Arsitek                      : MINT-DS

Lokasi Proyek          : Araya, Malang

Luas Tanah              : 13.302 m2

Tahun Terbangun     : 2015

Fotografer                : William Kalengkongan

Deskripsi oleh MINT-DS

Djati Lounge and Bungalow merupakan kompleks bungalo (Djoglo Bungalow) dan lounge (Djati Lounge) yang berada di kota pegunungan Araya, Malang di Jawa Timur. Kompleks ini terdiri dari sebelas bungalo yang tersebar di situs sebelah lapangan golf dan ruang restoran/multifungsi. Memiliki total luas site sebesar 13.302 m², proses desain dimulai dari Desember 2013  sampai Maret 2014. Djati Lounge atau Hall memiliki luas 1.395 m², sedangkan Djoglo Bungalow Superior yang terdiri dari 9 unit bangunan masing-masing memiliki luas 140 m². Terdapat pula Djoglo Bungalow President Suite dengan luas 260 m² dan Djoglo Bungalow Private seluas 385 m².

MINT-DS

Pada awalnya, klien tertarik untuk mendesain bungalo dan ruang serba guna dengan bangunan joglo tradisional dalam kondisi titik struktur pada multipurpose hall dan masterplan area bungalo yang sudah dalam tahap konstruksi. Hal ini tentu menjadi tantangan besar dalam mendesain proyek ini. Yang dilakukan kemudian adalah membuat axis baru yang dapat mengoptimalkan pengalaman-pengalaman ruang yang membantu mengangkat status rumah joglo sebagai bangunan tradisional Jawa yang penting.

MINT-DS

Joglo merupakan sebuah rumah tradisional masyarakat Jawa dengan struktur atapnya yang merefleksikan pegunungan sekitar. Istilah "Joglo" juga digunakan untuk merujuk tipe atap khas Jawa yang dibangun oleh genteng terakota dengan atap tengah yang ditinggikan yang didukung oleh empat atau lebih kolom kayu utama (Saka Guru).

MINT-DS

Atap membentuk struktur mirip piramida dengan bagian tengah lebih tinggi dan lebih curam. Joglo terdiri dari dua bagian; pendopo dan dalem. Pendopo adalah bagian depan Joglo yang digunakan untuk menerima tamu atau sebagai ruang resepsi. Dalem adalah bagian dalam dengan kandang berdinding dan kamar seperti kamar tidur dan dapur.

MINT-DS

Sebagai pendekatan dari desainnya, Djati Lounge and Bungalow mengambil pendekatan kontemporer dari Joglo yang sesuai dengan fungsi dan relevansi terhadap site dan massanya. Penggunaan bahan modern seperti kaca dan baja memungkinkan Dalem Joglo memiliki interpretasi baru dalam pengalaman spasial. Dinding kayu yang biasanya padat diganti dengan dinding kaca yang memungkinkan lebih banyak hubungan antara interior dan eksterior dengan menyerap pemandangan pegunungan sekitarnya sambil menjaga privasi.

MINT-DS

Material genteng tanah liat di setiap Joglo diganti dengan tegola atau sirap untuk menghasilkan siluet bangunan yang lebih kontemporer.

MINT-DS

Material tanah liat kemudian dialokasikan menjadi bahan campuran untuk dinding kerawang pada bangunan pendopo yang berfungsi untuk menutupi area sirkulasi. Dinding kerawang tersebut memungkinkan angin sejuk kota Malang untuk masuk ke dalam ruang.

MINT-DS

Meskipun material yang dipakai memberikan citra modern, seluruh program ruang tetap berpegang teguh pada prinsip atap Joglo dan Saka Guru untuk mempertahankan esensi rumah tradisional tersebut.

MINT-DS

Lihat profil lengkap MINT-DS di sini:

https://bluprin.com/mint-ds

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin