Logo Bluprin Blog

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

ARCHITECTURE - NEWS / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - NEWS / By Aisya Putri / 1 year ago

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Foto: Ruang pameran Indonesian Architect Week Seoul 2017 dengan ekspos dinding keramik khas bangunan tempat pemandian umum di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

Sambutan dari Ketua Koordinator IAWS 2017 Deddy Wahjudi, Kurator Penyelenggara Danny Wicaksono dan Defry Ardianta, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara, Ketua Kongres UIA Seoul 2017 Jong Ruhl Hahn, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, serta Mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia meresmikan pembukaan IAWS 2017.

Arsitek Indonesia

Foto: Suasana pembukaan Indonesian Architect Week Seoul 2017

Terlihat originalitas ruang pameran Haenghwa-Tang yang tetap diekspos menampilkan asal-muasal bangunan asli sebagai tempat pemandian umum. Budaya setempat dengan pemandian umumnya membawa suasana korea dalam tema pameran lewat sisi dindingnya yang khas berlapis keramik.

Haenghwa-Tang merupakan bangunan bekas tempat pemandian umum yang tidak lagi efektif digunakan. Sempat menjadi gudang dan kantor, pada 15 Mei 2016 Sanghyeok Seo, seorang produser kreatif, memutuskan untuk memulai bisnis menciptakan sebuah kompleks multi-cultural art space. Hingga saat ini, telah beberapa kali diadakan beberapa acara di Hanghwa-Tang. Disamping itu, tempat ini juga dilengkapi dengan kafe guna menarik pengunjung yang dapat menghidupkan kembali bangunan ini.

Arsitek Indonesia

Foto: Ruang pameran Indonesian Architect Week Seoul 2017 menampilkan 54 karya arsitek Indonesia

Menurut Danny Wicaksono, salah seorang kurator pameran, konsep art space ini cocok dengan tema kongres Persatuan Arsitek Dunia (UIA) tahun ini yaitu "Soul of City".

"Dengan konsep Soul of City, kami bermaksud menyampaikan cerita mengenai reaksi para arsitek Indonesia dalam menghadapi situasi perkotaan yang terjadi di Indonesia dewasa ini. Sensitivitas dan kecerdikan arsitek-arsitek profesional Indonesia dalam mengolah gagasan arsitektur ketika berhadapan dengan masalah perkotaan dapat terlihat dalam karya-karya yang dipamerkan," ujar Danny.

Artikel lainnya: Tahun 2017 Arsitek Indonesia Pamer Karya di Seoul

Showcase portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Menilik Kantor Studio Air Putih @Batubata, Peraih IAI Awards 2018

Tangerang Selatan, 19 Oktober 2018 – Biro Arsitektur milik Denny Gondo dan Desain Interior milik Joke Roos, Studio Air Putih membuka Open Studio @Batubata di kawasan Serpong. Hal ini dalam merayakan rasa syukur mereka dalam 15 tahun berkarya bersama.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Dibuka Hingga 30 Novermber! Inilah Potret Indonesian Contemporary Art & Design 2018

Jakarta, 14 Oktober 2018 – Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2018 kembali digelar yang ke-9 kalinya oleh Yayasan Design+Art Indonesia. Bertempat di Grandkemang Hotel Jakarta, ICAD berlangsung dari 18 Oktober 2018 hingga 30 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago