Logo Bluprin Blog

Beberapa Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Walk in Closet

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Ratna Puspa Dewi
TIPS N IDEA / By Ratna Puspa Dewi / 1 year ago

Beberapa Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Walk in Closet

Foto: Prambanan Residence ©Saveli Interior - Architecture

Walk in closet adalah suatu ruangan yang dibuat untuk menyimpan pakaian dan aksesoris yang biasa Anda pergunakan setiap hari, seperti baju, sepatu, dasi, ikat pinggang, perhiasan, dsb. Sebuah walk in closet biasanya berada dekat dengan kamar tidur, walk in closet akan memberikan solusi tempat penyimpanan bagi penghuni rumah. Layaknya desain furnitur yang lain, desain walk in closet juga harus memperhatikan aspek keindahan dan fungsi. Di ruangan ini juga dapat menjadi tempat Anda untuk berpakaian dan berhias.

Walk in Closet

Foto: Residence atPantai Indah Kapuk ©Ang Wugu

Ukuran Walk in Closet

Ruangan yang akan dijadikan ruang walk in closet harus menjadi pertimbangan utama. Penentuan ruangan mencakup besarnya ruangan dan letak ruangan yang akan digunakan sebagai walk in closet. Untuk luas ruangan bisa disesuaikan dengan ruang kosong yang masih tersisa di rumah Anda. Jika ukuran rumah Anda tidak terlalu luas, Anda mungkin lebih cocok menggunakan lemari tanam atau wardrobe yang lebih hemat tempat. Letak ruangan yang biasa ditempatkan untuk walk in closet adalah di dekat kamar tidur atau dekat dengan kamar mandi.

Walk in Closet

Foto: Mrs. M's House ©AVE Studio

Barang yang Akan Disimpan

Buatlah daftar yang berisi barang apa saja yang akan Anda simpan di ruangan walk in closet tersebut. Dengan daftar yang telah dibuat tersebut, akan memudahkan desain furnitur yang akan dibuat. Misalnya, jika Anda ingin menyimpan sepatu pada ruangan ini berarti butuh lemari khusus untuk sepatu. Atau jika Anda ingin menyimpan kaos kaki, sarung tangan atau aksesoris Anda, berati perlu dibuat beberapa laci tambahan didalam lemari.

Banyak sedikitnya barang yang akan disimpan juga menentukan banyak atau besar lemari yang akan diletakkan didalam ruangan walk in closet ini. Semakin banyak barang yang ingin disimpan berati semakin banyak pula media penyimpanan yang dibutuhkan.

Walk in Closet

Foto: Senayan Townhouse ©Andani Atelier

Artikel Lainnya: Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Pintu

Tata Letak Furniture

Perabot atau furniture yang pasti ada dalam ruangan walk in closet adalah lemari. Lalu, berdasarkan daftar barang yang ingin disimpan, Anda dapat menentukan berapa banyak lemari yang akan diletakkan di ruang tersebut dan berapa ukurannya untuk menampung barang-barang yang ingin disimpan. Kemudian, tentukan juga apakah diperlukan perabot pendukung lainnya, seperti kursi, sofa, meja rias, gantungan baju atau pelengkap lain yang dirasa perlu.

Setelah mendapatkan perabot-perabot apa saja yang akan ada pada ruangan, Anda dapat menentukan dimana letak dari masing-masing perabot. Peletakan perabot hendaknya dalam posisi yang tepat sehingga dapat memudahkan Anda beraktivitas di ruangan dan memperhatikan unsur keserasian ruang secara keseluruhan.

Walk in Closet

Foto: An American ClassicHouse ©7DESIGN ARCHITECT

Desain Furnitur

Setelah langkah-langkah diatas, selanjutnya adalah menentukan desain untuk model furnitur yang akan digunakan. Penentuan desain furnitur disesuaikan dengan tema yang ingin Anda hadirkan pada ruangan walk in closet.

Sebagai media penyimpanan dan furnitur utama pada walk in closet, desain lemari menjadi hal yang harus diperhatikan. Anda dapat menentukan desain lemari misalnya dengan menentukan apakah lemari akan dibuat tertutup atau terbuka, bagaimana penampilan pintu dari lemari yang diinginkan, apakah terbuat dari kaca, apakah perlu menggunakan pintu geser, dan lainnya. Penggunaan pintu geser (sliding door) adalah solusi untuk membuat furnitur lemari yang hemat tempat.

Walk in Closet

Foto: Mrs. Catherine's House ©DEVIDO

Menambahkan Detail

Sebuah ruangan walk in closet haruslah elegan dan memberi rasa nyaman dan menyenangkan saat kita berada didalamnya, untuk itu kita perlu menambahkan beberapa item di dalam ruangan tersebut. Anda bisa melapisi lantai dengan karpet tebal, dan menambahkan tempat duduk untuk mencoba pakaian atau sepatu layaknya di butik.Tambahkan cermin, penggunaan cermin dapat membuat ruangan tersebut terlihat lebih luas.

Walk in Closet

Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: Saat Bingkai Berbicara

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago