Logo Bluprin Blog

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

ARCHITECTURE - PROJECTS / 1 year ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 1 year ago

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Arsitek                      : MINT-DS

Lokasi Proyek          : Seminyak, Bali

Luas Tanah              : 1.375 m2

Tahun Terbangun     : 2015

Fotografer                : William Kalengkongan

Deskripsi oleh MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang terkenal baik di Jakarta dan Bali.
Char Char Bar & Grill
Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.
Char Char Bar & Grill
Arsitek lalu mencoba untuk mendesain bangunan restoran dengan tipologi arsitektur dan desain interior yang berbeda sehingga dapat memberikan pengalaman ruang yang baru bagi para pengunjung selain dari beragam pengalaman kuliner unik yang ditawarkan oleh restoran itu sendiri.
Char Char Bar & Grill
Terletak di pusat kegiatan Seminyak, Bali, arsitektur bangunan ini merupakan respons dan selebrasi dari pergerakan pejalan kaki di Jalan Kayu Aya yang tidak banyak ditemukan di kota-kota lainnya di Indonesia. Respons dilakukan dengan menghadirkan sebuah ruang terbuka dengan desain layaknya sebuah tangga atau tribune sebagai area makan yang menghadap jalanan yang dipenuhi oleh lalu lalang pejalan kaki dan kendaraan. Dengan demikian, tercipta interaksi antara para pengunjung restoran dengan para pejalan kaki dan mengundang masuk suasana dari luar ke dalam bangunan.
Char Char Bar & Grill
Pola heksagon pada screen merupakan ide dasar dari bentuk bangunan yang kemudian dikembangkan berdasarkan fungsinya lebih lanjut. Pola heksagon diambil dari motif tradisional yang banyak digunakan di kawasan Asia Pasifik.
Char Char Bar & Grill
Pola ini merupakan elemen bentuk yang memiliki potensi untuk dikembangkan ke arah yang lebih modern dan dapat diterapkan secara konseptual dan menyeluruh pada konsep layout, facade, desain interior, dan furnitur.
Char Char Bar & Grill
Lantai dasar dijadikan sebagai area makan indoor. Tribune atau lantai atas merupakan area makan outdoor yang dapat dicapai dengan menggunakan ramp. Area ini diselubungi oleh kulit bangunan yang berpori dengan pola vegetasi acak yang dapat menciptakan sirkulasi udara yang baik. Atap lantai atas merupakan sistem yang dapat dibuka-tutup sehingga memperkuat nuansa outdoor pada bangunan ini.
Char Char Bar & Grill

Lihat profil lengkap MINT-DS di sini:

https://bluprin.com/mint-ds

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata

Brief awal yang diberikan pemilik rumah kepada arsitek adalah untuk tidak menebang 3 pohon mangga yang ada di tanah existing dan menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru tanpa membuat ketimpangan. Existing tanah baru tepat dibelakang bangunan lama yang dibangun sekitar pertengahan 90an, dengan view laut dan bandara Ngurah Rai embuat orientasi bangunan jelas untuk merespon pemandangan yang dimiliki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago