Logo Bluprin Blog

Firmitas: Mengupas 'Rahasia Dapur' Aboday Design

ARCHITECTURE - NEWS / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - NEWS / By Aisya Putri / 1 year ago

Firmitas: Mengupas 'Rahasia Dapur' Aboday Design

Foto: Suasana peluncuran buku Firmitas oleh Aboday Design bersama perwakilan pihak penerbit dan sponsor

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

“Firmitas direncanakan menjadi coffee table book yang ringan tapi penting. Rahasia dapur Aboday Design dibahas semua dalam buku ini, kekurangan dan kelebihan desain kami di setiap proyeknya. Tidak hanya itu, disisipkan poin-poin penting pada bagian akhir setiap proyek yang dapat menjadi pembelajaran signifikan yang biasanya tidak diajarkan secara mentah di bangku kuliah.” jelas Ary Indra.

Ditulis sendiri oleh kedua principalnya, Rafael David dan Ary Indra beserta tim buku ini menghadirkan 20 proyek Aboday Design yang masih dalam tahap pengembangan selama proses pembuatan buku. Tidak hanya itu, kedua arsitek handal ini membagikan representasi pertumbuhan, perubahan, dan perenungan Aboday selama ini lewat 13 proyek baru mereka.

Aboday Design

Foto: Principal Aboday Design dengan dua arsitek yang berperan sebagai penulis buku Firmitas

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan aplikasi Ars yang menawarkan pengalaman berbeda untuk pembaca. Dengan lampiran barcode pada buku, pembaca dapat menikmati suasana proyek serupa virtualtour yang akan terus diperbaharui seiring perkembangan proyek-proyek tersebut. Dengan aplikasi ini, karya buku Firmitas dapat terus dirasakan manfaatnya untuk pembaca.

Melalui deretan proyek tersebut, Aboday Design ingin membangun wacana bahwa arsitektur juga tentang peraturan, standar desain, dan pengetahuan material. Hal-hal inilah yang seringkali tidak diajarkan di bangku kuliah yang membuat semakin menarik adalah melalui buku ini biro arsitek ini sedikit banyak juga membuka rahasia dapurnya.

Dengan pengemasan buku yang ringan, Aboday Design berharap buku ini akan lebih banyak dibaca oleh para mahasiswa desain, arsitektur, atau bahkan pengamat desain sekalipun. Dengan desain yang simpel juga membuat buku ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

Artikel lainnya: 5 Unsur Penting untuk Membentuk Brand Identity Biro Arsitektur

“Penerbitan buku yang berisi karya arsitektur bukan hal mudah. Pertama, untuk siapa dan untuk apa ia hadir merupakan dua pertanyaan yang sudah klise namun mendasar dan perlu dijawab dengan teliti,” ungkap Profesor Gunawan Tjahjono dalam kata pengantar buku Firmitas. Beliau juga mengungkapkan apresiasi kepada Aboday Design untuk upayanya dalam mempertimbangkan nilai kemanusiaan pada setiap proyek dan melakukan desain sebagai suatu refleksi dari proses perenungan Aboday dalam pencarian makna yang lebih dalam. Nilai inilah yang amat pantas dihargai dalam konsistensi Aboday Design dan mengesampingkan nilai keuntungan semata. (Aisya Putri)

Aboday Design

Artikel Menarik Lainnya

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Menilik Kantor Studio Air Putih @Batubata, Peraih IAI Awards 2018

Tangerang Selatan, 19 Oktober 2018 – Biro Arsitektur milik Denny Gondo dan Desain Interior milik Joke Roos, Studio Air Putih membuka Open Studio @Batubata di kawasan Serpong. Hal ini dalam merayakan rasa syukur mereka dalam 15 tahun berkarya bersama.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Dibuka Hingga 30 Novermber! Inilah Potret Indonesian Contemporary Art & Design 2018

Jakarta, 14 Oktober 2018 – Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2018 kembali digelar yang ke-9 kalinya oleh Yayasan Design+Art Indonesia. Bertempat di Grandkemang Hotel Jakarta, ICAD berlangsung dari 18 Oktober 2018 hingga 30 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago