Logo Bluprin Blog

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

ARCHITECTURE - NEWS / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - NEWS / By Aisya Putri / 1 year ago

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Foto: Ruang pameran Indonesian Architect Week Seoul 2017 dengan ekspos dinding keramik khas bangunan tempat pemandian umum di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

Sambutan dari Ketua Koordinator IAWS 2017 Deddy Wahjudi, Kurator Penyelenggara Danny Wicaksono dan Defry Ardianta, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara, Ketua Kongres UIA Seoul 2017 Jong Ruhl Hahn, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, serta Mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia meresmikan pembukaan IAWS 2017.

Arsitek Indonesia

Foto: Suasana pembukaan Indonesian Architect Week Seoul 2017

Terlihat originalitas ruang pameran Haenghwa-Tang yang tetap diekspos menampilkan asal-muasal bangunan asli sebagai tempat pemandian umum. Budaya setempat dengan pemandian umumnya membawa suasana korea dalam tema pameran lewat sisi dindingnya yang khas berlapis keramik.

Haenghwa-Tang merupakan bangunan bekas tempat pemandian umum yang tidak lagi efektif digunakan. Sempat menjadi gudang dan kantor, pada 15 Mei 2016 Sanghyeok Seo, seorang produser kreatif, memutuskan untuk memulai bisnis menciptakan sebuah kompleks multi-cultural art space. Hingga saat ini, telah beberapa kali diadakan beberapa acara di Hanghwa-Tang. Disamping itu, tempat ini juga dilengkapi dengan kafe guna menarik pengunjung yang dapat menghidupkan kembali bangunan ini.

Arsitek Indonesia

Foto: Ruang pameran Indonesian Architect Week Seoul 2017 menampilkan 54 karya arsitek Indonesia

Menurut Danny Wicaksono, salah seorang kurator pameran, konsep art space ini cocok dengan tema kongres Persatuan Arsitek Dunia (UIA) tahun ini yaitu "Soul of City".

"Dengan konsep Soul of City, kami bermaksud menyampaikan cerita mengenai reaksi para arsitek Indonesia dalam menghadapi situasi perkotaan yang terjadi di Indonesia dewasa ini. Sensitivitas dan kecerdikan arsitek-arsitek profesional Indonesia dalam mengolah gagasan arsitektur ketika berhadapan dengan masalah perkotaan dapat terlihat dalam karya-karya yang dipamerkan," ujar Danny.

Artikel lainnya: Tahun 2017 Arsitek Indonesia Pamer Karya di Seoul

Showcase portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Bintaro, 18 Agustus 2018 – Yori Antar bersama PT Han Awal & Partners Architects serta Rumah Asuh meluuncurkan buku Pesan Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara di Kantor PT Han Awal & Partners Architects di kawasan Bintaro.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Himpunan Desainer Interior Indonesia adakan Seminar Disruption dan Kongres XV HDII

Jakarta, 17 Desember 2018 – Acara Seminar yang bertemakan Disruption diselenggarakan oleh HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di The Djakarta Theatre. Seminar ini dibuka untuk umum dan mengundang pembicara dari para pelaku industri kreatif Indonesia, di antaranya Selly Cahyani Putri – Associate Director of Media Business for Neilsen Indonesia, Jonathan Aditya dan Johanes Adika – Founder Ars, Narpati Adityasa – Strategic Planning Lead Hybrid:H (Hakuhodo), Desiyanti – Video Producer Lead Tokopedia. Pada esok harinya tanggal 18 Desember 2018 juga akan diadakan Kongres XV HDII untuk para anggota HDII.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago