Logo Bluprin Blog

CL House, Konsep Pinhole Glass pada Fasad

ARCHITECTURE - PROJECTS / 4 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 4 months ago

CL House, Konsep Pinhole Glass pada Fasad


Nama Prinsipal 
:Ferdy Hartanto 
Lokasi Project 
:Pondok Indah, Jakarta Selatan
Luas Lahan 
:425  m2
Luas Bangunan 
:700 m2
Tahun Terbangun 
:2017
Fotografer
:Mario Wibowo
Manufaktur :Ilsogno Alluminium Window, Axor, Leicht




Deskripsi oleh Axial Studio

 

Rumah yang berlokasi di Jakarta selatan dibangun diatas tanah seluas 425m2, berada di pertigaan jalan yang padat lalu lintas dan bersebrangan dengan area ruko komersil.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Artikel Lainnya: S House - Kayu sebagai Material Utama Sebuah

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Privasi menjadi perhatian utama pemilik rumah. Konsep pinhole glass diterapkan di sekeliling fasad rumah,  dengan adanya rongga-rongga pada sebuah bidang, seseorang yang berada dalam ruang dapat melihat lingkungan sekitar dengan jelas, akan tetapi tidak terlihat jelas apabila orang lain melihat kedalam bidang tersebut.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Pengolahan bidang kayu yang dominan pada fasad bangunan selain bertujuan untuk privasi juga sebagai respon tehadap fasad depan yang menghadap barat, sorotan matahari barat berkurang karena adanya bidang kayu beronnga.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Artikel Lainnya: The Tree of Life - Dominasi Kayu pada Hunian

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Sikap bangunan terhadap jalan utama membuat susunan ruang berorientasi ke dalam. Area terbuka atau innercourt ditempatkan pada bagian belakang lahan. Innercourt menjadi bagian paling penting pada rumah ini, dimana pencahayaan dan sirkulasi udara bersumber dari area tersebut.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Prosesi masuk dari ruang luar ke ruang dalam dirancang melalui pengalaman ruang dan visual. Pengolahan unsur air, kayu dan tanaman sebagai elemen yang ingin dirancang sebagai bagian dari prosesi

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/cl-house2

Lihat profil Axial Studio:
https://www.bluprin.com/axialstudio

Artikel Lainnya: Panbakers 2 – Interior Bergaya Rustic dengan Modern Vintage dan Sentuhan Luxury


Artikel Menarik Lainnya

MO House, Mengubah Gaya Hidup Minimalis di Lahan Terbatas

Pertama-tama, MO House fokus pada sebuah tantangan, yaitu untuk membuat rumah yang terjangkau bagi pasangan baru yang ingin mengembangkan keluarga dalam lahan terbatas sambil mengubah gaya hidup. Mande Austriono, arsitek DFORM sekaligus pemilik rumah ingin mengadvokasi gaya hidup minimalis dalam arsitekturnya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

MP Office, Penerapan Wabi Sabi Style yang Iconic

Project Multi Production Office atau yang biasa disebut MP Office ini bermula saat klien kami mendatangi arsitek dan meminta untuk membuat bangunan kantor yang iconic serta memiliki estetika yang mampu bertahan lama (tidak cepat bosan termakan tren dan waktu). 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago