Logo Bluprin Blog

Djati Lounge and Bungalow - MINT-DS

ARCHITECTURE - PROJECTS / 1 year ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 1 year ago

Djati Lounge and Bungalow - MINT-DS

Arsitek                      : MINT-DS

Lokasi Proyek          : Araya, Malang

Luas Tanah              : 13.302 m2

Tahun Terbangun     : 2015

Fotografer                : William Kalengkongan

Deskripsi oleh MINT-DS

Djati Lounge and Bungalow merupakan kompleks bungalo (Djoglo Bungalow) dan lounge (Djati Lounge) yang berada di kota pegunungan Araya, Malang di Jawa Timur. Kompleks ini terdiri dari sebelas bungalo yang tersebar di situs sebelah lapangan golf dan ruang restoran/multifungsi. Memiliki total luas site sebesar 13.302 m², proses desain dimulai dari Desember 2013  sampai Maret 2014. Djati Lounge atau Hall memiliki luas 1.395 m², sedangkan Djoglo Bungalow Superior yang terdiri dari 9 unit bangunan masing-masing memiliki luas 140 m². Terdapat pula Djoglo Bungalow President Suite dengan luas 260 m² dan Djoglo Bungalow Private seluas 385 m².

MINT-DS

Pada awalnya, klien tertarik untuk mendesain bungalo dan ruang serba guna dengan bangunan joglo tradisional dalam kondisi titik struktur pada multipurpose hall dan masterplan area bungalo yang sudah dalam tahap konstruksi. Hal ini tentu menjadi tantangan besar dalam mendesain proyek ini. Yang dilakukan kemudian adalah membuat axis baru yang dapat mengoptimalkan pengalaman-pengalaman ruang yang membantu mengangkat status rumah joglo sebagai bangunan tradisional Jawa yang penting.

MINT-DS

Joglo merupakan sebuah rumah tradisional masyarakat Jawa dengan struktur atapnya yang merefleksikan pegunungan sekitar. Istilah "Joglo" juga digunakan untuk merujuk tipe atap khas Jawa yang dibangun oleh genteng terakota dengan atap tengah yang ditinggikan yang didukung oleh empat atau lebih kolom kayu utama (Saka Guru).

MINT-DS

Atap membentuk struktur mirip piramida dengan bagian tengah lebih tinggi dan lebih curam. Joglo terdiri dari dua bagian; pendopo dan dalem. Pendopo adalah bagian depan Joglo yang digunakan untuk menerima tamu atau sebagai ruang resepsi. Dalem adalah bagian dalam dengan kandang berdinding dan kamar seperti kamar tidur dan dapur.

MINT-DS

Sebagai pendekatan dari desainnya, Djati Lounge and Bungalow mengambil pendekatan kontemporer dari Joglo yang sesuai dengan fungsi dan relevansi terhadap site dan massanya. Penggunaan bahan modern seperti kaca dan baja memungkinkan Dalem Joglo memiliki interpretasi baru dalam pengalaman spasial. Dinding kayu yang biasanya padat diganti dengan dinding kaca yang memungkinkan lebih banyak hubungan antara interior dan eksterior dengan menyerap pemandangan pegunungan sekitarnya sambil menjaga privasi.

MINT-DS

Material genteng tanah liat di setiap Joglo diganti dengan tegola atau sirap untuk menghasilkan siluet bangunan yang lebih kontemporer.

MINT-DS

Material tanah liat kemudian dialokasikan menjadi bahan campuran untuk dinding kerawang pada bangunan pendopo yang berfungsi untuk menutupi area sirkulasi. Dinding kerawang tersebut memungkinkan angin sejuk kota Malang untuk masuk ke dalam ruang.

MINT-DS

Meskipun material yang dipakai memberikan citra modern, seluruh program ruang tetap berpegang teguh pada prinsip atap Joglo dan Saka Guru untuk mempertahankan esensi rumah tradisional tersebut.

MINT-DS

Lihat profil lengkap MINT-DS di sini:

https://bluprin.com/mint-ds

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago