Logo Bluprin Blog

Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / By Aisya Putri / 1 year ago

Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

Diperlukan desain yang baik agar hunian menjadi tempat yang layak untuk dihuni, baik dari sisi kenyamanan, kesehatan, dan keamanan bangunan. Oleh karena itu, pemakaian jasa arsitek untuk mendesain rumah Anda menjadi solusinya. Dengan menggunakan jasa arsitek, maka perencanaan dan pembangunan menjadi lebih optimal dan kesalahan dalam pengerjaan pun dapat lebih diminimalisir.

Sebelum menetapkan arsitek pilihan, Anda dapat memperkirakan biaya untuk jasa arsitek terlebih dahulu. Terdapat dua cara untuk menghitung anggaran jasa arsitek, yaitu dengan persentase berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan harga per meter persegi.

Bagaimana cara menghitung anggarannya? Artikel ini akan memberikan ilustrasi cara menghitung jasa arsitek dengan asumsi sebagai berikut:

  • Luas tanah 160 m2(8x20 m)
  • Bangunan hunian rumah tinggal pribadi dengan luasan area 200 m2

 Jasa Arsitek

Foto: Diagram luas tanah dan bangunan terdesain

1. Persentase Berdasarkan Rencana Anggaran Biaya

Ruwix is the best place to learn about the Worlds best selling puzzle toys. Check it out on this link.

Pertama, tentukan kategori bangunan yang telah dibagi berdasarkan kategori kepemilikan dan fungsi bangunan. Dengan mengacu pada Tabel Perhitungan Imbalan Jasa Arsitek pada halaman website resmi IAI, rumah tinggal pribadi masuk pada Kategori 3. Berikut cara menghitungnya dengan asumsi biaya konstruksi 4.500.000 / m2:

 Jasa Arsitek

Foto: Cara menghitung jasa arsitek berdasarkan persentase RAB

Jadi, diketahui dengan luasan hunian 200 m2 dan kisaran nilai proyek 900 juta, maka dapat diketahui harga arsitek berkisar 58 juta.

Artikel lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?

2. Harga Per Meter Persegi Luas Terdesain

Selain dengan perhitungan berdasarkan nilai proyek, kisaran biaya jasa arsitek dapat diestimasi melalui harga jasa per meter persegi bangunan. Mengambil contoh perhitungan sebelumnya, didapatkan harga arsitek per meter perseginya adalah 58.000.000 : 200 m-2 = 290 ribu/m2. Umumnya kisaran biaya jasa arsitek berkisar 200-750ribu/m2. Tetapi, beberapa arsitek menentukan tarif diatas atau dibawah kisaran harga tersebut. Perbedaan harga biasanya dipengaruhi oleh pengalaman dan kemampuan arsitek dalam mendesain. Tentunya, tarif desain dapat bervariasi tergantung luasan, lingkup pekerjaan dan kategori proyek.

Semoga artikel ini membantu memperkirakan harga arsitek untuk rumah tinggal impian Anda! Temukan jasa arsitek dan desain interior terbaik untuk kebutuhan desain dan renovasi Anda di bluprin.com.

Artikel lainnya: Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

YAX 2018 Exhibition Highlights

Yogyakarta – 5 s.d 28 Mei 2018, Young Architect Exhibition 2018 atau disingkat YAX 2018 mengambil tema ‘Liberating Space: Negasi Ruang Kebas’. Pameran ini diinisiai oleh Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) dengan CDS dan Videshiiya Studio, beserta JP Studio yang pada kesempatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara pameran.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) - Achmad Tardiyana

Pekanbaru - Jumat, 20 April 2018, Nongkrong Bareng Arstektur (NBA) Pekanbaru menghadirkan salah satu principal dari Urbane Indonesia yaitu Achmad D. Tardiyana atau yang sering disapa dengan Mas Apep. Senior arsitek yang menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Arsitektur ITB dan mendapat gelar MMUD di University of South Wales, Sydney Australia ini menjadi pembicara di acara NBA-Pekanbaru yang diselenggarakan di L'Cheese Factory. Beliau mempresentasikan karyanya bersamma Urbane Indonesia di antaranya yaitu Rasuna Epicentrum, Rektorat Universitas Tarumanagara, The Grand Mosque of The West Sumatera, Tsunami Museum of Banda Aceh, Nipah Mall Makasar dan IISP Jakarta. Adapun diskusi tentang kota, baginya kota yang baik walaupun padat tetap harus bisa menaungi kegiatan dan penghuni di dalamnya agar bisa bereksistensi.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Tipe Arsitek Manakah Anda?

Arsitektur merupakan sebuah bidang ilmu yang luas dan mencakup berbagai aspek, sehingga daya tarik arsitektur bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa arsitektur juga berbeda-beda. Luasnya ruang lingkup arsitektur mengakibatkan para pelaku yang bergelut dalam bidang ini memiliki latar belakang, motivasi, karakteristik, keahlian, maupun selera yang beragam.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago