Logo Bluprin Blog

Food Self Sufficiency House - Pertanian di dalam Hunian untuk Mendukung Ketahanan Pangan

ARCHITECTURE - PROJECTS / 4 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 4 months ago

Food Self Sufficiency House - Pertanian di dalam Hunian untuk Mendukung Ketahanan Pangan


Tim Arsitek
:Sigit Kusumawijaya, Yudi Setiawan (drafter)
Lokasi Proyek
:BSD, Tangerang Selatan
Luas Lahan
:225.08 m2
Luas Bangunan
:329.6 m2
Tahun Terbangun 
:2016
Fotografer
:Arno Santosa


Deskripsi oleh Sigit Kusumawijaya | Architect & Urbandesigner

Dalam proyek hunian yang berlokasi di daerah BSD, Tangerang Selatan ini, arsitek berusaha untuk mengangkat isu ketahanan pangan yang dicoba diterapkan dengan menggunakan konsep urban farming di skala hunian. 

©Arno Santosa

©Arno Santosa

Artikel Lainnya: MandAnila House - Roster sebagai Fasad Hunian

Di sekeliling bangunan, dialokasikan ruang terbuka hijau yang selain berfungsi sebagai daerah resapan air, juga difungsikan sebagai area untuk berkebun tanaman pangan yang bisa dikonsumsi langsung oleh pemiliknya.

sigit kusumawijaya©Arno Santosa

sigit kusumawijaya©Arno Santosa

sigit kusumawijaya©Arno Santosa

Artikel Lainnya: Hikari House - Antar Ruang yang Saling Berhubungan dengan Konsep Terrace House

Selain itu dengan tidak menempelkan bangunan ini dengan bangunan tetangga akan memudahkan udara dan angin mengalir melalui bangunan yang juga didesain dengan banyak void, bukaan yang lebar dan juga pemisahan 2 massa bangunan.

sigit kusumawijaya©Arno Santosa

sigit kusumawijaya©Arno Santosa

Area berkebun untuk pemilik tidak hanya terletak pada lantai dengan ketinggian tanah saja, namun juga dialokasikan di seluruh area di rooftop massa bangunan belakang dan juga di beberapa spot yang disusun secara vertikal baik itu menggunakan metode verticulture ataupun vertical garden.

sigit kusumawijaya©Arno Santosa

sigit kusumawijaya©Arno Santosa

Terdapat ramp dari lantai dasar langsung menuju area rooftop garden yang difungsikan supaya tidak perlu melewati ruang di dalam rumah untuk menuju kebun di rooftop.

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/rumah-kebun-food-self-sufficiency-house

Lihat profil Sigit Kusumawijaya|Architect & Urbandesigner:
https://www.bluprin.com/sigitkusumawijaya-architect-urbandesigner

Artikel Lainnya: House of Inside and Outside - Bukaan Maksimal dengan View Perbukitan


Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago