Logo Bluprin Blog

Diskusi Desain: Komersialisasi, Arsitektur dan Komersil

ARCHITECTURE - NEWS / 3 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 3 months ago

Diskusi Desain: Komersialisasi, Arsitektur dan Komersil

Jakarta, 13 Juli 2018, - Arsitektur komersial memiliki kekhasan akan kebutuhannya untuk diingat (iconic). Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Melalui media desain grafis, potensi untuk diingat dari sebuah karya dicoba untuk digali.

Dalam pameran ini, para arsitek yang terdiri dari Andi Alif, Andi Pratama (ANDP arsitek), Erick Budhi & Budiarti Prananingrum (BEstudio), Farrizky Astrawinata & Priyanto (Moreids), Michael J. Brohet (MJB architects), Noerhadi Kritz (RDMA), Romadhona & Kusneri (Studiork) dan Sigit Kusumawijaya (SIG - sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner) ingin meneruskan karya-karya mereka ke dimensi yang lain. Dengan meneruskan pemikiran komersial, karya-karya yang ada dicoba untuk diubah menjadi bentuk lain yang sederhana yaitu sebuah poster grafis. Dengan melibatkan profesi lain untuk membaca karya arsitektur, dalam kasus ini mereka berkolaborasi dengan desainer grafis Raditya Aulia & Josia Rajagukguk, memberikan ruang kepada mereka untuk terlibat dalam kegiatan mencari nilai tambah lain dari arsitektur komersial menjadi komersialisasi arsitektur.

©Sigit Kusumawijaya

©Sigit Kusumawijaya

Arsitek Sigit Kusumawijaya, principal sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner (SIG) menampilkan sebuah karya restoran yang terletak di Puncak dengan konsep “mountainous sloping green”. Bangunan ini mempunyai fungsi sebagai hub atau pusat bermacam-macam kegiatan rekreasi. Permukaan massa bangunan utama yang miring secara landai dari level tanah ke level atap yang ditanami rumput ingin memberikan impresi menyerupai gunung dan mengaplikasikan konsep arsitektur hijau serta menurunkan suhu ruangan di bawahnya. Solar panel yang juga diletakkan di atap miring tersebut selain berfungsi untuk mengurangi penggunaan energy listrik, juga diatur secara proporsional untuk menambah ekspresi estetika lansekap bangunan.

©Dok. Pribadi

Erick Budhi, arsitek dari BEstudio, dalam proyeknya yang bernama Cargotecture mendesain bangunan tambahan yang bisa dikonstruksi dengan cepat, handal dan playful. Karena diharapkan banyak pekerja yang dapat menggunakan area kantor baru eluas 680 m2 itu dengan gaya yang informal. Penggunaan kostainer yang didukung dengan struktur baja menjadi pilihannya. 11 kontainer yang ditumpuk 3 lapis sedemikian rupa, menghasilkan ruang-ruang antara yang dapat dipergunakan sebagai ruang-ruang meeting informal.

©Dok. Pribadi

Achmad Noerzaman, dari Arkonin menjelaskan tentang proyeknya Mecca Haji & Apartment dan berbagai bangunan pencakar langit yang memasang fasilitas yang tetap ramah akan lingkungan sekitarnya. Bagaimana bangunan tersebut merespon lahan dan lingkungannya dari berbagai sudut pandang.

©Sigit Kusumawijaya

Artikel Menarik Lainnya

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Menilik Kantor Studio Air Putih @Batubata, Peraih IAI Awards 2018

Tangerang Selatan, 19 Oktober 2018 – Biro Arsitektur milik Denny Gondo dan Desain Interior milik Joke Roos, Studio Air Putih membuka Open Studio @Batubata di kawasan Serpong. Hal ini dalam merayakan rasa syukur mereka dalam 15 tahun berkarya bersama.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Dibuka Hingga 30 Novermber! Inilah Potret Indonesian Contemporary Art & Design 2018

Jakarta, 14 Oktober 2018 – Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2018 kembali digelar yang ke-9 kalinya oleh Yayasan Design+Art Indonesia. Bertempat di Grandkemang Hotel Jakarta, ICAD berlangsung dari 18 Oktober 2018 hingga 30 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago