Logo Bluprin Blog

8 Inspirasi Pemakaian Pelapis Lantai Granit di Hunian

TIPS N IDEA / 4 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 4 months ago

8 Inspirasi Pemakaian Pelapis Lantai Granit di Hunian

Banyak pilihan pelapis lantai yang tersedia di pasaran. Yang paling baru, ada material pelapis lantai yang sering disebut granit tile atau homogeneous tile. Berbeda dengan ubin keramik yang memiliki dua lapisan tanah liat dan glasur granit tile hanya memiliki satu lapisan yang sama dari bagian atas hingga bawahnya atau homogen sehingga pelapis yang satu ini sering juga disebut homogeneous tile. 


Lantai granit memiliki banyak keunggulan sehingga dapat dijadikan pilihan ideal untuk melapisi lantai rumah. Salah satu keunggulan lantai granit adalah lebih kuat dibanding dengan keramik. Ini disebabkan oleh proses pressing yang dilalui oleh lantai granit. Sebelum dibakar dalam suhu 1230OCelcius, lantai granit terlebih dahulu dipres. Proses pres dan pembakaran di suhu setinggi ini membuat body granit tile menjadi lebih kuat. Meski begitu, permukaan lantai granit tetap halus dan sangat cemerlang, hal inilah yang membuat lantai granit tampak mewah.


pelapis lantai granit Foto: Eco Sanctuary ©Design NEU Pte Ltd


pelapis lantai granit Foto: Eco Sanctuary ©Design NEU Pte Ltd

Artikel Lainnya: 8 Inspirasi Pemakaian Pelapis Lantai Granit di Hunian


Keunggulan yang lain dari lantai granit adalah lebih unggul dari segi visual dan mudah diaplikasikan. Tepi granit tile sangat presisi dan membentuk siku. Saat diaplikasikan, material ini tak memerlukan nat yang terlalu lebar sehingga tampilan akhir menjadi mewah. Di samping itu, lantai granit lebih tahan lama juga tahan terhadap goresan dan noda.


pelapis lantai granit Foto: 9B Residence ©Sontani + Partners


pelapis lantai granit Foto: House of Inside and Outside ©Tamara Wibowo Architects


Artikel Lainnya: Beragam Jenis Sofa untuk Ruang Tamu


Lantai granit juga tersedia dalam banyak motif. Ada yang menyerupai batu alam. Ada pula yang bermotif seperti gurat kayu asli. Untuk granit tile bermotif kayu ini, biasanya keping granit tile tidak melalui pemolesan (unpolished) sehingga lebih terasa alami ketika diinjak. Ukurannya pun bermacam-macam, tak terbatas di 60 cm x 60 cm. Beberapa pelapis lantai granit berupa kepingan besar 120 cm x 60 cm. Ukuran inilah yang paling banyak digemari karena menghemat waktu pemasangan.


pelapis lantai granit Foto: 11A Residence ©Sontani + Partners

 

pelapis lantai granit Foto: 11A Residence ©Sontani + Partners


Sementara untuk warna, lantai granit memiliki beberapa warna yang sebaiknya dipilih berdasarkan fungsi ruang, sehingga karakter ruangan dan warna lantai granit dapat menjadi komposisi yang pas. Berikut beberapa inspirasi lantai granit yang dapat Anda curi idenya sebagai pelapis lantai di rumah Anda. 


pelapis lantai granit Foto:  Mr. A Residence ©Twentyfour Architecture Interior


pelapis lantai granit Foto: Aerium Permata Buana ©INSADA Integrated Design Team


Itulah beberapa inspirasi pemakaian granit jika Anda akan menerapkannya di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 


Foto cover: House of Inside and Outside ©Tamara Wibowo Architects

Artikel Lainnya: Plus Minus Material Batu Alam sebagai Pelapis Dinding

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago