ARCHITECTURE

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 days ago

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Menilik Kantor Studio Air Putih @Batubata, Peraih IAI Awards 2018

Tangerang Selatan, 19 Oktober 2018 – Biro Arsitektur milik Denny Gondo dan Desain Interior milik Joke Roos, Studio Air Putih membuka Open Studio @Batubata di kawasan Serpong. Hal ini dalam merayakan rasa syukur mereka dalam 15 tahun berkarya bersama.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Dibuka Hingga 30 Novermber! Inilah Potret Indonesian Contemporary Art & Design 2018

Jakarta, 14 Oktober 2018 – Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2018 kembali digelar yang ke-9 kalinya oleh Yayasan Design+Art Indonesia. Bertempat di Grandkemang Hotel Jakarta, ICAD berlangsung dari 18 Oktober 2018 hingga 30 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Masih Berlangsung! Inilah Venue Asik di Bintaro Design District 2018

Setelah sukses dengan openingnya pada 11 Oktober 2018. Bintaro Design District 2018 masih berlangsung hingga tanggal 20 Oktober 2018. Apa saja yang ditampilkan di acara ini?

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

IACF 2018, Upayakan Arsitek Muda Kibarkan Arsitektur Indonesia di Kancah Internasional

Yogyakarta, 16 Oktober 2018 – Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) sukses diselenggarakan di Ruang Indraprasta 3, Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta. Forum ini merupakan serangkaian acara setelah diadakannya Sayembara Desain Arsitektur Nusantara dan Roadshow.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Telah Dibuka! Bintaro Design District 2018, Distrik Kreatif di Bintaro

Bintaro, 11 Oktober 2018 – Bintaro Design District (BDD) 2018 berlangsung mulai tanggal 11 Oktober hingga 20 Oktober 2018 merupakan sebuah event yang digagas untuk mengaktivasi Bintaro sebagai kawasan kreatif. Kawasan Bintaro diangankan dapat menjadi pioneer dalam menghidupkan kawasan ini sebagai distrik kreati seperti distrik Ventura Lambrate di Milan atau kawasan Shoredutch di London.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

White Cliff House, Kontur 30 derajat sebagai Kekuatan Desain

Di atas sebuah lahan miring dan memanjang 6,5x25 meter didirikan 3 buah program bangunan pada deretan anak-anak tangga yang disusun sedemikian sehingga menyerupai taman berundak yang bersambung dari ujung bawah hingga ke ujung atas, yaitu 2 unit loft yang diperuntukkan sebagai guest house dan 1 unit rumah 2 lantai untuk sang pemilik pada posisi paling atas

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Mengenal Arsitek serta UU Arsitek

Ketika menyebut kata ‘Arsitek’, yang ada di benak masyarakat awam adalah seseorang yang menggambar denah rumah atau membuat sketsa bangunan.Namun tidak sesederhana itu, Arsitek merupakan sebutan ahli untuk figur yang mampu memadukan Firmitas (kekokohan/dayatahan), Utilitas (kegunaan), dan Venustas (keindahan) dalam peran utamanya mewujudkan tata ruang dan tata massa yang harmonis guna memenuhi tata kehidupan masyarakat dan lingkungan. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Indonesia Creative Digital Architecture, Pemanfaatan Platform Digital di era Arsitektur Modern

Sabtu, 29 September 2018 – Departemen Arsitektur Universitas Indonesia yang ditunjuk oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sebagai Pusat Unggulan Ekonomi Kreatif (PU Ekraf) Sub Sektor Arsitektur melaksanakan kegiatan BEKRAF  Creative Lab (BCL) 2018 yang bertajuk Indonesia Creative Digital Architecture.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Nouve House, Minimum Site Maximum Space

Membangun rumah tinggal di Kota Jakarta masih menjadi primadona penduduk asli Ibukota. Di samping kekerabatan keluarga dan budaya yang kental, kenangan semasa kecil lah yang membuat mereka enggan untuk meninggalkan kota kelahirannya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Seleksi Proposal Paviliun Indonesia untuk Veniece Art Biennale 2019

Setelah berpartisipasi pada 2017, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia kembali  menghadirkan Paviliun Indonesia dengan memamerkan karya-karya para seniman Indonesia pada perhelatan Venice Art Biennale (VAB, atau La Biennale Arte di Venezia) 2019, di Venezia, Italia. Penyelenggaraan Paviliun Indonesia di VAB adalah bagian dari tanggung jawab BEKRAF untuk memberikan dukungan kepada semua pemangku kepentingan di bidang ekonomi kreatif, khususnya para praktisi seni rupa di Indonesia.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Rumah Sedap Malam, Atap Miring untuk Konsep Arsitektur Tropis

Rumah sedap malam berlokasi di Pakuan, Bogor ini dirancang untuk dapat merespon iklim dengan menjadikan arah orientasi angin menjadi faktor kunci utama, dan menjadi dasar acuan dalam konsep Arsitektur Tropis. Orientasi utara-selatan pada rumah tinggal ini perlu ditangani dengan benar, seperti menambahkan kisi-kisi untuk mengurangi panas matahari di sisi utara yang diterapkan pada bagian fasad. Atap yang curam juga membantu proses aliran udara dibawah atap menjadi lebih rendah dibandingkan dengan suhu diluar ruangan, sehingga rumah tetap sejuk tanpa pendingin udara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Wiyung House, Pemanfaatan Skylight sebagai Pencahayaan Alami Maksimal

Wiyung House adalah Rumah kediaman Bapak Prihandoyo yang berlokasi di Surabaya, Ibukota Jawa Timur. Awal mula proses desain dimulai dengan desakan agar proses pembangunan rumah ini diselesaikan sesegera mungkin karena kebutuhan untuk pindah kediaman yang sangat mendesak. Alhasil, strategi yang dihasilkan adalah bagaimana menghasilkan desain yang bertumbuh, sehingga ketika pembangunan rumah ini belum selesaipun sudah bisa untuk ditempati.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 months ago

Diskusi dan Pameran Rumah 100 m2, Solusi dari Keterbatasan Lahan di Bali

Jakarta, 7 September 2018 – Bluprin bersama Indonesia Young Architect (IYA) dan TOSTEM by LIXIL mengadakan Diskusi dan Pameran Rumah 100 m2 di HOMEDEC, ICE-BSD, Tangerang. Tema yang diambil adalah Rumah 100 m2, sebuah tema yang menjadi TOR Sayembara Rumah 1 Are di Bali tahun 2017 lalu.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 months ago

<

 Previous