Logo Bluprin Blog

Agar Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Artistik

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Ratna Puspa Dewi
TIPS N IDEA / By Ratna Puspa Dewi / 1 year ago

Agar Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Artistik

Foto:Mekar Wangi House ©TJarchitect

Material unfinished semen atau beton ekspos kini semakin digemari masyarakat. Coba saja tengok sejumlah restoran, kafe, salon dan bahkan gaya desain hunian masa kini sebagian besar menampilkan semen ekspos pada bidang-bidang arsitektur seperti dinding, lantai dan plafon.

Semen Ekspos

Foto: Calibrate Coffee ©MILE Atelier

Kata 'unfinished' sebenarnya hanyalah sebuah istilah, tidak benar-benar belum selesai. Sebab jika diperhatikan lebih detil, bidang unfinished tersebut sudah diberi sentuhan akhir berupa pelapis atau cairan khusus (coating) yang membuatnya tahan lama dan mudah dibersihkan.

Semen Ekspos

Foto:RumahMiring ©Andyrahman Architect

Material unfinished yang satu ini semakin populer di kalangan masyarakat seiring dengan berkembangnya tren bangunan bergaya industrial. Gaya industrial banyak ditampilkan dengan mengekspos jaringan utilitas di area plafon, penggunaan material metal/besi dan kayu, serta dinding dan lantai yang dibiarkan polos dengan plester semen tanpa dicat ataupun ditutup keramik.

Artikel lainnya: Rumus Cepat Terapkan Fengshui pada Hunian

Semen Ekspos

Foto: BBDOIndonesia ©Delution Design

Semen Ekspos

Foto: RumahMiring ©Andyrahman Architect

Selain teknik, dekorasi juga tak kalah penting. Material unfinished ini akan terlihat 'menonjol' jika dipadukan dengan warna dan elemen tertentu. Misalnya warna, karena warna dari material finishing ini berwarna abu-abu, maka padukan dengan warna-warna cerah seperti kuning atau merah pada elemen interior yang lain seperti cermin, bingkai foto, armatur lampu atau bahkan finishing furnitur.

Semen Ekspos

Foto: ST. ALI ©Assembly Design Office

Namun, usahakan penggunaan warna-warna cerah tersebut tidak terlalu berlebihan agar palet warna dasar dalam konsep gaya industrial yaitu abu-abu (semen), hitam (besi), dan cokelat (kayu) tetap mendominasi dalam ruangan.

Semen Ekspos

Foto: Spotten ©Studio AKU

Agar lebih tahan terhadap kelembapan dan cuaca ekstrem, pengaplikasian semen ekspos juga hendaknya diberi coating. Aplikasi semen ekspos pada sebuah bangunan tidak selalu harus diterapkan sekaligus pada dinding dan lantai. Dinding semen ekspos sebagai accentwall pada satu sisi ruangan juga merupakan alternatif yang menarik. Penggunaan parket kayu pada lantai, juga cocok untuk dipadukan dengan dinding semen ekspos.

Selamat bereksperimen dengan material semen ekspos!

Artikel lainnya: Agar Koridor Tak Terkesan Sempit

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 21 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago