Logo Bluprin Blog

Empat Hal Penting Rumah Tahan Gempa

TIPS N IDEA / 4 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 4 months ago

Empat Hal Penting Rumah Tahan Gempa

Gempa bumi baru saya terjadi di Tanah Air Indonesia, tepatnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa yang sudah terjadi hingga ratusan kali (termasuk gempa susulan) ini mengakibatkan ribuan rumah rusak, baik rusak ringan hingga rusak parah. Untuk membantu para korban ini, pemerintah Indonesia pun memperkenalkan teknologi yang dinamakan RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yang memiliki keunggulan yakni tahan terhadap goncangan gempa.

Sebenarnya apa saja si yang harus diperhatikan ketika membangun rumah agar rumah kita tahan terhadap gempa bumi?

1. Pondasi

rumah tahan gempa Foto: Detail Pondasi ©Edward P Gultom

Artikel Lainnya: Ciptakan Storage Kece di Kamar Mandi

Yang pertama dalam hal pondasi karena pondasi merupakan dasar dari sebuah bangunan itu dibangun. Diperlukan tanah yang ideal agar rumah yang kita bangun tahan terhadap gempa. Jika ternyata tanah yang Anda dapatkan masuk dalam kategori tidak ideal, maka Anda perlu menggantinya atau meranang pondasi khusus. Penting bagi Anda untuk konsultasi dengan ahli tanah untuk mendapatkan perhitungan yang tepat.

2. Struktur Bangunan

rumah tahan gempa Foto: Detail Balok lintel ©Veril Pratama

rumah tahan gempa Foto: Ring Balok lintel ©Veril Pratama

rumah tahan gempa Foto: Detail Sambungan Kolom ©Rumah dan Griya

Kedua adalah Struktur bangunan. Elemen struktur paling penting dalam rumah tinggal adalah kolom (tiang), balok (penghubung antar kolom), struktur atap, dan pondasi. Empat elemen ini adalah elemen vital dalam struktur rumah sederhana dan perlu diperhatikan dalam proses pembangunannya. Empat elemen struktur ini harus memiliki fleksibiltas yang pas. Jika strukturnya terlalu kaku akan mudah retak saat gempa bumi. Dan jika terlalu fleksible, berat akan merobohkan satu atau lainnya.

3. Kualitas Material Bangunan

rumah tahan gempa Foto: Haliman Residence #01 ©HelloEmbryo

Artikel Lainnya: 5 Jenis Pelapis Dinding Rumah

Ketiga adalah kualitas material bangunan yang digunakan. Tentu saja material dengan kualitas yang paling baik-lah yang harus Anda pilih dalam proses pembangunan rumah. Pasalnya, kualitas dari bahan yang digunakan sangat penting untuk kekuatan sebuah bangunan. Selain menggunaka material dari kualitas yang terbaik, Anda juga harus memastikan tukang Anda mencampurkan setiap material dengan perhitungan yang tepat jangan sembarangan. Misalnya untuk campuran beton, mortar dan material lain penyusun struktur rumah lainnya.

4. Pemeliharan

rumah tahan gempa Foto: Dee Roemah ©GeTs Architects

Yang terakhir adalah dalam hal pemeliharaan. Setelah rumah itu sudah jadi, jangan dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan dan pemeliharaan. Merawat rumah menjadi kegiatan yang penting bagi Anda dan keluarga lakukan untuk selalu memastikan kondisi bangunan rumah Anda dalam kondisi yang aman. Jika ada kerusakan kecil seperti kebocoran dan keretakan, lebih baik diperbaiki sejak dini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Memang bencana alam tidak ada yang tahu kapan dan dimana. Namun, melakukan persiapan sejak dini baik dilakukan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Itulah empat hal penting untuk menciptakan rumah tahan gempa. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: Splow House ©Delution Design

Artikel Lainnya: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Gazebo


Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 21 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago