Logo Bluprin Blog

Agar Warna Putih Tak Membosankan

TIPS N IDEA / 2 years ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 2 years ago

Agar Warna Putih Tak Membosankan

Warna putih memang masih menjadi “primadona” untuk diaplikasikan dalam interior rumah atau apartemen. Pasalnya, putih menghasilkan nuansa lebih terang dan lapang. Warna putih juga terbukti ampuh menciptakan kesan ‘clean’ pada hunian dengan luas terbatas.

Namun, jika tidak disiasati dengan baik, ruangan putih akan lebih cepat terasa membosankan dan hambar karena tidak adanya karakter yang tercipta. Selain itu, sebagian orang cenderung menghindari aksesoris dan warna aksen yang terlalu banyak agar ruangan tidak terlihat kacau dan penuh. Akibatnya, ruangan putih akan tampak membosankan seperti sebuah kotak putih.

Untuk itu kita perlu menyiasatinya, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk interior serba putih agar terasa nyaman dan tak membosankan.

Bermain tekstur

Warna putih tak akan terlihat membosankan jika Anda pintar ‘memainkan’ tekstur. Misalnya saja two seater sofa berwarna putih terlihat lebih feminin berkat aksen kancing (deep buttoned) yang terpasang pada bagian sandaran sofa. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dinding yang memiliki tekstur kasar agar tak monoton bila dipandang mata.

Warna Putih

Foto: pinterest

Warna Putih

Foto: toobe8

Artikel lainnya: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis

Padu padan warna

Agar tak terkesan monoton, aplikasikan warna lain sebagai aksen pada interior ruang. Misalnya saja aplikasi cushion warna-warni yang diletakkan di atas sofa. Padu padan warna dapat dilakukan pada berbagai elemen, mulai dari bidang dinding, furnitur hingga elemen dekoratif. Perpaduan warna membuat suasana ruang terkesan lebih ‘hidup’ dan menyenangkan.

Warna Putih

Foto: Pinterest

Warna Putih

Foto: homerical 

Gunakan Pencahayaan

Trik lain untuk menghindari kesan monoton pada interior rumah serba putih adalah desain pencahayaan (lighting design). Gunakan lampu berwarna kuning yang disembunyikan di balik drop ceiling (indirect lighting) untuk menciptakan kesan dramatis melalui semburat cahayanya. Anda juga bisa berkreasi dengan cahaya lampu berwarna sebagai aksen untuk menceriakan ruang serba putih.

Warna Putih

Foto: rukle

Warna Putih

Foto: qanvast

Tambahkan Warna Hitam

Hitam dan putih adalah kombinasi klasik yang tidak pernah kehilangan momentumnya dalam desain interior. Bahkan, kontras antara hitam dan putih akan tampak lebih megah di ruangan yang kecil. Hitam adalah warna yang kuat; jadi, gunakan seperlunya, sehingga ruangan tersebut tidak  terlihat sempit. Penambahan warna hitam dapat membuat ruang lebih dramatis. Anda bisa menerapkan pada aksesori pendukungnya, misalnya pada fitting lampu, cushion, bingkai, dan sebagainya.

Bila Anda berani, gunakan warna hitam sebagai warna yang dominan atau sebagai focal point. Warna hitam yang mencolok akan membuat ruangan Anda terasa lebih berkelas.  Kedua warna ini merupakan perpaduan yang pas. Padu padan keduanya kini kian digemari karena mewakili konsep monokrom yang sedang menjadi tren.

Warna Putih

Foto: thehome-journal

warna putih

Foto: spaciofurniture

Artikel lainnya: Memilih Hunian Idaman – Rumah atau Apartemen?

Beri Sentuhan Aksen

Jangan ragu untuk menambahkan aksen pada ruangan putih berukuran kecil. Jika Anda tidak ingin ruangan terkesan penuh, cukup pilih satu warna aksen yang terang dan hidup. Biarkan sisanya tetap netral. Pilih furnitur dengan model simpel dan hiasan jendela berwarna polos. Dengan demikian, ruangan yang kecil akan terlihat lebih terbuka dan lapang.

warna putih

Foto: pinterest

warna putih

Foto: stylodesigns

Pilihan Furnitur

Furnitur berdesain modern sangat pas diterapkan pada interior putih Anda. Terapkan berbentuk geometris—memiliki garis tegas. Selain itu, pada interior berwarna putih yang sedang ngetren saat ini, furnitur bergaya Skandinavian rasanya sangat tepat dihadirkan di dalam ruangan. Namun, lagi-lagi sesuaikan konsep ruang dengan furnitur yang dihadirkan.

warna putih

Foto: homeinvasion

Artikel lainnya: Ashari Architect – Desain Kontekstual sesuai Iklim Indonesia


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago