangunannya. Berikut ini, kami jabarkan enam poin penting yang mesti Anda perhatikan ketika membangun carport.

Luas Lahan

Foto: Dibuat panjang, carport ini bisa menampung lebih dari satu mobil dengan posisi memanjang 

Anda harus perhatikan betul luas dari lahannnn carport. Layaknya manusia, mobil pun harus merasa “nyaman” di “rumahnya”. Untuk itu, luas dari carport harus lebih lebar dan lebih panjang sekurang-kurangnya satu meter dari ukuran kendaraan. Dengan begitu, Anda pun akan merasa mudah ketika ingin memarkirkan dan mengeluarkan mobil.

Letak atau Posisi

Foto: Halaman depan rumah ini memiliki dua fungsi. Satu digunakan sebagai taman mini dan sisi satunya lagi sebagai carport 

Jangan sembarang meletakkan posisi carport karena ini menyangkut lalu lintas kendaraan di daerah hunian Anda. Anda harus memperhatikan arah dan arus kendaraan di jalan yang berada persis di depan carport Anda. Pilihlah lokasi yang tidak menggangu arus kendaraan di sekitar rumah dan tentunya lokasi yang memudakan Anda untuk masuk dan keluar.

Desain

Foto: Mengikuti desain dari fasad hunian, carport ini menerapkan dua warna utama yakni hitam dan putih. Dari sisi luar pun tampak begitu senada

Posisinya yang berada di depan membuat carport menjadi bagian dari wajah sebuah hunian. Untuk itu, buatlah sebaik mungkin desain dari carport ini. Agar tampil senada, Anda bisa buat desain carport se-tema dengan desain dari fasad. Jika fasad menggunakan konsep klasik dengan warna putihnya, maka carport Anda bisa didesain demikian, berwarna putih mulai dari tiang hingga penutupnya.

Rak Penyimpanan

Foto: Rak penyimpanan mesti ada di area carport agar tidak ada barang-barang yang berserakan seperti selang air atau ember

Tidak hanya garasi yang bisa memiliki rak penyimpanan kebutuhan kendaraan. Meski berada di luar rumah, Anda bisa menambahkan rak penyimanan di dalam carport. Tidak perlu besar, yang penting cukup untuk menampung kebutuhan Anda sehingga saat dibutuhkan Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk masuk ke dalam rumah.

Lantai

Foto: Pengerasan dari semen digunakan di carport ini. Ban kendaraan pun jadi lebih aman dan tidak akan tergelincir akibat lantai licin 

Selain dari segi desain, Anda juga perlu perhatikan sisi material pendukungnya, salah satunya yakni pada lantai. Carport bisa diaplikasikan dengan beragam jenis material penutup lantai. Mengingatkan posisi carport yang berada di luar rumah sehingga sangat mudah terkena air cuci mobil dan panas matahari sehingga material yang cocok yakni beton atau plesteran dan batu alam. Plesteran terkenal kuat dalam menahan bobot mobil dan batu alam tidak mudah terserang jamur dan lumut.

Atap Penutup

Foto: Salah satu contoh pada carport ini menggunakan material kaca pada kanopinya 

Material lain yang mesti diperhatikan yakni bagian penutupnya. Bisa dari kaca tebal yang dapat mengurangi bunyi berisik dari curah air hujan, polikarbonat yang dapat menyerap sinar matahari secara optimal, atau dari kayu dengan model pergola. Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda. 

Itulah enam tips untuk membuat carport di rumah Anda. Untuk penataan dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan 
arsitek  rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi dapur dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba! 


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago