Foto: Simprug Residence ©Helloembryo

Hunian cantik menjadi impian banyak pemilik rumah. Sebab itulah mereka gencar berselancar di internet dan mengulik berbagai media cetak untuk mencari inspirasi desain interior. Jika dirasa sudah menemukan satu inspirasi yang pas di hati, para pemilik rumah cenderung langsung menerapkannya. Bahkan, bila ada furnitur yang dirasa kurang pas, tidak sedikit yang rela untuk membeli baru agar tampilan rumah lebih indah.

Namun, banyak pula penerapan yang berakhir tidak sesuai harapan. Apakah Anda juga pernah mengalami pengalaman tersebut? Jika ya, mari cek 7 kesalahan yang biasa terjadi ketika mendekorasi rumah berserta penyelesaiannya agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

1. Hunian Serba Gelap

Mendekorasi Rumah

Foto: Pajangan menjadi terlihat di tengah background yang berwarna hitam dengan adanya lampu sorot yang dipasang di atasnya. Puri Indah ©Dlux Interior

Rumah dengan dominan warna monokrom memang masih booming. Namun, jika Anda hanya sekadar menerapkan warna hitam di salah satu sudut rumah tanpa memikirkan aspek lainnya, hunian Anda malah tampak kelam. Anda dapat menambahkan permainan cahaya dengan memasang lampu sorot untuk memperkuat suasana rumah Anda.

2. Tak Ada Fokus

Mendekorasi Rumah

Foto: Penataan yang pas membuat sudut baca ini tampil cantik. Rumah Torrina ©studio by TITE HOME

Banyak sekali media yang membahas tentang rak terbuka yang bisa digunakan untuk menyimpan sekaligus memajang. Anda pun tergiur juga menggunakan furnitur tersebut untuk menampilkan beragam koleksi pribadi Anda. Namun, perlu diingat agar pajangan tidak ditampilkan tanpa pengaturan. Anda perlu memilah untuk menciptakan satu tema. Misalnya, Anda dapat menyusun rak yang satu untuk buku-buku koleksi dan yang lain untuk pajangan.

3. Ruang Keluarga yang Tak Bersahabat

Mendekorasi Rumah

Foto: Beragam jenis kursi bisa ditampilkan untuk meningkatkan kenyamanan masing-masing pemilik rumah. Interior Pomentia Residence ©Ranah Project

Setiap pemilik rumah ingin agar para tamu terkesima dengan desain ruang dalam sehingga faktor kenyamanan sering dilupakan. Masalah ini biasanya terjadi pada posisi furnitur. Tempat duduk seharusnya diatur untuk mendorong interaksi sosial di dalam keluarga. Saat memutuskan posisi sofa, bayangkan bagaimana orang akan saling berkomunikasi satu sama lain. Untuk itu, posisi antar sofa sebaiknya terletak saling berdekatan.

4. Posisi Wall Decor yang Salah

Mendekorasi Rumah

Foto: Penerapan foto di ukuran yang tepat membuat lebih enak dipandang. San Juan Show Unit ©Centris Adhikarya

Lukisan, pajangan, dan foto merupakan objek yang paling sering diterapkan untuk mempercantik rumah. Pasalnya, objek tersebut mudah didapatkan dan mudah dipasang. Walaupun terkesan mudah, sebenarnya ada banyak kesalahan yang sering terjadi dari penerapan dekorasi dinding tersebut. Kesalahan umumnya adalah posisi menggantung yang terlalu tinggi. Jika ingin memajang secara horizontal, usahakan tingginya sejajar dengan rata-rata tinggi mata manusia  agar nyaman saat dipandang.  

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Cermin di Kamar Tidur

5. Tidak Memiliki Focal Point

Mendekorasi Rumah

Foto: Open storage ini menjadi focal point di dalam ruang keluarga ini. Setiap benda yang memiliki kenangan bisa dipajang di sini. Puri Indah Residence ©STUDIO PIU

Sebuah ruangan yang polos tanpa dekorasi atau terlalu banyak dekorasi membuat ruangan tersebut tidak memiliki fokus utama atau focal point. Focal point penting dihadirkan di rumah karena ini dapat menarik perhatian seseorang. Anda bisa memulainya dengan memutuskan fitur mana yang ingin dijadikan fokus, kemudian furnitur yang ada di sekitar dapat diatur untuk mengarahkan perhatian ke focal point tersebut.

6. Terlalu Banyak Bantal di Sofa

Mendekorasi Rumah

Foto: Hanya berjumlah dua di setiap sudut sofa membuat ruang keluarga ini terlihat pas dan tak berlebihan. #414 Singapore ©Helloembryo

Aksesori pemanis berupa bantal di sofa dengan gambar dari cover-nya yang cantik memang sering dihadirkan untuk mempermanis hunian. Namun, Anda jangan tergiur dengan tampilannya yang cantik sampai lupa bahwa sudah terlalu banyak bantal di sofa. Batasi penempatan bantal, misalkan dua, di setiap ujung sofa agar terlihat harmonis.

7. Tak Bertema

Mendekorasi Rumah

Foto: Tak banyak aksesori, di atas meja bufet ini hanya terdapat pot tanaman untuk menambah kesan manis di ruangan ini. Above ©SPASIUM

Menciptakan karakter hunian bisa dilakukan dengan memajang barang pajangan di atas meja bufet. Untuk mendekorasi meja bufet tentunya ada aturannya. Jangan memasukkan semua barang yang ingin dipajang karena dapat membuat meja terkesan padat dan tidak memiliki konsep. Sederhananya, pilih barang dekorasi dengan jumlah tone warna yang sedikit agar tidak terlihat berlebihan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Foyer Tampak Cantik

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

11 Inspirasi Ide Desain Kamar Mandi Minimalis Eksotis [Desain Terbaru]

Ada banyak desain kamar mandi minimalis yang bisa Anda pakai. Dari gaya sederhana, natural, sampai gaya modern terbaru membuat kesan mandi di dalam rumah menjadi lebih seru. Simak inspirasi ide desain kamar mandi tersebut di sini!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Tips Memasang Pencahayaan di Dapur

Dapur merupakan ruang paling sibuk dari sebuah hunian. Dari pagi hingga malam, ruangan ini selalu ramai oleh anggota keluarga yang ingin memasak dan menikmati makanan. Melihat pentingnya ruang tersebut, maka pencahayaan menjadi salah satu faktor yang harus dipikirkan dengan baik. Pencahayaan yang baik di dapur dapat membantu Anda dalam melakukan tugas-tugas di dapur. Lebihnya lagi dapat menambah karakter ke sebuah ruang sekaligus memberikan mood yang nyaman.

5 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Bosan dengan suasana rumah yang begitu-begitu saja selama setahun ini? Yuk, sambut tahun baru yang sebentar lagi akan tiba dengan melakukan beberapa perbaikan pada tampilan rumah. Ini menjadi momen yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan mengubah warna pada ruang.

28 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Rumah Siap Hadapi Hujan

Hujan datang, bocor pun menyerang. Rumah yang tidak siap menerima datangnya curah air yang tinggi di musim hujan, siap-siap terkena bocor. Sumber masalahnya bisa beragam. Kebanyakan, sumbernya berasal dari 5 area ini, yaitu genting, dak beton, pertemuan antar-dinding, nok, atau jurai.

22 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin