Logo Bluprin Blog

Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Jendela, Dinding, dan Struktur

ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / By Aisya Putri / 1 year ago

Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Jendela, Dinding, dan Struktur

Membaca denah gambar kerja bukanlah hal yang sulit, hanya belum familiar bagi mereka yang berprofesi di luar bidang arsitektur ataupun teknik bangunan. Padahal, dalam merenovasi ataupun membangun rumah seringkali bertemu dengan denah gambar kerja dari arsitek ataupun kontraktor. Kali ini akan dibahas anotasi jendela, dinding, dan struktur pada denah hunian.

Anotasi Jendela

Jendela merupakan aspek penting untuk sirkulasi udara alami dalam suatu ruang. Pengaplikasian jenis jendela harus disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Kesalahan peletakan jendela dalam suatu ruang akan berakibat fatal terutama bagi kesehatan. Terlebih lagi, untuk rumah tinggal atau apartemen yang akan ditinggali dalam waktu lama. Berikut terdapat 4 jenis jendela yang sering digunakan pada hunian di Indonesia.

 Membaca Cepat Gambar Denah

Jendela Mati

Jendela yang tidak bisa dibuka-tutup ini biasanya berfungsi untuk memberikan penerangan ke dalam ruang dengan cahaya alami namun tidak berfungsi untuk sirkulasi udara. Jendela jenis ini biasanya digunakan untuk menghindari kesan masif pada suatu ruang atau memberikan aksen pada fasade.

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: WA House ©Dasadani

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Budisari Residence ©Bluprin

Jendela Ventilasi

Sebutan ventilasi disesuaikan dengan letaknya pada sisi atas dinding dan dengan fungsi utama sebagai bukaan untuk pertukaran udara. Jendela jenis ini mayoritas digunakan pada kamar mandi sebagai ventilasi yang fungsional untuk sirkulasi udara dalam kamar mandi sekaligus sebagai bukaan untuk pencahayaan.

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Greta90 ©Interiores

Artikel Lainnya: Apakah Arsitektur Minimalis itu Murah karena Pemakaian Kata Minimal?

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto:Residential Project at Permata Hijau ©Mural

Jendela Geser

Berfungsi sama dengan pintu geser, jendela ini dibuka dengan cara digeser pada jalur rel. Jendela berfungsi efektif untuk sirkulasi udara dan pencahayaan alami, serta dengan pemakaian ruang yang lebih efektif dibandingkan dengan jendela ayun.

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Grand Galaxy Residence ©Exxo Interior

Jendela Ayun

Sedikit berbeda dengan pintu ayun, jendela jenis ini tidak terlalu sering digunakan pada rumah tinggal. Pemakaian ruang yang kurang efisien mungkin menjadi alasan kurangnya pemakai jendela jenis ini. Namun di samping itu, jendela jenis ini seringkali dipilih oleh arsitek untuk membentuk gaya desain tertentu.

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Dempo House ©Fabelio Design and Build

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Red Renovation House ©Armeyn Ilyas

Anotasi Dinding dan Struktur

Penting untuk memahami gambar dinding dan struktur pada bangunan hunian untuk dapat membaca citra dan hubungan antar ruang yang akan terbangun. Umumnya, jenis dinding yang digunakan pada hunian adalah dinding partisi dan dinding bata, sedangkan kolom menjadi tiang penyangga beban pada hunian rumah tinggal.

Artikel Lainnya: Rumah ModernTropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

 Membaca Cepat Gambar Denah

Kolom Struktur

Pada gambar kerja, kolom umumnya direpresentasikan dengan bidang yang diblok dengan warna hitam. Bentuk bidang kolom disesuaikan dengan bentuk kolom yang ingin dibangun. Dimensi kolom disesuaikan dengan beban yang harus ditopang tiap kolomnya. Pada struktur rumah tinggal sederhana kolom dapat disembunyikan pada dinding karena beban yang ditopang tidak memerlukan kolom dengan dimensi besar, sehingga ruang yang dipakai dapat lebih efektif.

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Sujiva Living ©Somia Design

Membaca Cepat Gambar DenahFoto: Diminished House ©Wahana Architects

Dinding Partisi

Dinding ini berfungsi untuk membagi ruang atau biasa disebut sekat. Ketebalan dari dinding partisi biasanya lebih tipis dari ketebalan dinding struktur karena fungsinya yang tidak menahan beban. Dinding ini bersifat dekoratif sehingga terdapat berbagai macam material dan bentuk yang dapat digunakan untuk membentuk dinding partisi ini.

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: NEXT House ©STUDIOKAS+

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Rumah Kost Keputih Jilid 2 ©Andyrahman Architect

Dinding Bata

Dinding ini terbentuk dari susunan batu bata dan bersifat struktural pada rumah tinggal. Finishing dari dinding ini disesuaikan dengan desain yang diinginkan, dapat diekspos ataupun ditutup dengan plester.

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Membaca Cepat Gambar Denah

Foto: Cipete House ©Inspiratio Indonesia

-Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda lebih memahami jenis jendela, dinding, dan struktur apa saja yang akan digunakan pada hunian Anda, ya!

Cover Foto: ©Tstactic

Artikel Lainnya: Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Pintu

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

YAX 2018 Exhibition Highlights

Yogyakarta – 5 s.d 28 Mei 2018, Young Architect Exhibition 2018 atau disingkat YAX 2018 mengambil tema ‘Liberating Space: Negasi Ruang Kebas’. Pameran ini diinisiai oleh Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) dengan CDS dan Videshiiya Studio, beserta JP Studio yang pada kesempatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara pameran.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) - Achmad Tardiyana

Pekanbaru - Jumat, 20 April 2018, Nongkrong Bareng Arstektur (NBA) Pekanbaru menghadirkan salah satu principal dari Urbane Indonesia yaitu Achmad D. Tardiyana atau yang sering disapa dengan Mas Apep. Senior arsitek yang menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Arsitektur ITB dan mendapat gelar MMUD di University of South Wales, Sydney Australia ini menjadi pembicara di acara NBA-Pekanbaru yang diselenggarakan di L'Cheese Factory. Beliau mempresentasikan karyanya bersamma Urbane Indonesia di antaranya yaitu Rasuna Epicentrum, Rektorat Universitas Tarumanagara, The Grand Mosque of The West Sumatera, Tsunami Museum of Banda Aceh, Nipah Mall Makasar dan IISP Jakarta. Adapun diskusi tentang kota, baginya kota yang baik walaupun padat tetap harus bisa menaungi kegiatan dan penghuni di dalamnya agar bisa bereksistensi.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Tipe Arsitek Manakah Anda?

Arsitektur merupakan sebuah bidang ilmu yang luas dan mencakup berbagai aspek, sehingga daya tarik arsitektur bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa arsitektur juga berbeda-beda. Luasnya ruang lingkup arsitektur mengakibatkan para pelaku yang bergelut dalam bidang ini memiliki latar belakang, motivasi, karakteristik, keahlian, maupun selera yang beragam.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago