Logo Bluprin Blog

Bobobox - Hotel Kapsul dengan Kontrol Pod melalui Aplikasi

ARCHITECTURE - PROJECTS / 4 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 4 months ago

Bobobox - Hotel Kapsul dengan Kontrol Pod melalui Aplikasi

Nama Prinsipal 
:
Yanuar P. Firdaus, MBA, IAI
Tim Arsitek
:
Gea Sentanu, ST
Putri Auliya, S.Ds
Hatif Adiar, S.Ds
Azzahra A.P.
Dartaman, S.Ars, B.AppSc
Klien
:
PT. Bobobox Indonesia
Kontraktor
:
ASEP Development
Lokasi Proyek
:
Bandung
Luas Lahan / Bangunan
:
990 m2/ 380 m2
Tahun Terbangun
:
2018
Fotografer
:
Ahmad Qois





Deskripsi oleh Aaksen Studio

Hotel kapsul sangat populer karena menyediakan akomodasi bermalam yang terdiri dari kapsul kecil dan self-service, tidak seperti hotel konvensional. Kolaborasi Bobobox Indonesia dengan Aaksen Studio (arsitektur), ASEPDEV (konstruksi) dan Monoponik (desain grafis) telah melahirkan hotel pod pertama di Indonesia.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Artikel Lainnya: Rumah Sela - Proporsi Solid Void yang Menciptakan Keseimbangan Ruang

Membawa citra ruang futuristik, Bobobox menyambut wisatawan untuk bersantai di dalam pod yang berteknologi yang menawarkan kenyamanan maksimal dan hemat biaya. Setiap pod menyediakan ruang inap yang tenang dengan privasi maksimal yang diberikan, memberikan pengalaman yang luar biasa dengan menempatkan keterlibatan manusia dan teknologi ke depan. Pengaruh teknologi berdampak pada berbagai cara yang dihadirkan di hotel ini, dari reservasi hotel, mengontrol fasilitas pod, bahkan mengobrol santai bersama sesama wisatawan lainnya.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Di era milenium ini di mana para pelancong sering mencari pengalaman unik, Bobobox memungkinkan eksplorasi lingkungan tidur yang berbeda. Pod yang didesain berbentuk huruf L, berhadapan satu sama lain. Para tamu bebas memilih preferensi kamar antara turun ke kamar bagian bawah, the Earth Room, atau naik ke kamar bagian atas, the Sky Room, di mana setiap kamar cocok untuk 2 orang dengan tempat tidur king-size.

Bobobox

©Ahmad Qois

©Ahmad Qois

Artikel Lainnya: MandAnila House - Roster sebagai Fasad Hunian

Kontrol pod dapat diakses melalui aplikasi Bobobox dari telepon, dari membuka pintu, mengatur lampu, hingga menyesuaikan volume atau memilih musik. Sense juga sangat terpukau oleh pengaturan cahaya karena berbagai suasana hati dapat dipilih, apakah seseorang lebih suka berada dalam suasana zen atau groovy. Semua fitur dipersonalisasi oleh aksesibilitas yang cerdas.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Selama proses desain dan konstruksi, tantangan seperti batasan waktu, ruang terbatas, dan biaya minimum dianggap sebagai pemicu untuk menciptakan solusi kreatif daripada dianggap sebagai hambatan. Desain yang ramah lingkungan juga sebagai campaign untuk mengurangi limbah. Menjunjung tinggi manufaktur yang hemat biaya dan efektif, desain modular dikombinasikan dengan sistem knock-down yang memimpikan kemungkinan masa depan untuk pengiriman pods di seluruh negeri. Oleh karena itu, mengurangi kemungkinan kekurangan bahan bangunan di daerah yang jauh dan kesalahan manusia dalam perakitan akhir dibandingkan dengan perakitan konvensional.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Nilai-nilai arsitektur yang bertanggungjawab tercakup di dalam proyek secara menyeluruh karena menjadikan lingkungan yang dirancang dengan baik, mengatasi tantangan kelangkaan lahan dengan menyediakan akomodasi kompak dengan pengalaman berlimpah yang ditawarkan.

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/bobobox

Lihat profil Aaksen Studio:
https://www.bluprin.com/aaksen-studio

Artikel Lainnya: Hikari House - Antar Ruang yang Saling Berhubungan dengan Konsep Terrace House

Artikel Menarik Lainnya

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata

Brief awal yang diberikan pemilik rumah kepada arsitek adalah untuk tidak menebang 3 pohon mangga yang ada di tanah existing dan menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru tanpa membuat ketimpangan. Existing tanah baru tepat dibelakang bangunan lama yang dibangun sekitar pertengahan 90an, dengan view laut dan bandara Ngurah Rai embuat orientasi bangunan jelas untuk merespon pemandangan yang dimiliki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago