Logo Bluprin Blog

Firmitas: Mengupas 'Rahasia Dapur' Aboday Design

ARCHITECTURE - NEWS / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - NEWS / By Aisya Putri / 1 year ago

Firmitas: Mengupas 'Rahasia Dapur' Aboday Design

Foto: Suasana peluncuran buku Firmitas oleh Aboday Design bersama perwakilan pihak penerbit dan sponsor

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

“Firmitas direncanakan menjadi coffee table book yang ringan tapi penting. Rahasia dapur Aboday Design dibahas semua dalam buku ini, kekurangan dan kelebihan desain kami di setiap proyeknya. Tidak hanya itu, disisipkan poin-poin penting pada bagian akhir setiap proyek yang dapat menjadi pembelajaran signifikan yang biasanya tidak diajarkan secara mentah di bangku kuliah.” jelas Ary Indra.

Ditulis sendiri oleh kedua principalnya, Rafael David dan Ary Indra beserta tim buku ini menghadirkan 20 proyek Aboday Design yang masih dalam tahap pengembangan selama proses pembuatan buku. Tidak hanya itu, kedua arsitek handal ini membagikan representasi pertumbuhan, perubahan, dan perenungan Aboday selama ini lewat 13 proyek baru mereka.

Aboday Design

Foto: Principal Aboday Design dengan dua arsitek yang berperan sebagai penulis buku Firmitas

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan aplikasi Ars yang menawarkan pengalaman berbeda untuk pembaca. Dengan lampiran barcode pada buku, pembaca dapat menikmati suasana proyek serupa virtualtour yang akan terus diperbaharui seiring perkembangan proyek-proyek tersebut. Dengan aplikasi ini, karya buku Firmitas dapat terus dirasakan manfaatnya untuk pembaca.

Melalui deretan proyek tersebut, Aboday Design ingin membangun wacana bahwa arsitektur juga tentang peraturan, standar desain, dan pengetahuan material. Hal-hal inilah yang seringkali tidak diajarkan di bangku kuliah yang membuat semakin menarik adalah melalui buku ini biro arsitek ini sedikit banyak juga membuka rahasia dapurnya.

Dengan pengemasan buku yang ringan, Aboday Design berharap buku ini akan lebih banyak dibaca oleh para mahasiswa desain, arsitektur, atau bahkan pengamat desain sekalipun. Dengan desain yang simpel juga membuat buku ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

Artikel lainnya: 5 Unsur Penting untuk Membentuk Brand Identity Biro Arsitektur

“Penerbitan buku yang berisi karya arsitektur bukan hal mudah. Pertama, untuk siapa dan untuk apa ia hadir merupakan dua pertanyaan yang sudah klise namun mendasar dan perlu dijawab dengan teliti,” ungkap Profesor Gunawan Tjahjono dalam kata pengantar buku Firmitas. Beliau juga mengungkapkan apresiasi kepada Aboday Design untuk upayanya dalam mempertimbangkan nilai kemanusiaan pada setiap proyek dan melakukan desain sebagai suatu refleksi dari proses perenungan Aboday dalam pencarian makna yang lebih dalam. Nilai inilah yang amat pantas dihargai dalam konsistensi Aboday Design dan mengesampingkan nilai keuntungan semata. (Aisya Putri)

Aboday Design

Artikel Menarik Lainnya

Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Bintaro, 18 Agustus 2018 – Yori Antar bersama PT Han Awal & Partners Architects serta Rumah Asuh meluuncurkan buku Pesan Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara di Kantor PT Han Awal & Partners Architects di kawasan Bintaro.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Himpunan Desainer Interior Indonesia adakan Seminar Disruption dan Kongres XV HDII

Jakarta, 17 Desember 2018 – Acara Seminar yang bertemakan Disruption diselenggarakan oleh HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di The Djakarta Theatre. Seminar ini dibuka untuk umum dan mengundang pembicara dari para pelaku industri kreatif Indonesia, di antaranya Selly Cahyani Putri – Associate Director of Media Business for Neilsen Indonesia, Jonathan Aditya dan Johanes Adika – Founder Ars, Narpati Adityasa – Strategic Planning Lead Hybrid:H (Hakuhodo), Desiyanti – Video Producer Lead Tokopedia. Pada esok harinya tanggal 18 Desember 2018 juga akan diadakan Kongres XV HDII untuk para anggota HDII.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago