Logo Bluprin Blog

Apartemen di Siena oleh CMTarchitects

ARCHITECTURE - PROJECTS / 2 years ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 2 years ago

Apartemen di Siena oleh CMTarchitects

Berlokasi di Monteriggioni, Siena, Italia, Apartemen ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan suatu proyek renovasi yang terletak di dalam bangunan yang dahulunya digunakan sebagai sekolah musik pada abad XIX, dipusat bersejarah Siena.

Apartemen

© Centrofotografico

Properti abad ke-19 milik kota, Palazzo, telah dibagi menjadi unit-unit apartemen dan dilelangkan. Pembagian unit apartemen sangat bagus yang memungkinkan untuk penggabungan yang menarik dan menjadi kekayaan tersendiri bagi proyek ini. Apartemen terletak di lantai pertama dan berkembang menjadi dua tingkat di sekitar halaman tengah. Salah satu tujuan utama proyek ini adalah untuk menekankan keberadaan dua tingkat dengan menempatkan galeri ditengah area ruang keluarga sebagai komunikasi visual untuk kedua lantai.

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Pada lantai dasar apartemen ini terdapat ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dengan dua kamar tidur dan kamar mandi. Sedangkan, dilantai atas terdapat sebuah galeri yang menuju ke loteng dengan pemandangan terhadap keseluruhan apartemen ini.

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Ruang keluarga di area pintu masuk, ruang galeri, dan area loteng tergabung dengan halaman tengah dimana jendela-jendela ruangan menghadap ke halaman tersebut. Area ini menjadi sumber cahaya sekunder untuk apartemen dan menciptakan visual yang menarik. Jendela apartemen di sisi selatan menghadap pusat bersejarah kota Siena dengan beberapa monumen pentingnya.

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Proyek ini didasarkan pada dinding pusat bangunan yang melintas dari utara ke selatan dimana dinding berdiri mencapai atap dan dapat terlihat kuda-kuda atap yang sebelumnya tersembunyi di balik plafon selama sekitar 200 tahun. Pengerjaan pengapuran dilakukan pada bagian balok dan keramik teracotta. Seluruh dinding lainnya diplester berwarna putih.

Apartemen

© Centrofotografico

Dinding apartemen lainnya menggunakan plaster putih. Pada lantai bawah, material lantai terbuat dari resin bewarna abu-abu dan lantai kamar mandi serta penutupnya terbuat dari finishing yang sama. Sedangkan, pada lantai atas terbuat dari lantai parket kayu ek alami.

Apartemen

© Centrofotografico

Tangga internal yang menghubungkan dua lantai apartemen menggunakan material plat besi dilapisi wax alami dengan pegangan tangan terbuat dari metal mesh. Beberapa bagian dari apartemen terbuat dari langit-langit gantung dengan celah lateral untuk mengakomodasikan pencahayaan LED agar mendapatkan efek pencahayaan bias di dinding.

Apartemen

© Centrofotografico

Tiga lampu gantung industrial menghiasi langit-langit di area meja makan, sedangkan pada bagian pencahayaan lainnya menggunakan lampu LED baik untuk pencahayaan langsung dan tidak langsung. Furnitur apartermen sendiri menggunakan perabot lama yang diperbaharui dan sebagian didesain baru.

Sumber Foto: http://www.archdaily.com/


Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago