Foto: CIU ©Ellyana Tse

Koridor merupakan lorong dalam bangunan yang biasanya menghubungkan ruang yang satu dengan yang lainnya, serta umumnya koridor diapit oleh dinding solid. Jika tidak didesain dengan baik, koridor akan menjadi tempat yang gelap dan menekan karena diapit oleh dua dinding. Padahal, koridor dapat menjadi tempat yang menarik untuk dilewati dan memberi karakter pada ruang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mensiasati lorong dalam rumah agar lebih cantik dan menarik untuk dilewati.

Pemandangan

Koridor

Foto: Anthony's House ©simon+dhoni studio

Ciptakan koridor yang memiliki pemandangan ke luar agar kesan lorong panjang yang membosankan dapat dihindari. Usahakan agar koridor tidak dibatasi dua dinding solid. Taman ataupun pandangan ke ruang lain dapat dimanfaatkan untuk memberikan pemandangan menarik sambil berjalan menuju ke ruang berikutnya.

Koridor

Foto: Rumah Bidang ©Raul Renanda Design

Dekorasi Ruang

Koridor

Foto: OS Apartment ©Koerie Design

Agar kesan monoton pada lorong koridor dapat dihindari, maka dekorasi ruang pada dinding ataupun sudut koridor dapat dihadirkan. Pemakaian dekorasi pada dinding yang menarik dapat mengalihkan perhatian ketika melewati lorong panjang. Penggunaan dekorasi bingkai foto atau lukisan juga menjadi solusi agar pengguna koridor dapat menikmati foto ataupun lukisan lewat jajaran bingkai foto sepanjang koridor.

Koridor

Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Artikel Lainnya: PORO (CITY): Pemenang Sayembara FuturArc 2017 -Kategori Mahasiswa

Motif Dinding

Koridor

Foto: Lighting Showroom ©Koerie Design

Motif yang menarik dapat diterapkan pada dinding lorong untuk mengurangi kesan membosankan pada lorong. Selain dengan wallpaper, motif dinding juga dapat dihadirkan dengan efek bayangan pada ruang yang membentuk motif yang dinamis sesuai dengan sinar matahari, sehingga motif pada koridor dapat berubah sepanjang hari.

Koridor

Foto: White Box House ©Indra Tata Adilaras

Pencahayaan

Koridor

Foto: CIU ©Ellyana Tse

Pencahayaan yang terang pada koridor menjadi solusi terhadap kesan lorong gelap yang menekan. Pencahayaan menarik dapat memberikan efek yang cantik dan futuristik. Motif pada lorong juga dapat diciptakan melalu desain pencahayaan yang atraktif dan menarik.

Koridor

Foto: Ted's ©Ellyana Tse

Artikel Lainnya: Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

Efek Garis Melintang

Koridor

Foto: Cahaya Hotel ©Aezar Architect

Penggunaan garis-garis melintang pada lorong dapat mengurangi kesan panjang yang menerus pada koridor. Garis melintang dapat seolah membantu membagi lorong dengan segmen horizontal tersebut. Garis ini dapat dihadirkan melalu ekspos balok pada langit-langit ataupun dengan pencahayaan yang membentuk efek garis melintang pada lantai.

Koridor

Foto: Patra Jasa Bandung Pool & Cafe ©Hepta Desain

Beberapa tip tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruang pada koridor Anda. Untuk desain koridor yang baik dan efektif dapat Anda diskusikan dengan jasa arsitek dan interior yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: Saat Bingkai Berbicara

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin