Surabaya, “An Attention Grabbing Building”- Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

Ahouse

Foto: fasad rumah ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: siang dan malam ©pandyapraditya

Sebaliknya, secara kontras dari para tetangga, Ahouse didesain secara khusus agar menjadi “minimal” dan “modern”. Kotak-kotak disusun bertumpuk untuk menghasilkan komposisi massa yang dinamis. Desain bangunan yang "baru dan asing" ini diharapkan memberikan energi baru kepada lingkungan sekitar.

Ahouse

Foto: double height ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: ruang keluarga ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: pencahayaan alami ©pandyapraditya

Pemilik, sepasang suami istri muda, menginginkan sebuah rumah yang dapat mengakomodasi aktivitas komunal. Maka dari itu, area makan dan ruang keluarga pada lantai dasar didesain secara terbuka dengan langit-langit yang tinggi (double height). Hal ini dimaksudkan agar dapat menghadirkan suasana ruang yang nyaman untuk kegiatan komunal tersebut.

Ahouse

Foto: kamar tidur utama ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: ruang belajar ©pandyapraditya

Pencahayaan alami juga dimaksimalkan untuk menjaga suasana rumah tetap terang sepanjang hari.

Artikel Lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam Membangun Rumah?

Ahouse

Foto: koridor lantai dua ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: area dapur ©pandyapraditya

Di lantai dua, letak kamar tidur utama bersebelahan dengan ruang belajar. Tujuannya agar orang tua dapat lebih mudah berinteraksi dengan sang buah hati. Ruang belajar ini memiliki jendela dengan view yang unik: desain disesuaikan untuk ketinggian anak atau orang dewasa yang sedang duduk.

Ahouse

Foto: area tangga ©pandyapraditya

Pada ujung dari setiap area tangga, penghuni rumah dapat melihat ‘sekilas’ view daripada ‘Roh Kudus Church’ yang berada tidak jauh dari lokasi rumah.

Ahouse

Foto: area balkon©pandyapraditya

Ahouse

Foto: area balkon ©pandyapraditya

Kamar tidur anak terletak di lantai tiga. Setiap kamar tidur memiliki balkon privat dengan view yang unik. Pada saat cuaca baik dan cerah, Gunung Arjuno Welirang dapat terlihat dari balkon rumah. Ruang doa terletak di antara dua kamar tidur. Kemudian, terdapat juga area keluarga untuk melakukan aktivitas barbeque dengan view area perumahan sekitar.

Ahouse

Foto: kamar mandi ©pandyapraditya

Sebagai tambahan, terdapat area-area di setiap lantai rumah yang dapat dieksplorasi. Hal ini dengan sengaja didesain agar penghuni rumah, terutama anak-anak, dapat dengan aktif berinteraksi dengan rumah itu sendiri.

Ahouse

Gambar potongan ©studiopapa

Artikel lainnya: Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Ahouse

Gambar denah ©studiopapa

More about the project:

bluprin.com/project/ahouse

 

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin