Arsitek                      : MINT-DS

Lokasi Proyek          : Seminyak, Bali

Luas Tanah              : 1.375 m2

Tahun Terbangun     : 2015

Fotografer                : William Kalengkongan

Deskripsi oleh MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang terkenal baik di Jakarta dan Bali.
Char Char Bar & Grill
Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.
Char Char Bar & Grill
Arsitek lalu mencoba untuk mendesain bangunan restoran dengan tipologi arsitektur dan desain interior yang berbeda sehingga dapat memberikan pengalaman ruang yang baru bagi para pengunjung selain dari beragam pengalaman kuliner unik yang ditawarkan oleh restoran itu sendiri.
Char Char Bar & Grill
Terletak di pusat kegiatan Seminyak, Bali, arsitektur bangunan ini merupakan respons dan selebrasi dari pergerakan pejalan kaki di Jalan Kayu Aya yang tidak banyak ditemukan di kota-kota lainnya di Indonesia. Respons dilakukan dengan menghadirkan sebuah ruang terbuka dengan desain layaknya sebuah tangga atau tribune sebagai area makan yang menghadap jalanan yang dipenuhi oleh lalu lalang pejalan kaki dan kendaraan. Dengan demikian, tercipta interaksi antara para pengunjung restoran dengan para pejalan kaki dan mengundang masuk suasana dari luar ke dalam bangunan.
Char Char Bar & Grill
Pola heksagon pada screen merupakan ide dasar dari bentuk bangunan yang kemudian dikembangkan berdasarkan fungsinya lebih lanjut. Pola heksagon diambil dari motif tradisional yang banyak digunakan di kawasan Asia Pasifik.
Char Char Bar & Grill
Pola ini merupakan elemen bentuk yang memiliki potensi untuk dikembangkan ke arah yang lebih modern dan dapat diterapkan secara konseptual dan menyeluruh pada konsep layout, facade, desain interior, dan furnitur.
Char Char Bar & Grill
Lantai dasar dijadikan sebagai area makan indoor. Tribune atau lantai atas merupakan area makan outdoor yang dapat dicapai dengan menggunakan ramp. Area ini diselubungi oleh kulit bangunan yang berpori dengan pola vegetasi acak yang dapat menciptakan sirkulasi udara yang baik. Atap lantai atas merupakan sistem yang dapat dibuka-tutup sehingga memperkuat nuansa outdoor pada bangunan ini.
Char Char Bar & Grill

Lihat profil lengkap MINT-DS di sini:

https://bluprin.com/mint-ds

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Sushi Hiro Senopati - AYYA

Sushi Hiro Senopati merupakan gerai pertama dari Sushi Hiro yang melibatkan arsitektur sebagai bagian dari keseluruhan desain. Dari luas lahan sekitar 450 m2, klien menginginkan sebuah bangunan semi permanen yang hanya terdiri dari satu lantai dengan konstruksi yang mudah dan cepat. Klien menginginkan beberapa kebutuhan ruang yang bersifat primer seperti area dapur dan gudang, area restoran, VIP, serta sushi bar.

27 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin