Logo Bluprin Blog

7 Tips Aman Beli Rumah Bekas

TIPS N IDEA / 3 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 3 months ago

7 Tips Aman Beli Rumah Bekas

Memiliki rumah di daerah dengan prospek properti yang bagus tentu jadi impian banyak orang. Harga rumah yang terus meningkat tiap tahunnya pasti menggiurkan siapa pun baik yang ingin memiliki tempat tinggal maupun yang ingin berinvestasi jangka panjang. Belum lagi soal fasilitas di sekitar rumah yang sudah lengkap. Kelebihan ini belum tentu Anda dapatkan bila membeli rumah baru dari pengembang.


Akan tetapi harga rumah baru di kawasan dengan prospek baik pasti akan sangat tinggi. Oleh karena itu, membeli rumah bekas atau rumah second bisa jadi pilihan bagi Anda yang menginginan hunian dengan fasilitas lengkap tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, membeli rumah bekas juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda verifikasi untuk mengantisipasi hal buruk yang terjadi di kemudian hari.  Ini dia beberapa tip yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah bekas.


1. Periksa Kondisi Fisik 

Foto: Doctor House ©Armeyn Ilyas


Artikel Lainnya: 6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang


Hal pertama yang perlu Anda perhatikan tentu kondisi fisik bangunan dari rumah bekas yang akan Anda beli. Kondisi bangunan juga bisa jadi bahan pertimbangan Anda soal harga rumah. Jika banyak kerusakan pada rumah, tentu Anda perlu memikirkan biaya renovasi yang akan dilakukan. Periksa kondisi dinding, lantai, saluran air, jendela dan pintu, langit-langit, serta bukaan dan sirkulasi udara. Tanyakan juga usia bangunan tersebut. Biasanya, usia fisik bangunan berkisar 30-40 tahun. Di atas itu, bangunan sudah memerlukan renovasi besar-besaran. Ajak serta teman atau keluarga yang mengerti seputar bangunan rumah, untuk memberi opini kedua.


2. Dokumen Rumah 
Cek kelengkapan dokumen rumah, seperti status surat rumah apakah masih Akta Jual Beli (AJB), Hak Guna Bangunan (HGB), atau sudah Sertifikat Hak Milik (SHM). Pastikan pemilik rumah bisa menunjukkan surat rumah yang dijualnya. Dengan melihat surat rumah secara langsung, Anda bisa memastikan kecocokan isi surat rumah dengan kondisi yang sebenarnya. Pengecekan ini juga bisa Anda lakukan secara online lewat situs milik Badan Pertanahan Nasional. Ada baiknya juga Anda memastikan pemilik rumah tidak memiliki tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan dengan menunjukkan bukti pembayaran PBB terbaru. Jika ternyata masih ada tunggakan, Anda bisa bernegosiasi menyelesaikan masalah ini dengan pemilik rumah sebelum melakukan pembelian.

3. Sumber Air 
Sama seperti membeli rumah baru, mengecek sumber air dan kualitas air juga perlu Anda lakukan. Saat melakukan survei langsung ke rumah yang hendak Anda beli, jangan lupa cek kualitas air yang ada. Jika rumah tersebut mengandalkan air dari PDAM, tanyakan juga apakah aliran air PDAM tersebut lancar dan jika tidak, adakah alternatif sumber air yang digunakan.

4. Lingkungan Rumah 
Foto: AF House ©DASADANI
Perhatikan juga keadaan lingkungan sekitar dari rumah yang akan Anda beli. Anda bisa menanyakan kepada pemilik rumah atau jika ada waktu Anda bisa bertanya pada tetangga sekitar. Tak kalah penting, lingkungan rumah yang akan Anda beli bebas banjir. Anda bisa mengecek langsung dengan memerhatikan resapan air di sekitar rumah, ketersediaan parit yang layak, serta kondisi kontur tanah. Informasi dari tetangga sekitar juga perlu tentang bebas tidaknya wilayah tersebutdari ancaman banjir. 

5. Tata Ruang 
Penting bagi Anda untuk mencari tahu rencana tata ruang kota di wilayah rumah yang akan Anda beli. Bisa jadi rumah yang akan Anda beli termasuk dalam rencana pembangunan fasilitas umum, misalnya jalur hijau. Tanyakan dengan pasti kepada pemilik rumah tentang tata ruang tersebut, atau pastikan ke pejabat publik di sekitar rumah. Misalnya ketua RT/RW atau Kelurahan. Selain itu, Anda juga bisa mengecek rencana tata ruang wilayah lewat situs pemerintah sesuai wilayah rumah yang akan Anda beli. Misalnya bappeda.jakarta.go.id untuk wilayah DKI Jakarta.


6. Pertimbangkan Lokasi 
Sebelum memutuskan membeli rumah bekas, lakukan beberapa pertimbangan secara matang. Pertimbangkan lokasi rumah yang akan Anda beli apakah sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya dekat dengan tempat kerja, sekolah, ataupun rumah orang tua.


7. Anggaran Rumah 

Foto: Modernland Resident ©DTarchitekt

Hal selanjutnya yang harus dipikirkan adalah "apakah akan membayar secara tunai atau kredit". Ada baiknya siapkan tambahan anggaran 10% untuk biaya renovasi rumah. Selain itu, pastikan juga harga rumah yang diincar tidak terlampau mahal dibanding dengan rumah-rumah di sampingnya. Apalagi jika kondisi bangunan hanya 70%. 

Itulah tujuh tips apabila Anda akan berencana membeli rumah bekas. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 


Foto cover: Saman House ©Platform Architect

Artikel Lainnya: Cara Tepat Memilih Karpet


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 hours ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 23 hours ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago