Logo Bluprin Blog

Anabata Live Series #5: Design Process with Fernando Menis and Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano

ARCHITECTURE - NEWS / 4 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 4 months ago

Anabata Live Series #5: Design Process with Fernando Menis and Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano

Jakarta, 4 Agustus 2018, Anabata menyelenggarakan Live Series #5 by Artemi di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD Jakarta Selatan dengan tema “Design Process” dengan pembicara dari Spanyol Fernando Menis dari Menis Architects dan Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano dari Nieto Sobejano Arquitoctos. Talk show ini dimoderatori oleh salah satu principal URBANE yaitu Achmad Tardiyana.

Pendiri Menis Architects, Fernando Menis telah berpengalaman mendesain berbagai tipologi bangunan selama hampir 40 tahun. Dirinya berkeinginan sebagai arsitek pada saat kanak-kanak dimana dirinya membuat mainan sendiri dengan bahan daur ulang dari sisa pekerjaan ayahnya yang merupakan seorang tukang. Oleh karena itu Menis berdedikasi untuk mengangkat bahan-bahan tradisional dan mendaur ulangnya sebagai ide kreatif dalam berksplorasi. Arsitek yang gemar menggunakan media malam untuk membentuk masa bangunan dalam mengekspresikan ide-ide nya ini telah mendapatkan banyak penghargaan Internasional seperti Gedung Beton terbaik di WAN Award (Inggris, 2016), Bangunan Public terbaik di Taipei Intl. Design Award (CN, 2016), penghargaan special di aksesibilitas di CIMEX Award (MX, 2016) dan masih banyak lainnya. Beliau juga merupakan peserta tetap di The Venice Biennial dan proyeknya “The Holy Redeemer Church in La Laguna” adalah bagian dari koleksi permanen di Museum of Modern Art (MoMA) New York. Baginya, arsitek harus bisa menggabungkan antara lingkungan, alam, dan kebutuhan manusia sendiri.

©Anabata

Nieto Sobejano Arquitectos didirikan oleh Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano pada tahun 1985. Karya-karyanya telah mendapatkan pengakuan dunia dan dipublikasikan secara luas di majalah dan buku Internasional. Museum Madinat Al-Zahra, Museum Moritzburg dan Pusat Seni Komtemporer di Cordoba adalah beberapa nama yang termasuk dalam karya utama mereka. “Nieto Sobejano Arquitectos 2004-2017” (TC Cuadernos 131/132, Valencia, Spain 2017) adalah satu monograf yang menerbitkan karya-karya mereka. Karya mereka juga dipamerkan pada The Venice Biennial, Museum of Modern Art (MoMA) dan masih banyak lagi. Permainan fasad bangunan yang mereka mainkan berupa bentuk-bentuk dramatis terinspirasi dari beberapa bentuk geometri yang dikombinasikan menjadi satu kesatuan yang fungsional. Kemampuan mereka dalam mengadaptasi arsitektur kontemporer barat membawanya untuk menerima penghargaan seperti The Alvar Aalto Medal (2015), AIA Honorary Fellowship, dan belum lama ini, medali emas dari Fine Arts (2017). Karya Nieto dan Sobejano menunjukkan bagaimana latar belakang budaya seorang arsitek dapat menginspirasi arsitektur kualitas luar biasa dan kekuatan ekspresif.


Artikel Menarik Lainnya

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

ARTMINGLE: Talk Show and Workshop, Big Life in A Small Space

Jakarta, Sabtu 17 November 2018 – Acara Talk Show dan Workshop Artmingle yang diselenggarakan oleh Jurusan Desain Interior UPH dengan narasumber Abimantra Pradhana pinsipal dari biro arsitek AGo Architects sukses digelar di Kantorkuu, Co-working and Office Space, Jakarta Selatan. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago