Logo Bluprin Blog

6 Poin Penting Membuat Carport

TIPS N IDEA / 2 months ago / By Bluprin

6 Poin Penting Membuat Carport

TIPS N IDEA / By Bluprin - 2 months ago

Banyak orang rancu dengan kata carport dan garasi. Memang benar bila carport dan garasi merupakan ruang untuk menyimpan kendaraan baik motor maupun mobil. Namun, dua hal ini memiliki konsep yang berbeda. Jika carport secara fisik memiliki konsep terbuka dengan kanopi yang menutupinya. Sedangkan garasi adalah ruang penyimpanan untuk kendaraan dengan konsep tertutup, lengkap dengan lantai, dinding, langit-langit, pintu penutup, dan kerap menyatu dengan rumah.

Kali ini, kami akan membahas lebih tentang carport. Terlihat mudah dibandingkan garasi, namun ada banyak hal yang mesti diperhatikan ketika Anda hendak membuat carport. Anda mesti pertimbangkan baik dalam hal desain, material hingga bangunannya. Berikut ini, kami jabarkan enam poin penting yang mesti Anda perhatikan ketika membangun carport.

Luas Lahan

Foto: Dibuat panjang, carport ini bisa menampung lebih dari satu mobil dengan posisi memanjang 

Anda harus perhatikan betul luas dari lahannnn carport. Layaknya manusia, mobil pun harus merasa “nyaman” di “rumahnya”. Untuk itu, luas dari carport harus lebih lebar dan lebih panjang sekurang-kurangnya satu meter dari ukuran kendaraan. Dengan begitu, Anda pun akan merasa mudah ketika ingin memarkirkan dan mengeluarkan mobil.

Letak atau Posisi

Foto: Halaman depan rumah ini memiliki dua fungsi. Satu digunakan sebagai taman mini dan sisi satunya lagi sebagai carport 

Jangan sembarang meletakkan posisi carport karena ini menyangkut lalu lintas kendaraan di daerah hunian Anda. Anda harus memperhatikan arah dan arus kendaraan di jalan yang berada persis di depan carport Anda. Pilihlah lokasi yang tidak menggangu arus kendaraan di sekitar rumah dan tentunya lokasi yang memudakan Anda untuk masuk dan keluar.

Desain

Foto: Mengikuti desain dari fasad hunian, carport ini menerapkan dua warna utama yakni hitam dan putih. Dari sisi luar pun tampak begitu senada

Posisinya yang berada di depan membuat carport menjadi bagian dari wajah sebuah hunian. Untuk itu, buatlah sebaik mungkin desain dari carport ini. Agar tampil senada, Anda bisa buat desain carport se-tema dengan desain dari fasad. Jika fasad menggunakan konsep klasik dengan warna putihnya, maka carport Anda bisa didesain demikian, berwarna putih mulai dari tiang hingga penutupnya.

Rak Penyimpanan

Foto: Rak penyimpanan mesti ada di area carport agar tidak ada barang-barang yang berserakan seperti selang air atau ember

Tidak hanya garasi yang bisa memiliki rak penyimpanan kebutuhan kendaraan. Meski berada di luar rumah, Anda bisa menambahkan rak penyimanan di dalam carport. Tidak perlu besar, yang penting cukup untuk menampung kebutuhan Anda sehingga saat dibutuhkan Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk masuk ke dalam rumah.

Lantai

Foto: Pengerasan dari semen digunakan di carport ini. Ban kendaraan pun jadi lebih aman dan tidak akan tergelincir akibat lantai licin 

Selain dari segi desain, Anda juga perlu perhatikan sisi material pendukungnya, salah satunya yakni pada lantai. Carport bisa diaplikasikan dengan beragam jenis material penutup lantai. Mengingatkan posisi carport yang berada di luar rumah sehingga sangat mudah terkena air cuci mobil dan panas matahari sehingga material yang cocok yakni beton atau plesteran dan batu alam. Plesteran terkenal kuat dalam menahan bobot mobil dan batu alam tidak mudah terserang jamur dan lumut.

Atap Penutup

Foto: Salah satu contoh pada carport ini menggunakan material kaca pada kanopinya 

Material lain yang mesti diperhatikan yakni bagian penutupnya. Bisa dari kaca tebal yang dapat mengurangi bunyi berisik dari curah air hujan, polikarbonat yang dapat menyerap sinar matahari secara optimal, atau dari kayu dengan model pergola. Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda. 

Itulah enam tips untuk membuat carport di rumah Anda. Untuk penataan dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan 
arsitek  rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi dapur dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba! 


You May Also Like

Lantai Kayu atau Lantai Parket? Kenali Tipe dan Perbedaannya untuk Rumah Anda

Lantai kayu dengan lantai parket itu banyak jenisnya dan juga cara pemasangannya berbeda. Kenali beragam tipe serta perbedaan antara keduanya disini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Desain Dapur Berbiaya Murah, Berikut Pilihan Materialnya!

Banyak orang berpikir bahwa membuat dapur menghabiskan biaya yang super besar. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa membangun dapur membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Banyak material yang digunakan di dalam ruang yang satu ini. Material yang dipilih pun tak bisa asal sebab melalui komponen-komponen inilah kenyamanan Anda di dapur dapat ditentukan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Kiat Agar Apartemen Sempit Terasa Lega

Ukuran apartemen yang umumnya hanya sekitar 36 m2 memang mendatangkan beberapa problem pada penghuninya. Ukuran yang terbatas tersebut membuat penghuni merasa bingung bagaimana cara agar mereka tetap hidup nyaman tanpa harus mengorbankan kebutuhan mendasar mereka.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Tips Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi lingkungan sekarang semakin memburuk. Pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak menentu menjadi dampaknya. Untuk mengurangi dampak tersebut perlu mendapatkan campur tangan dari manusia-nya. Salah satunya melalui penerapan rumah ramah lingkungan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 weeks ago