Logo Bluprin Blog

7 Siasat Dapur Mungil Terasa Lega

TIPS N IDEA / 7 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 7 months ago

7 Siasat Dapur Mungil Terasa Lega

Rasanya, tidak ada ruang lain di rumah yang “sepadat” dapur. Di dapur ada peralatan memasak, mulai kompor, lemari es, microwave, rice cooker, hingga blender. Di dapur pula panci, wajan, mangkuk, piring, sendok, dan gelas berkumpul. Beragam bumbu masakan, minyak, mentega, dan saus botolan juga disimpan di sini. Rasanya, akan sulit sekali jika memiliki dapur kecil. 


Saking banyaknya barang yang berada di dapur, Anda pun harus menatanya agar dapur selalu terlihat rapi. Menata dapur yang luasnya besar mungkin bisa lebih mudah. Bagaimana bila dapur di rumah Anda berukuran mungil? Ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat dapur mungil tetap nyaman untuk memasak dan tetap menyenangkan dilihat. Berikut 7 siasat menata dapur mungil agar terlihat rapi.


1. Hal terpenting adalah menjaga kerapiannya. Jika Anda tidak cukup apik dalam menyimpan dan menata, gunakan kitchen set dengan kabinet-kabinet tertutup untuk meletakkan beragam peralatan di dapur mungil. 


Foto: Simple Starter Kitchen Set ©Anomali Architecture Interior


2. Tumpukan barang dengan permainan banyak warna bisa membuat dapur mungil terkesan penuh. Solusinya, cat dinding dengan warna putih, dan gunakan peralatan makan dan perlengkapan lainnya dengan warna senada. Barang yang menumpuk akan tampak “menghilang” dan membuat dapur mungil terasa lebih rapi dan luas.


Foto: D'gracias Kitchen Show ©DTarchitekt


3. Yang paling krusial dalam menata dapur mungil adalah menyesuaikan ukuran dapur dengan peralatan yang ditempatkan di dalamnya. Sebagai contoh, daripada memakai kompor 4 tungku gunakan kompor 1 atau 2 tungku saja, pilih sink yang lebih kecil, dan isi kabinet dapur dengan perabotan memasak dan peralatan makan yang benar-benar diperlukan.


Foto: Filippo's Villa ©Home by Fabelio


4. Anda inginkan belum tentu Anda butuhkan. Hal ini biasanya paling sulit diterima, karena seringkali kita berat menyingkirkan benda yang sebenarnya tidak kita butuhkan namun sangat kita sukai. Perlu ketegasan dan “ketegaan” dalam memilah barang yang harus disimpan dan dikeluarkan dari dapur mungil. Simpan hanya barang-barang yang sangat Anda butuhkan untuk memasak dan makan.


Foto: Hijoo Tampa ©Nala Indonesia


5. Maksimalkan penggunaan laci dan kabinet dengan manajemen penyimpanan yang baik. Tempatkan benda-benda besar di lemari bawah dan benda-benda yang sering Anda gunakan di bagian tengah. Sementara, tempatkan bumbu dan bahan makanan kering serta gelas dan piring di bagian atas. Sesuaikan letak benda-benda itu dengan alur kerja Anda di dapur agar semua berjalan efektif.

Foto: American Victorian House ©Rumah Sabine


6. Semakin gelap sebuah ruang akan terkesan semakin sumpek. Idealnya, dapur mungil memiliki bukaan langsung ke luar bangunan. Namun jika akses ke sinar matahari sulit didapat, pencahayaan buatan yang diaplikasikan harus memadai. Tempatkan penerangan general, tambahkan lampu di bagian bawah kabinet atas untuk menerangi area top table. Sebaiknya gunakan warna terang pada top table. Begitu pula untuk kitchen set, warna terang adalah pilihan yang lebih bijak daripada warna yang gelap.


Foto: G-Vienna Residence ©ACASA STUDIO


7. Last but not least, pergunakan furnitur multifungsi. Misalnya, meja island yang bisa menjadi tempat meracik masakan, sekaligus tempat menyimpan peralatan makan (bagian laci-lacinya), dan tempat menyantap makanan.

Foto: Marigold at Nava Park Apartement ©INKA Design


Dengan menerapkan 7 langkah di atas, dapur mungil tak lagi menjadi mimpi buruk. Justru dapur mungil dapat melatih Anda untuk selalu menjaga kebersihan dan keapikan, serta mengasah Anda untuk bekerja dan menyimpan barang dengan efisien.


Itulah enam tips agar dapur mungil Anda terasa luas. Untuk penempatan dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan arsitek rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi dapur dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba!


Foto cover: Hijoo Tampa ©Nala Indonesia


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago