Logo Bluprin Blog

Diskusi Desain: Komersialisasi, Arsitektur dan Komersil

ARCHITECTURE - NEWS / 6 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 6 months ago

Diskusi Desain: Komersialisasi, Arsitektur dan Komersil

Jakarta, 13 Juli 2018, - Arsitektur komersial memiliki kekhasan akan kebutuhannya untuk diingat (iconic). Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Melalui media desain grafis, potensi untuk diingat dari sebuah karya dicoba untuk digali.

Dalam pameran ini, para arsitek yang terdiri dari Andi Alif, Andi Pratama (ANDP arsitek), Erick Budhi & Budiarti Prananingrum (BEstudio), Farrizky Astrawinata & Priyanto (Moreids), Michael J. Brohet (MJB architects), Noerhadi Kritz (RDMA), Romadhona & Kusneri (Studiork) dan Sigit Kusumawijaya (SIG - sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner) ingin meneruskan karya-karya mereka ke dimensi yang lain. Dengan meneruskan pemikiran komersial, karya-karya yang ada dicoba untuk diubah menjadi bentuk lain yang sederhana yaitu sebuah poster grafis. Dengan melibatkan profesi lain untuk membaca karya arsitektur, dalam kasus ini mereka berkolaborasi dengan desainer grafis Raditya Aulia & Josia Rajagukguk, memberikan ruang kepada mereka untuk terlibat dalam kegiatan mencari nilai tambah lain dari arsitektur komersial menjadi komersialisasi arsitektur.

©Sigit Kusumawijaya

©Sigit Kusumawijaya

Arsitek Sigit Kusumawijaya, principal sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner (SIG) menampilkan sebuah karya restoran yang terletak di Puncak dengan konsep “mountainous sloping green”. Bangunan ini mempunyai fungsi sebagai hub atau pusat bermacam-macam kegiatan rekreasi. Permukaan massa bangunan utama yang miring secara landai dari level tanah ke level atap yang ditanami rumput ingin memberikan impresi menyerupai gunung dan mengaplikasikan konsep arsitektur hijau serta menurunkan suhu ruangan di bawahnya. Solar panel yang juga diletakkan di atap miring tersebut selain berfungsi untuk mengurangi penggunaan energy listrik, juga diatur secara proporsional untuk menambah ekspresi estetika lansekap bangunan.

©Dok. Pribadi

Erick Budhi, arsitek dari BEstudio, dalam proyeknya yang bernama Cargotecture mendesain bangunan tambahan yang bisa dikonstruksi dengan cepat, handal dan playful. Karena diharapkan banyak pekerja yang dapat menggunakan area kantor baru eluas 680 m2 itu dengan gaya yang informal. Penggunaan kostainer yang didukung dengan struktur baja menjadi pilihannya. 11 kontainer yang ditumpuk 3 lapis sedemikian rupa, menghasilkan ruang-ruang antara yang dapat dipergunakan sebagai ruang-ruang meeting informal.

©Dok. Pribadi

Achmad Noerzaman, dari Arkonin menjelaskan tentang proyeknya Mecca Haji & Apartment dan berbagai bangunan pencakar langit yang memasang fasilitas yang tetap ramah akan lingkungan sekitarnya. Bagaimana bangunan tersebut merespon lahan dan lingkungannya dari berbagai sudut pandang.

©Sigit Kusumawijaya

Artikel Menarik Lainnya

Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Bintaro, 18 Agustus 2018 – Yori Antar bersama PT Han Awal & Partners Architects serta Rumah Asuh meluuncurkan buku Pesan Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara di Kantor PT Han Awal & Partners Architects di kawasan Bintaro.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Himpunan Desainer Interior Indonesia adakan Seminar Disruption dan Kongres XV HDII

Jakarta, 17 Desember 2018 – Acara Seminar yang bertemakan Disruption diselenggarakan oleh HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di The Djakarta Theatre. Seminar ini dibuka untuk umum dan mengundang pembicara dari para pelaku industri kreatif Indonesia, di antaranya Selly Cahyani Putri – Associate Director of Media Business for Neilsen Indonesia, Jonathan Aditya dan Johanes Adika – Founder Ars, Narpati Adityasa – Strategic Planning Lead Hybrid:H (Hakuhodo), Desiyanti – Video Producer Lead Tokopedia. Pada esok harinya tanggal 18 Desember 2018 juga akan diadakan Kongres XV HDII untuk para anggota HDII.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago