Logo Bluprin Blog

CL House, Konsep Pinhole Glass pada Fasad

ARCHITECTURE - PROJECTS / 2 weeks ago / By Bluprin

CL House, Konsep Pinhole Glass pada Fasad

ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin - 2 weeks ago

Nama Prinsipal 
:Ferdy Hartanto 
Lokasi Project 
:Pondok Indah, Jakarta Selatan
Luas Lahan 
:425  m2
Luas Bangunan 
:700 m2
Tahun Terbangun 
:2017
Fotografer
:Mario Wibowo
Manufaktur :Ilsogno Alluminium Window, Axor, Leicht




Deskripsi oleh Axial Studio

 

Rumah yang berlokasi di Jakarta selatan dibangun diatas tanah seluas 425m2, berada di pertigaan jalan yang padat lalu lintas dan bersebrangan dengan area ruko komersil.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Artikel Lainnya: S House - Kayu sebagai Material Utama Sebuah

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Privasi menjadi perhatian utama pemilik rumah. Konsep pinhole glass diterapkan di sekeliling fasad rumah,  dengan adanya rongga-rongga pada sebuah bidang, seseorang yang berada dalam ruang dapat melihat lingkungan sekitar dengan jelas, akan tetapi tidak terlihat jelas apabila orang lain melihat kedalam bidang tersebut.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Pengolahan bidang kayu yang dominan pada fasad bangunan selain bertujuan untuk privasi juga sebagai respon tehadap fasad depan yang menghadap barat, sorotan matahari barat berkurang karena adanya bidang kayu beronnga.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Artikel Lainnya: The Tree of Life - Dominasi Kayu pada Hunian

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Sikap bangunan terhadap jalan utama membuat susunan ruang berorientasi ke dalam. Area terbuka atau innercourt ditempatkan pada bagian belakang lahan. Innercourt menjadi bagian paling penting pada rumah ini, dimana pencahayaan dan sirkulasi udara bersumber dari area tersebut.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Prosesi masuk dari ruang luar ke ruang dalam dirancang melalui pengalaman ruang dan visual. Pengolahan unsur air, kayu dan tanaman sebagai elemen yang ingin dirancang sebagai bagian dari prosesi

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/cl-house2

Lihat profil Axial Studio:
https://www.bluprin.com/axialstudio

Artikel Lainnya: Panbakers 2 – Interior Bergaya Rustic dengan Modern Vintage dan Sentuhan Luxury


You May Also Like

Wiyung House, Pemanfaatan Skylight sebagai Pencahayaan Alami Maksimal

Wiyung House adalah Rumah kediaman Bapak Prihandoyo yang berlokasi di Surabaya, Ibukota Jawa Timur. Awal mula proses desain dimulai dengan desakan agar proses pembangunan rumah ini diselesaikan sesegera mungkin karena kebutuhan untuk pindah kediaman yang sangat mendesak. Alhasil, strategi yang dihasilkan adalah bagaimana menghasilkan desain yang bertumbuh, sehingga ketika pembangunan rumah ini belum selesaipun sudah bisa untuk ditempati.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

Green Garden House, Susunan yang Geometris pada Massa Bangunan

Green Garden House mulai di desain di tahun 2012. Tahun penting untuk disebutkan karena nominal tahun akan menjadi frame untuk melihat konteks yang terjadi pada rentang masa tersebut.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

S House, Kayu sebagai Material Utama Sebuah Hunian

Terletak di kota Surabaya, rumah yang berdiri di lahan seluas 190 m2 memiliki fasad bangunan dengan kisi-kisi (louvre) yang disusun vertikal sebagai penanda arsitektur modern. Klien S House ini telah bergelut selama kurang lebih 15 tahun sebagai pengusaha kayu. Hal inilah yang menjadi inspirasi arsitek menjadikan kayu sebagai material utama rumah ini. Penggunaan kayu sebagai bagian dari konsep desain bangunan dapat terlihat pada tampilan bangunan. Trap tangga utama beton cor yang dilapis dengan multipleks, lantai parket kayu pada kamar tidur utama, deck kayu pada lantai teras, foyer dan balkon lantai atas, serta pada hampir semua custom furniturnya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

The Tree of Life, Dominasi Kayu pada Hunian

Dalam kepercayaan Jawa, pohon memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan. Pohon dilambangkan sebagai kayon (gunungan), intinya adalah pohon hayat atau “pohon kehidupan”, yang menyimbolkan kehidupan di dunia beserta isinya. Dengan pohon, manusia akan hidup lestari. Tanpa pohon, manusia akan musnah.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago