Logo Bluprin Blog

Cara Tepat Memilih Karpet

TIPS N IDEA / 3 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 3 months ago

Cara Tepat Memilih Karpet

Apa yang Anda pertimbangkan saat ingin membeli karpet? Motif, bahan, atau warnanya? Apa pun itu, Anda harus memperhatikan konsep ruang yang diusung. Sebab, tema atau konsep ruang sangat penting dalam proses memilih karpet. Untuk merasakan sensasi hangat dan nyaman, baik dari sisi estetika maupun psikologis, Anda harus memperhatikan 4 elemen penting saat memilih karpet yaitu warna, corak/motif, tekstur (bahan), dan ukuran. Keempat elemen ini juga akan memudahkan Anda dalam menentukan apakah karpet tersebut akan berperan sebagai focal point (titik perhatian) atau hanya sebagai aksen. Selain disesuaikan dengan peran karpet dan tema ruang, pemilihan karpet juga didasarkan pada fungsi ruang. Simak tipnya!


Beda Gaya Ruang, Beda Pilihan

Saat memilih karpet, sebaiknya sesuaikan motif dan warna karpet dengan tema ruang yang diusung. Untuk Anda penikmat sentuhan modern dan klasik, berikut ini tip yang

harus diperhatikan.


1. Detail Rumit untuk Sentuhan Klasik

Cara Tepat Memilih KarpetFoto: The Wave Apartment ©Pureline Living


Artikel Lainnya: 4 Cara Menggunakan Tanaman untuk Mereduksi Panas di Rumah


Saat memilih karpet untuk tema interior dengan sentuhan klasik, karpet Persia atau karpet lainnya dengan detail oriental dan Eropa bisa menjadi pilihan. Namun, bila memadukannya dengan konsep modern, Anda bisa menggunakan karpet dengan motif yang tidak terlalu rumit, namun masih mencerminkan sentuhan klasik, misalnya motif geometri. Anda juga bisa memilih karpet yang memiliki motif pada bagian pinggirnya, sebagai aksen agar tidak monoton. Dari sisi warna, karpet dengan sentuhan klasik lebih banyak menggunakan warna-warna tanah, seperti cokelat tua atau krem.


2. Pilihan Motif untuk Sentuhan Modern

Cara Tepat Memilih KarpetFoto: Kusama Chandra Apartment ©Archemist Studio


Untuk Anda penyuka sentuhan modern dalam tatanan interior, karpet dengan motif kotak-kotak, garis-garis lurus, geometri, lengkung, atau polos bisa menjadi pilihan terbaik. Bila ingin disesuaikan berdasarkan warna, Anda bisa memilih warna natural seperti putih, abu-abu, atau cokelat. Pemilihan warna tersebut ditentukan pula oleh nuansa warna pada ruangan tersebut. Bila ruangannya bernuansa putih, sebaiknya gunakan karpet dengan warna putih pula namun padukan dengan warna lain sebagai aksen, misalnya merah.


Artikel Lainnya: Lantai Kayu atau Lantai Parket? Kenali Tipe dan Perbedaannya untuk Rumah Anda


Beda Ruang, Beda Aplikasi

Tidak hanya dari tema interior, pemilihan karpet juga disesuaikan dengan fungsi ruang. Berikut tip aplikasinya.


1. Ruang Tamu: Tutupi Sebagian Saja

Cara Tepat Memilih KarpetFoto: Booth Exhibition Bank BTN ©Gero Living


Cara Tepat Memilih Karpet Foto: SC House ©Architectron

Bila memilik dari fungsi ruang, karpet dibedakan dari ukuran dan cara mengaplikasikannya. Untuk ruang tamu, fungsi karpet hanya sebatas sebagai alas meja. Bisa pula diaplikasikan hingga berbatasan dengan kaki sofa atau kursi bagian depan. Pada area ini, karpet berfungsi sebagai elemen estetika dan pemberi kesan hangat sehingga ruangan tidak terkesan kaku.

 

2. Ruang Makan: Pembeda Ruang

Cara Tepat Memilih KarpetFoto: UA House ©Studio Nol


Cara Tepat Memilih KarpetFoto: Mr. A - Makassar ©Manna Interior

Pada area ini, gunakan ukuran karpet yang lebih besar, bila perlu melebihi batas kursi. Hal ini bertujuan untuk membedakan ruang makan dengan ruang-ruang lainnya. Bagi Anda yang memiliki luas area terbatas, kehadiran karpet akan membuat fungsi ruang tampak terlihat jelas. Namun, ingat gunakan motif dan tekstur yang sesuai dengan tema ruang yang diusung untuk menghindari tabrak tema.


Foto cover : J House ©A108 Design Studio 

Artikel Lainnya: Desain Dapur Berbiaya Murah, Berikut Pilihan Materialnya!


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago