Logo Bluprin Blog

Agar Desain Kamar Kost Efisien dan Nyaman

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Aisya Putri
TIPS N IDEA / By Aisya Putri / 1 year ago

Agar Desain Kamar Kost Efisien dan Nyaman

Seiring dengan banyaknya mahasiswa atau pegawai yang terkendala jarak ataupun jam kerja, rumah kost menjadi salah satu bentuk usaha yang menjanjikan. Anda bisa berinvestasi menyediakan hunian sewa dengan desain kamar kost yang tidak perlu mewah. Efisiensi dan kenyamanan justru menjadi kunci ketertarikan para pengguna kost. Lalu, seperti apa desainnya? Berikut tipnya!

Efektifkan Ruang Penyimpanan

Area kamar kost menjadi tempat yang minim untuk menyimpan seluruh kebutuhan dalam satu ruang. Ruang atau lemari penyimpan pada kamar kost menentukan kerapihan kamar. Nah, compact furniture menjadi solusinya. Penggunaan kolong tempat tidur yang mengefektifkan ruang penyimpanan dapat diterapkan ke dalam kamar kost.

Desain Kamar Kost

Foto: ©blogspot

Desain Kamar Kost

Foto: ©pinimg

Artikel lainnya: Tip Memilih Meja Belajar Anak yang Nyaman

Desain Kamar Kost

Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Siasati Layout Furnitur Sesuai Luas dan Kebutuhan

Selain menjadi tempat beristirahat, kamar kost dapat juga berfungsi sebagai ruang kerja atau ruang belajar. Oleh karena itu, kebutuhan ini harus diperhatikan kenyamanannya. Tidak perlu khawatir jika luas kamar kost tidak terlalu besar, karena Anda dapat mensiasatinya dengan meletakkan tempat tidur di level lebih atas. Serupa dengan mezanin, area bawah dapat dimanfaatkan maksimal untuk ruang bekerja atau belajar, bahkan dapat ditambah dengan ruang nonton dan bersantai.

Try the professional HTML editor for free and subscribe for a subscription license if you are satisfied.

Desain Kamar Kost

Foto: ©hgtvhome.sndimg

Desain Kamar Kost

Foto: ©pinimg

Begitu juga sebaliknya, jika diperkirakan penghuni kost akan kurang nyaman untuk tidur pada ketinggian mezanin, Anda dapat menukar posisinya. Area belajar atau bekerja ditempatkan pada bagian atas, sedangkan kasur berada pada level lantai. Untuk ruang yang tetap luas, Anda dapat mengaplikasikan kasur geser untuk efisiensi ruang.

Desain Kamar Kost

Foto: ©pinimg

Desain Kamar Kost

Foto: ©pinimg

Apabila ruang yang Anda punya sangat terbatas dan tidak memungkinkan aplikasi meja belajar atau meja kerja pada kamar, maka dapat diaplikasikan meja belajar lipat yang dapat digunakan di atas tempat tidur Anda. Cara ini efektif untuk mengurangi ruang untuk kursi pada meja belajar atau meja kerja.

Desain Kamar Kost

Foto: ©digsdigs

Artikel lainnya: Pasangan Ini Berinteraksi dengan Bangunan melalui Fotografi. Hasilnya Menakjubkan!

Desain Kamar Kost

Foto: ©digsdigs

Anda juga dapat memaksimalkan kapasitas penghuni dalam satu kamar. Dengan luasan area yang sama atau sedikit lebih luas, dua tempat tidur dapat tetap disediakan seperti desain ranjang tidur lipat pada rumah DJ House di bawah ini.

Desain Kamar Kost

Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Desain Kamar Kost

Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Untuk desain danlayout hunian sewa (kost-kostan) yang optimal, pastikan Anda memilih jasa arsitek dan desainer interior yang tepat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan furnitur dan layout pada kamar kost agar pengguna dapat nyaman dan betah di kamar kost. Selamat mencoba!

Cover Foto: ©hgtvhome.sndimg

Artikel lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago