Logo Bluprin Blog

Fundamen+ : Architecture & Light Talk with M. Sagitha and Adityo Gayuh

ARCHITECTURE - NEWS / 2 weeks ago / By Bluprin

Fundamen+ : Architecture & Light Talk with M. Sagitha and Adityo Gayuh

ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin - 2 weeks ago

Jumat, 27 Juli 2018, Fundament menyelenggarakan rangkaian acara keempat di SaRanG Blok I, Bantul Yogyakarta dengan tema "Architecture + Light" yang berfokus pada cahaya dalam kaitannya dengan fungsi, estetika dan suasana ruang yang terbentuk. Fundament merupakan wadah diskusi arsitektur yang rutin diselenggarakan setiap tiga bulan satu kali dengan topik bahasan peran arsitektur bila disandingkan dengan aspek-aspek kehidupan mendasar.

©Fundamen+

Diskusi dimoderatori oleh DR. Ir. F.X. Eddy Arinto, M.Arch yang merupakan Dosen pada Program Studi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Presentasi pertama dibuka oleh Adityo Gayuh dari Collabo Design Studio (CDS) yang menceritakan pengalaman mendesain dengan elemen cahaya sebagai penentu fungsi dan membentuk suasana ruang, salah satunya pada proyek Hotel YATS Colony. Pada proyek ini, elemen cahaya berperan kuat pada pembentukan pengalaman ruang bagi para tamu hotel dengan memanfaatkan pergerakan arah edar matahari harian maupun tahunan.

©Fundamen+

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi kedua oleh Muhammad Sagitha dari ArMS. Muhammad Sagitha membagikan pengalamannya dalam proses mendesain saat bekerja di beberapa studio sebelum mendirikan studionya sendiri hingga proyek-proyek yang ia tangani saat ini. Ia mengungkapkan pentingnya cahaya dalam optimalisasi fungsi dan suasana ruang dalam bangunan melalui kombinasi dengan material yang digunakan.

©Fundamen+

You May Also Like

INSIDE UI 2018 - Ajang Mahasiswa Arsitektur Interior Indonesia Unjuk Gigi Cipta Kreasi

Jakarta, 8 Agustus 2018 - Program Studi Arsitektur Interior, Departemen Arsitektur Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan INSIDE untuk yang kedua kalinya. Dengan tagline "Thinking + Making of Architectural Object", INSIDE kali ini kembali diadakan sebagai platform tumbuh kembang karya kreatif, sekaligus sebagai wadah temu kumpul bagi pelaku dan penikmat karya kreatif. INSIDE juga memiliki misi untuk menggiatkan semangat dan budaya 'making' bagi mahasiswa maupun praktisi arsitektur dan interior karena proses tersebut merupakan cara mengasah berpikir arsitektur yang kritis. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Anabata Live Series #5: Design Process with Fernando Menis and Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano

Jakarta, 4 Agustus 2018, Anabata menyelenggarakan Live Series #5 by Artemi di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD Jakarta Selatan dengan tema “Design Process” dengan pembicara dari Spanyol Fernando Menis dari Menis Architects, Ieneritte Spain dan Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano dari Nieto Sobejano Arquitoctos. Talk show ini dimoderatori oleh salah satu prinsipal URBANE yaitu Achmad Tardiyana.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Diskusi Desain: Komersialisasi, Arsitektur dan Komersil

 Jakarta, 13 Juli 2018, - Arsitektur komersial memiliki kekhasan akan kebutuhannya untuk diingat (iconic). Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Melalui media desain grafis, potensi untuk diingat dari sebuah karya dicoba untuk digali.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Homedec Hadirkan Pameran B2B 'Indterior' di September 2018

Jakarta, 12 Juli 2018 – Sukses mengadakan pameran tahun lalu, HOMEDEC pionir pameran Home Show untuk segala kebutuhan rumah kembali akan mengadakan pameran keempatnya yang akan di selenggarakan pada tanggal 6-9 September 2018 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City – Tangerang. “For Better Home & Living” menjadi tema HOMEDEC tahun ini.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago