Logo Bluprin Blog

Agar Koridor Tak Terkesan Sempit

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Aisya Putri
TIPS N IDEA / By Aisya Putri / 1 year ago

Agar Koridor Tak Terkesan Sempit

Foto: CIU©Ellyana Tse

Koridor merupakan lorong dalam bangunan yang biasanya menghubungkan ruang yang satu dengan yang lainnya, serta umumnya koridor diapit oleh dinding solid. Jika tidak didesain dengan baik, koridor akan menjadi tempat yang gelap dan menekan karena diapit oleh dua dinding. Padahal, koridor dapat menjadi tempat yang menarik untuk dilewati dan memberi karakter pada ruang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mensiasati lorong dalam rumah agar lebih cantik dan menarik untuk dilewati.

Pemandangan

Koridor

Foto: Anthony's House ©simon+dhoni studio

Ciptakan koridor yang memiliki pemandangan ke luar agar kesan lorong panjang yang membosankan dapat dihindari. Usahakan agar koridor tidak dibatasi dua dinding solid. Taman ataupun pandangan ke ruang lain dapat dimanfaatkan untuk memberikan pemandangan menarik sambil berjalan menuju ke ruang berikutnya.

Koridor

Foto: Rumah Bidang ©Raul Renanda Design

Dekorasi Ruang

Koridor

Foto: OS Apartment ©Koerie Design

Agar kesan monoton pada lorong koridor dapat dihindari, maka dekorasi ruang pada dinding ataupun sudut koridor dapat dihadirkan. Pemakaian dekorasi pada dinding yang menarik dapat mengalihkan perhatian ketika melewati lorong panjang. Penggunaan dekorasi bingkai foto atau lukisan juga menjadi solusi agar pengguna koridor dapat menikmati foto ataupun lukisan lewat jajaran bingkai foto sepanjang koridor.

Koridor

Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Artikel Lainnya: PORO (CITY): Pemenang Sayembara FuturArc 2017 -Kategori Mahasiswa

Motif Dinding

Koridor

Foto: Lighting Showroom ©Koerie Design

Motif yang menarik dapat diterapkan pada dinding lorong untuk mengurangi kesan membosankan pada lorong. Selain dengan wallpaper, motif dinding juga dapat dihadirkan dengan efek bayangan pada ruang yang membentuk motif yang dinamis sesuai dengan sinar matahari, sehingga motif pada koridor dapat berubah sepanjang hari.

Koridor

Foto: White Box House ©Indra Tata Adilaras

Pencahayaan

Koridor

Foto: CIU ©Ellyana Tse

Pencahayaan yang terang pada koridor menjadi solusi terhadap kesan lorong gelap yang menekan. Pencahayaan menarik dapat memberikan efek yang cantik dan futuristik. Motif pada lorong juga dapat diciptakan melalu desain pencahayaan yang atraktif dan menarik.

Koridor

Foto: Ted's ©Ellyana Tse

Artikel Lainnya: Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

Efek Garis Melintang

Koridor

Foto: Cahaya Hotel ©Aezar Architect

Penggunaan garis-garis melintang pada lorong dapat mengurangi kesan panjang yang menerus pada koridor. Garis melintang dapat seolah membantu membagi lorong dengan segmen horizontal tersebut. Garis ini dapat dihadirkan melalu ekspos balok pada langit-langit ataupun dengan pencahayaan yang membentuk efek garis melintang pada lantai.

Koridor

Foto: Patra Jasa Bandung Pool & Cafe ©Hepta Desain

Beberapa tip tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruang pada koridor Anda. Untuk desain koridor yang baik dan efektif dapat Anda diskusikan dengan jasa arsitek dan interior yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

This document was edited with the online HTML5 composer. Please subscribe for a htmlg.com membership to remove similar messages from the edited documents.

Artikel Lainnya: Saat Bingkai Berbicara

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago