Berlokasi di Monteriggioni, Siena, Italia, Apartemen ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan suatu proyek renovasi yang terletak di dalam bangunan yang dahulunya digunakan sebagai sekolah musik pada abad XIX, dipusat bersejarah Siena.

Apartemen

© Centrofotografico

Properti abad ke-19 milik kota, Palazzo, telah dibagi menjadi unit-unit apartemen dan dilelangkan. Pembagian unit apartemen sangat bagus yang memungkinkan untuk penggabungan yang menarik dan menjadi kekayaan tersendiri bagi proyek ini. Apartemen terletak di lantai pertama dan berkembang menjadi dua tingkat di sekitar halaman tengah. Salah satu tujuan utama proyek ini adalah untuk menekankan keberadaan dua tingkat dengan menempatkan galeri ditengah area ruang keluarga sebagai komunikasi visual untuk kedua lantai.

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Pada lantai dasar apartemen ini terdapat ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dengan dua kamar tidur dan kamar mandi. Sedangkan, dilantai atas terdapat sebuah galeri yang menuju ke loteng dengan pemandangan terhadap keseluruhan apartemen ini.

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Ruang keluarga di area pintu masuk, ruang galeri, dan area loteng tergabung dengan halaman tengah dimana jendela-jendela ruangan menghadap ke halaman tersebut. Area ini menjadi sumber cahaya sekunder untuk apartemen dan menciptakan visual yang menarik. Jendela apartemen di sisi selatan menghadap pusat bersejarah kota Siena dengan beberapa monumen pentingnya.

Apartemen

© Centrofotografico

Apartemen

© Centrofotografico

Proyek ini didasarkan pada dinding pusat bangunan yang melintas dari utara ke selatan dimana dinding berdiri mencapai atap dan dapat terlihat kuda-kuda atap yang sebelumnya tersembunyi di balik plafon selama sekitar 200 tahun. Pengerjaan pengapuran dilakukan pada bagian balok dan keramik teracotta. Seluruh dinding lainnya diplester berwarna putih.

Apartemen

© Centrofotografico

Dinding apartemen lainnya menggunakan plaster putih. Pada lantai bawah, material lantai terbuat dari resin bewarna abu-abu dan lantai kamar mandi serta penutupnya terbuat dari finishing yang sama. Sedangkan, pada lantai atas terbuat dari lantai parket kayu ek alami.

Apartemen

© Centrofotografico

Tangga internal yang menghubungkan dua lantai apartemen menggunakan material plat besi dilapisi wax alami dengan pegangan tangan terbuat dari metal mesh. Beberapa bagian dari apartemen terbuat dari langit-langit gantung dengan celah lateral untuk mengakomodasikan pencahayaan LED agar mendapatkan efek pencahayaan bias di dinding.

Apartemen

© Centrofotografico

Tiga lampu gantung industrial menghiasi langit-langit di area meja makan, sedangkan pada bagian pencahayaan lainnya menggunakan lampu LED baik untuk pencahayaan langsung dan tidak langsung. Furnitur apartermen sendiri menggunakan perabot lama yang diperbaharui dan sebagian didesain baru.

 

 

Sumber Foto: http://www.archdaily.com/

 

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin