Logo Bluprin Blog

Bobobox - Hotel Kapsul dengan Kontrol Pod melalui Aplikasi

ARCHITECTURE - PROJECTS / 2 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 2 months ago

Bobobox - Hotel Kapsul dengan Kontrol Pod melalui Aplikasi

Nama Prinsipal 
:
Yanuar P. Firdaus, MBA, IAI
Tim Arsitek
:
Gea Sentanu, ST
Putri Auliya, S.Ds
Hatif Adiar, S.Ds
Azzahra A.P.
Dartaman, S.Ars, B.AppSc
Klien
:
PT. Bobobox Indonesia
Kontraktor
:
ASEP Development
Lokasi Proyek
:
Bandung
Luas Lahan / Bangunan
:
990 m2/ 380 m2
Tahun Terbangun
:
2018
Fotografer
:
Ahmad Qois





Deskripsi oleh Aaksen Studio

Hotel kapsul sangat populer karena menyediakan akomodasi bermalam yang terdiri dari kapsul kecil dan self-service, tidak seperti hotel konvensional. Kolaborasi Bobobox Indonesia dengan Aaksen Studio (arsitektur), ASEPDEV (konstruksi) dan Monoponik (desain grafis) telah melahirkan hotel pod pertama di Indonesia.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Artikel Lainnya: Rumah Sela - Proporsi Solid Void yang Menciptakan Keseimbangan Ruang

Membawa citra ruang futuristik, Bobobox menyambut wisatawan untuk bersantai di dalam pod yang berteknologi yang menawarkan kenyamanan maksimal dan hemat biaya. Setiap pod menyediakan ruang inap yang tenang dengan privasi maksimal yang diberikan, memberikan pengalaman yang luar biasa dengan menempatkan keterlibatan manusia dan teknologi ke depan. Pengaruh teknologi berdampak pada berbagai cara yang dihadirkan di hotel ini, dari reservasi hotel, mengontrol fasilitas pod, bahkan mengobrol santai bersama sesama wisatawan lainnya.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Di era milenium ini di mana para pelancong sering mencari pengalaman unik, Bobobox memungkinkan eksplorasi lingkungan tidur yang berbeda. Pod yang didesain berbentuk huruf L, berhadapan satu sama lain. Para tamu bebas memilih preferensi kamar antara turun ke kamar bagian bawah, the Earth Room, atau naik ke kamar bagian atas, the Sky Room, di mana setiap kamar cocok untuk 2 orang dengan tempat tidur king-size.

Bobobox

©Ahmad Qois

©Ahmad Qois

Artikel Lainnya: MandAnila House - Roster sebagai Fasad Hunian

Kontrol pod dapat diakses melalui aplikasi Bobobox dari telepon, dari membuka pintu, mengatur lampu, hingga menyesuaikan volume atau memilih musik. Sense juga sangat terpukau oleh pengaturan cahaya karena berbagai suasana hati dapat dipilih, apakah seseorang lebih suka berada dalam suasana zen atau groovy. Semua fitur dipersonalisasi oleh aksesibilitas yang cerdas.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Selama proses desain dan konstruksi, tantangan seperti batasan waktu, ruang terbatas, dan biaya minimum dianggap sebagai pemicu untuk menciptakan solusi kreatif daripada dianggap sebagai hambatan. Desain yang ramah lingkungan juga sebagai campaign untuk mengurangi limbah. Menjunjung tinggi manufaktur yang hemat biaya dan efektif, desain modular dikombinasikan dengan sistem knock-down yang memimpikan kemungkinan masa depan untuk pengiriman pods di seluruh negeri. Oleh karena itu, mengurangi kemungkinan kekurangan bahan bangunan di daerah yang jauh dan kesalahan manusia dalam perakitan akhir dibandingkan dengan perakitan konvensional.

Bobobox

©Ahmad Qois

Bobobox

©Ahmad Qois

Nilai-nilai arsitektur yang bertanggungjawab tercakup di dalam proyek secara menyeluruh karena menjadikan lingkungan yang dirancang dengan baik, mengatasi tantangan kelangkaan lahan dengan menyediakan akomodasi kompak dengan pengalaman berlimpah yang ditawarkan.

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/bobobox

Lihat profil Aaksen Studio:
https://www.bluprin.com/aaksen-studio

Artikel Lainnya: Hikari House - Antar Ruang yang Saling Berhubungan dengan Konsep Terrace House

Artikel Menarik Lainnya

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

Membangun kembali sarana dan prasarana pasca bencana sangat penting sebagai upaya pemulihan kehidupan masyarakat di Lombok. Shera dan Fakultas Teknik UI mendukung inisiasi sekolah tanggap bencana.

Sponsored Article

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 day ago

White Cliff House, Kontur 30 derajat sebagai Kekuatan Desain

Di atas sebuah lahan miring dan memanjang 6,5x25 meter didirikan 3 buah program bangunan pada deretan anak-anak tangga yang disusun sedemikian sehingga menyerupai taman berundak yang bersambung dari ujung bawah hingga ke ujung atas, yaitu 2 unit loft yang diperuntukkan sebagai guest house dan 1 unit rumah 2 lantai untuk sang pemilik pada posisi paling atas

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Nouve House, Minimum Site Maximum Space

Membangun rumah tinggal di Kota Jakarta masih menjadi primadona penduduk asli Ibukota. Di samping kekerabatan keluarga dan budaya yang kental, kenangan semasa kecil lah yang membuat mereka enggan untuk meninggalkan kota kelahirannya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Rumah Sedap Malam, Atap Miring untuk Konsep Arsitektur Tropis

Rumah sedap malam berlokasi di Pakuan, Bogor ini dirancang untuk dapat merespon iklim dengan menjadikan arah orientasi angin menjadi faktor kunci utama, dan menjadi dasar acuan dalam konsep Arsitektur Tropis. Orientasi utara-selatan pada rumah tinggal ini perlu ditangani dengan benar, seperti menambahkan kisi-kisi untuk mengurangi panas matahari di sisi utara yang diterapkan pada bagian fasad. Atap yang curam juga membantu proses aliran udara dibawah atap menjadi lebih rendah dibandingkan dengan suhu diluar ruangan, sehingga rumah tetap sejuk tanpa pendingin udara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago