Logo Bluprin Blog

Beragam Jenis Sofa untuk Ruang Tamu

TIPS N IDEA / 4 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 4 months ago

Beragam Jenis Sofa untuk Ruang Tamu

Furnitur merupakan dekorasi wajib yang harus ada di setiap rumah, dan sofa menjadi salah satunya. Mengapa? Karena sofa merupakan furnitur yang penting khususnya di ruang tamu. Di sinilah sofa berfungsi sebagai tempat untuk para tamu dan anggota pemilik rumah untuk duduk dan berbincang.

Memiliki peran yang cukup besar membuat sofa diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Selain itu, ukurannya yang cukup besar menjadi magnet tersendiri untuk dijadikanfocal point pada sebuah ruang. Namun, tak terbatas pada hal tersebut. Sofa memiliki pilihan warna, bentuk dan model yang sangat bervariasi. Untuk itu, pilihlah yang paling sesuai dengan hunian Anda. Berikut pilihannya.

1. Dari segi warna

sofa ruang tamu Foto: Kemang Residence ©Vindo Design

Artikel Lainnya: Plus Minus Material Batu Alam sebagai Pelapis Dinding

Warna memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah ruang. Pasalnya, warna pada sofa dapat memberikan kesan yang berbeda-beda. Bisa memberikan kesan sempit, luas, maskulin, semarak ataupun elegan. Misalnya, warna hitam polos dapat memberikan kesan maskulin atau warna-warni dengan banyak corak dapat memberikan kesan sempit. Sebab itu,  pilihlah warna sofa sesuai dengan kesan yang ingin Anda ciptakan.

2. Dari segi bentuk

Pemilihan bentuk sofa mengikuti ukuran dari ruang tamu pemilik rumah. Berikut beragam bentuk-bentuk dari sofa.

- Sofa sudut L


sofa ruang tamu Foto: R+E House ©DP+HS Architects

Sesuai namanya, sofa ini memiliki bentuk memanjang dan menyerupai huruf L. Sofa ini sangat cocok untuk hunian yang memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas karena sofa ini mampu menampung orang hingga 5 orang. 

- Sofa Bed

sofa ruang tamu ©Pinterest

Sofa bed merupakan sofa multifungsi yang tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat duduk, tetapi juga bisa untuk tempat tidur. Ya, sebab sofa bed memiliki desain yang dapat ditarik menjadi kasur. Bila tak digunakan, kasur dapat dilipat kembali sebagai tempat duduk.

Artikel Lainnya: Material Vinyl Lebih Ekonomis Dibanding Pelapis Lain

- Sofa Puff/Kotak

sofa ruang tamu Foto: Sky Terrace Marketing Gallery ©Magi Design Studio 

Jika sofa utama dirasa masih kurang, Anda bisa tambahkan sofa puff yang berbentuk kotak untuk ruang tamu. Sofa jenis ini biasanya tersedia dalam warna-warna yang menarik sehingga pas untuk Anda yang ingin mempercantik ruang. Desainnya pun dilengkapi dengan kaki di bawahnya sehingga memudahkan bila ingin dipindah tempatkan. 

3. Dari segi model

Meski hanya berupa dudukan dan sandaran, sofa memiliki beragam model dimana tiap-tiap model dapat mewakili karakter tertentu.

- Chesterfield 

sofa ruang tamu Foto: Rumah Bapak Edwin ©DesignDee

Yang menjadi ciri khas dari sofa model chesterfield adalah adannya jahitan quilted di sepanjang lengan dan punggung sofa. Dan tinggi dari sandaran punggung dibuat sejajar dengan tinggi dari lengan. Chesterfield umumnya menggunakan material dari kulit sehingga memberikan kesan elegan.

- Cabriole

sofa ruang tamu ©Pinterest

Bagi yang ingin menampilkan kesan tradisional, bisa memilih sofa dengan model Cabriole. Sofa model ini identik sekali dengan rangka kayu yang terekspos dan dengan atau tanpa ukiran. Uniknya, dari sandaran punggung hingga ke lengan dibuat menyambung dan dengan bentuk yang melengkung.

- Lawson

sofa ruang tamu Foto: Residence in Kemayoran ©Ambiguint Studio

Lawson merupakan sofa dengan model yang pada umumnya dimiliki oleh setiap rumahy. Terdiri dari tiga dudukan dengan bagian lengan selalu lebih rendah dari sandaran punggungnya. 

Itulah beragam jenis sofa untuk ruang tamu jika Anda akan menerapkannya di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: S Residence ©ET Associates

Artikel Lainnya: Empat Hal Penting Rumah Tahan Gempa

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago