Logo Bluprin Blog

Calibrate Coffee - Desain Cafe Bergaya Eklektik Kontemporer

INTERIOR - PROJECTS / 9 months ago / By Ratna Puspa Dewi

Calibrate Coffee - Desain Cafe Bergaya Eklektik Kontemporer

INTERIOR - PROJECTS / By Ratna Puspa Dewi - 9 months ago

Berlokasi di daerah Puri Kembangan, Jakarta Barat, proyek desain cafe bergaya eklektik kontemporer ini dirancang oleh Mile Atelier dengan luas area 140 meter persegi dan diberi nama Calibrate Coffee oleh sang pemilik.

Calibrate Coffee

Foto: Seating Area ©Bluprin

Salah satu hal unik dibalik nama Calibrate Coffee adalah kata 'kalibrasi' itu sendiri. Kalibrasi yang dimaksud disini adalah proses mencari hubungan antara 2 kuantitas yang tidak diketahui: panas dan dingin, hitam dan putih, kopi dan krim, keras dan lembut, orang asing/tak dikenal dan teman, serta kopi + desain.

Calibrate Coffee

Foto: Outdoor Seating ©Bluprin

Mile Atelier memiliki objektif untuk mewujudkan impian dari sang pemilik dan melalui diskusi yang intens dan passionate, sebuah konsep desain interior muncul.

Calibrate Coffee

Foto: Island Counter Design ©Bluprin

Desain interior kafe menghadirkan warna biru dengan maksud untuk memberi kesan menenangkan bagi para pengunjung dan penikmat kopi. Di samping itu, warna biru yang dipilih sebagai warna meja konter juga menjadi sebuah Point of Interest serta sebagai identitas dari kafe ini sendiri.

Artikel lainnya: Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Calibrate Coffee

Foto: Seating Area ©Bluprin

Secara keseluruhan, kesan yang ingin diciptakan adalah suasana kafe yang lapang melalui desain interior yang meminimalisirkan hiasan-hiasan dekoratif pada interior kafe.

Calibrate Coffee

Foto: Bar Seating Area ©Bluprin

Calibrate Coffee

Foto: Terrace Area ©Bluprin

Kekontrasan elemen-elemen pada kafe ini seperti elemen natural, roughness, massiveness, dan hardness, serta bagian elemen metal yang mana berhubungan dengan proses pembuatan kopi dan aromanya, menjadi sebuah tantangan tersendiri yang menarik.

Calibrate Coffee

Foto: Island Counter Design ©Bluprin

Desain konter dibuat terbuka dan diposisikan sebagai island counter pada bagian tengah kafe agar pembeli dapat melihat proses pembuatan kopi dan mencium langsung aroma yang dihasilkan. “Tanpa aroma kopi, kita mungkin tidak akan mencicipinya", jelas sang desainer.

Di samping itu, desain konter kafe yang terbuka juga menciptakan interaksi secara langsung antara pembeli dan barista. Hal-hal seperti ini menjadi pertimbangan penting bagi sang desainer dalam proses mendesain interior kafe.

Calibrate Coffee

Foto: Seating Corner ©Bluprin

Hal menarik yang ditawarkan Calibrate Coffeetidak hanya terbatas sebagai spesialis kopi, tetapi juga juga menyediakan tempat untuk berkumpul, mengobrol, membaca, menulis, menghibur, atau meluangkan waktu, baik untuk individu perorangan atau dalam sebuah grup.

Calibrate Coffee

Foto: Gathering Corner ©Bluprin

Hal ini dimaksudkan agar pengunjung kafe, baik yang datang seorang diri ataupun dengan sekelompok teman, semuanyadapat menikmati kopi ditemani dengan suasana interior yang nyaman dan lapang.

Artikel lainnya: 5 Siasat agar Ruang Tidur Terkesan Lapang

You May Also Like

ZHUMA Senayan City - Einstein & Associates

Ide dan konsep di balik Zhuma adalah restoran tradisional Jepang yang sangat kental dengan budaya dan filosofi Jepang. Restoran ini menggunakan lambang tradisional Jepang atau yang oleh orang Jepang disebut ‘Kamon’ sebagai salah satu elemen tradisional utama di seluruh restoran. 

INTERIOR | By Bluprin - 2 months ago

Desain Apartemen Cerah & Hangat Bergaya Scandinavian Interior

Mengusung konsep simplicity, unit apartemen yang terletak di daerah Jakarta Pusat ini menganut gaya Scandinavian Interior yang dipadukan dengan elemen dan filosofi budaya Jepang. Tentunya konsep ini bukan semata-mata mengikuti tren, namun lebih kepada esensi dari karakteristik penghuni yang dituangkan ke dalam ruang kosong (bare space).

INTERIOR | By Bluprin - 1 year ago

Komunikasi Bagian Lama dan Baru: Renovasi Rumah El Cabanal

Rumah loft yang unik ini berlokasi di dekat Pantai Malvarrosa, Kota Valencia. Awalnya, rumah ini berada di lantai atas townhouse biasa yang dibatasi dinding bersama. Akses dari jalan harus melalui tangga yang sempit. Letaknya yang menjorok membutuhkan ruang-ruang penghubung yang mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara dari sebuah taman kecil.

INTERIOR | By Bluprin - 1 year ago

Kantor SPPI oleh Delution Architect

Konsep desain kantor yang dapat menampilkan identitas perusahaan merupakan hal yang terpenting. Sama halnya dengan konsep yang diterapkan pada desain Kantor SPPI yang terletak di Kota Kasablanka, Jakarta. Delution sebagai tim arsitek dalam proyeknya kali ini ingin merepresentasikan SPPI melalui penggunaan unsur-unsur yang terdapat pada logo perusahaan.

INTERIOR | By Heni Nurmawanti - 1 year ago